09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Fakta penting seputar diabetes gestational pada ibu hamil

KategoriKesehatan
Di lihat614 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

apa penyebab diabetes saat hamil

Diabetes gestasional adalah suatu kondisi dimana kadar gula darah ibu hamil menjadi tinggi selama kehamilan walaupun sebelum hamil tidak pernah didiagnosa menderita diabetes. Diabetes jenis ini pada umumnya hanya terjadi selama kehamilan dan akan sembuh setelah melahirkan.

Penyebab gestasional

Apakah yang menyebabkan terjadinya diabetes gestasional? Normalnya, kadar gula darah dalam tubuh manusia diatur oleh suatu hormon yang disebut insulin. Selama kehamilan, produksi hormon esterogen dan progesteron meningkat tajam sehingga tubuh menjadi resisten terhadap hormon insulin. Hal ini membuat hormon insulin tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik sehingga kadar gula darah dalam tubuh menjadi tinggi.

Baca juga: 6 Jenis makanan super untuk bayi dan balita

Faktor resiko

Terdapat beberapa hal yang membuat ibu rentan mengalami diabetes gestasional, yaitu:

  • Memiliki riwayat menderita diabetes sebelum hamil.
  • Memiliki kelebihan berat badan sebelum hamil.
  • Keluarga memiliki riwayat menderita diabetes.
  • Pernah melahirkan bayi dengan berat lahir di atas 400 gram (makrosomia).
  • Berusia di atas 25 tahun saat hamil.
  • Wanita keturunan Asia Tenggara dan Timur Tengah memiliki kecenderungan yang lebih tinggi menderita diabetes jenis ini.

Gejala umum diabetes gestasional

Sebagian besar wanita yang mengalami diabetes gestational tidak menunjukkan gejala khusus. Beberapa lainnya menunjukkan gejala ringan sehingga sering diartikan sebagai gangguan kesehatan umum yang biasa terjadi selama kehamilan. Gejala-gejala tersebut diantaranya kelelahan, pandangan kabur, mual dan muntah, sering buang air kecil, sering kehausan, dan menurunnya berat badan.

Sebagian orang menganggap diabetes gestasional merupakan gangguan yang umum dialami oleh wanita hamil, dan karena itu ia tidaklah bebahaya. Akan tetapi, gangguan ini tetap harus ditangani dengan baik karena ia dapat berkembang menjadi diabetes melitus tipe 2 setelah persalinan bila tidak dikontrol sebagaimana mestinya.

Baca juga: Pengaruh nutrisi ibu hamil terhadap DNA janin

Tips mengendalikan diabetes gestasional selama kehamilan

Sebagian besar wanita hamil dapat mengontrol diabetes gestational melalui pola makan yang sehat dan berolahraga ringan secara rutin, dan hanya sebagian kecil saja yang membutuhkan penanganan khusus, yaitu injeksi insulin.

Salah satunya cara mencegah diabetes gestational adalah dengan banyak mengkonsumsi makanan yang ber-GI (Glycaemic Index) rendah. Karbohidrat pada makanan ber-GI rendah (misalnya oat, gandum utuh, kentang, dan nasi coklat) lebih lambat diserap tubuh sehingga kadar gula darah dalam tubuh cenderung stabil. Selain itu, ibu hamil perlu meningkatkan konsumsi sayur dan buah serta mengurangi konsumsi makanan berlemak dan yang banyak mengandung gula.

Sekitar 10% hingga 20% ibu hamil membutuhkan injeksi insulin untuk menjaga level gula darahnya tetap normal. Untuk itu wanita yang mengidap diabetes gestasional harus melakukan check up kehamilan rutin untuk memonitor kondisi bayi di dalam kandungan, serta melakukan tes gula darah. Selain itu, dokter mungkin akan memonitor perkembangan ukuran bayi.

Baca juga: Jenis makanan agar si kecil tidur lelap

Bila ukuran bayi terlalu besar, mungkin bunda akan dianjurkan melakukan persalinan lebih awal melalui proses induksi. Selama persalinan, dokter akan memberikan injeksi insulin dan glukosa untuk mengontrol level gula darah bunda bila diperlukan, dan bunda mungkin tidak boleh makan selama proses persalinan.

Bila bayi berkembang terlalu besar, ia bisa tersangkut pada jalan lahir sehingga mengganggu persalinan. Pada kasus yang demikian, persalinan melalui c-section (operasi caesar) lebih dianjurkan. Akan tetapi, masih ada kemungkinan bayi berkembang tidak terlalu besar sehingga persalinan dapat dilakukan dengan cara normal.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru