09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Fakta penting seputar jus buah dan sayuran bagi si kecil

KategoriNutrisi
Di lihat510 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Manfaat mengkonsumsi jus bagi si buah hati

Jus segar buatan ayah bunda mengandung kebaikan buah dan sayur bagi si kecil. Konsumsi satu porsi jus buah atau sayur dapat menggantikan konsumsi buah dihari tersebut. Dalam hal membuat jus tersebut, ayah bunda juga dapat berkreasi dengan cara mengkombinasikan beberapa jenis buah atau sayuran untuk menghasilkan jus dengan citarasa baru dan nutrisi lengkap agar si kecil tidak merasa bosan.

Kandungan gizi dalam jus buah atau sayur sebanding dengan nutrisi yang terkandung dalam buah atau sayur segarnya. Berbagai vitamin, mineral, asam amino, dan serat diperlukan tubuh si kecil untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Berikankan si buah hati jus buah atau sayur dengan porsi sesuai dengan usia perkembanganya.

Manfaat mengkonsumsi jus bagi si buah hati

Jus segar kaya akan vitamin dan mineral, seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B, besi, magnesium, seng, termasuk antioksidan dan enzim aktif, tergantung dari jenis bahan yang dibuat jus. Antioksidan diperlukan tubuh untuk melawan pengaruh radikal bebas yang memicu penuaan dini dan kerusakan sel-sel tubuh kita. Asam amino dan mineral juga diperlukan tubuh si kecil sebagai bahan pembangun sel-sel dan jaringan tubuhnya.

Kandungan serat dalam jus segar sangat bermanfaat untuk menjaga kondisi pencernaan si kecil agar tetap normal. Dalam beberapa literatur disebutkan pula bahwa dalam jangka panjang serat yang terdapat pada buah dan sayuran mampu mengontrol kadar gula dan kolesterol ‘jahat’ dalam darah, selain dapat menurunkan resiko kegemukan pada balita bunda.

Jus buah dan sayuran segar juga kaya akan fitonutrien. Termasuk diantara jenis fitonutrien adalah klorofil atau zat hijau daun, karotenoid, indole, dan isoflavon. Semua molekul organik tersebut mengoptimalkan fungsi metabolisme sel sehingga tubuh si buah hati menjadi lebih sehat.

Kandungan gula sederhana dalam sari jus buah segar sangat bagus karena mudah diserap oleh tubuh, apalagi jika dikombinasikan dengan madu. Gula yang terdapat dalam buah, mampu mengembalikan stamina dalam waktu cepat, sehingga beberapa resep jus buah sangat direkomendasikan selama masa pemulihan si kecil ketelah sakit.

Jus buatan sendiri atau jus dalam kemasan?

Saat ini sudah banyak jenis produk jus dalam kemasan yang dapat kita peroleh dengan mudah di supermarket atau toko dekat rumah ayah bunda. Baguskah produk-produk tersebut, dan dapatkah menggantikan kebutuhan konsumsi buah dan sayur si kecil?

Sebagian besar jus dalam kemasan sudah melewati proses penyaringan termasuk pemberian zat pengawet. Jus buah tanpa ampas memiliki kandungan serat yang jauh lebih sedikit dibanding jus buah segar buatan ayah bunda. Karena jus dalam kemasan sudah melalui proses pengolahan dan penyimpanan cukup lama, tentu kualitasnya tidak sama dengan jus buatan dari buah asli.

Para ahli tumbuh kembang anak lebih merekomendasikan jus segar dari buah dan sayuran asli buatan ayah bunda daripada jus dalam kemasan jika tujuanya mengganti atau mensubstitusi konsumsi buah dan sayuran segar. Jika ayah bunda masih ingin membeli jus dalam kemasan dengan alasan kepraktisan, upayakan untuk memilih yang tanpa tambahan gula dan bahan pengawet.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru