09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Fakta penting seputar pertumbuhan gigi bayi

KategoriBayi
Di lihat1316 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

bagaimana meredakan sakit pada bayi akibat tumbuh gigi

Umumnya bayi mulai tumbuh gigi saat usianya menginjak 5 atau 6 bulan. Meski demikian, waktu tumbuh gigi satu bayi dengan yang lainya bisa bervariasi. Gigi beberapa anak mulai tumbuh diusia 3 bulan, 12 bulan, bahkan (pada kasus yang jarang) beberapa bayi lahir dengan gusi sudah ditumbuhi gigi. Gigi yang tumbuh biasanya dimulai dengan gigi seri di rahang bawah, kemudian gigi seri di rahang atas, gigi-gigi lain di sisi gigi seri, dan yang terakhir adalah gigi belakang atau geraham. Pada awalnya mungkin gigi yang tumbuh tampak salaing berjauhan. Akan tetapi, bunda tidak perlu khawatir. Seiring semakin banyaknya gigi yang tumbuh, gigi akan bergerak ke posisi yang lebih normal.

Tanda si kecil mulai tumbuh gigi

Baca juga: Tips merawat gigi sehat balita

Terdapat beberapa tanda ketika si buah hati mulai tumbuh gigi. Dengan memperhatikan sinyal-sinyal tersebut, ayah dan bunda dapat melakukan penanganan yang tepat untuk mengkondisikan mereka. Berikut adalah tanda-tandanya:

1. Umumnya si kecil akan lebih sering berliur menjelang tumbuh gigi. Kelenjar ludah menghasilkan lebih banyak air liur karena ia dapat membantu mendinginkan gusi yang meradang akibat dorongan gigi yang mulai muncul. Terkadang banyaknya produksi saliva mungkin akan menimbulkan ruam disekitar mulut si kecil.

2. Bayi akan lebih sering memasukkan benda-benda keras ke dalam mulutnya. Hal ini karena mengunyah membantu meredakan tekanan dan sensasi gatal pada gusinya.

3. Gusi, atau bahkan juga dagu dapat memerah dan meradang.

4. Bayi mungkin akan tampak kesakitan dan sedikit rewel terutama pada saat tumbuhnya beberapa gigi pertama.

Baca juga: Manfaat super alpukat bagi si kecil

Yang harus dilakukan saat bayi tumbuh gigi

Pada saat si kecil tumbuh gigi, ada beberapa hal yang bisa ayah dan bunda lakukan untuk meredakan ketidaknyamanannya. Ayah bunda dapat memberikan mereka sesuatu untuk digigit, seperti kain yang telah dibasahi atau mainan khusus untuk bayi yang sedang tumbuh gigi (teething ring). Si kecil biasanya lebih menyukai sesuatu yang dingin untuk dimasukkan ke mulutnya karena bisa meredakan rasa sakit pada gusinya yang meradang. Karena itu, ayah bunda mungkin bisa memberikan teething ring yang telah didinginkan di lemari es, bubur buah-buahan yang dingin, atau yogurt dingin.

Bila si kecil merasa amat  kesakitan, kita bisa mengoleskan teething gel pada gusi. Namun, ingatlah untuk tidak melakukannya menjelang waktu si kecil disusui, sebab teething gel  akan menyebabkan area yang diolesi membeku selama kurang lebih 20 menit. Pastikan untuk membaca aturan pakai dengan cermat untuk menghindari penggunaan yang berlebihan.

Baca juga: 3 Manfaat ajaib jagung manis bagi balita bunda

Bila hal ini belum membantu, kita bisa memberikan paracetamol atau ibuprofen khusus anak yang bebas gula. Akan tetapi, hal ini aman dilakukan hanya jika si kecil telah berusia lebih dari 3 bulan. Perhatikan petunjuk penggunaan pada kemasan obat.

Bila ayah dan bunda melihat ada memar kecil atau benjolan kemerahan pada gusi si kecil, jangan khawatir. Keduanya biasa muncul menjelang tumbuhnya gigi. Kita tidak perlu melakukan tindakan apapun karena ia akan hilang ketika gigi mulai tumbuh. Selain itu, ayah dan bunda mungkin menemukan gejala lain pada masa tumbuh gigi seperti suhu tubuh si kecil yang naik atau diare. Para ahli tidak meyakini kedua gejala ini sebagai akibat dari tumbuh gigi. Mungkin, keduanya adalah gangguan kesehatan lain yang biasa terjadi pada usia tertentu.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru