09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Fakta seputar bahaya dan manfaat ketika tanah termakan si kecil

KategoriKesehatan
Di lihat681 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Dampak positif saat tanah termakan si kecil

Usia batita adalah saat dimana mereka memiliki rasa ingin tau yang besar, sehingga hari-hari mereka selalu dipenuhi dengan petualangan dalam menemukan hal-hal baru disekitarnya. Tidak jarang kita melihat ada anak tetangga atau bahkan si kecil sendiri yang suka memasukan benda-benda kotor seperti sandal, koin, atau makanan yang sudah jatuh ke tanah kedalam mulutnya. Bahkan ada beberapa batita yang memasukan tanah kedalam mulutnya.

Tentu prilaku si kecil tersebut cukup menghawatirkan ayah bunda karena tanah itu kotor dan bisa menjadi sumber penyakit bukan? Tapi ada pernyataan yang cukup mengejutkan dari para ilmuwan bahwa mengkonsumsi debu atau tanah yang tidak terkontaminasi zat beracun dan dalam batas-batas tertentu dapat memberikan manfaat bagi si kecil.

(Baca juga: 6 Tips agar si kecil tak gampang sakit)

Dampak positif saat tanah termakan si kecil

Para ahli menemukan ada banyak sekali jenis bakteri dalam tanah yang tidak tercemar, dan kebanyakan bakteri tersebut tidak berbahaya bagi tubuh si kecil. Sebaliknya bakteri-bakteri tersebut dapat mengaktivasi sistem kekebalan tubuh atau imunitas mereka. Hipotesis para ahli menyatakan bahwa mengekspose tubuh si kecil sejak dini dengan bakteri-bakteri dari tanah tersebut dapat menurunkan resiko alergi saat mereka beranjak dewasa.

(Baca juga: 5 Jenis makanan agar dayatahan tubuh si kecil optimal)

Sebuah penelitian di negara Amerika menyatakan bahwa 20 persen dari annak berusia 1-3 tahun telah mengkonsumsi lebih sekitar satu sendok teh debu atau tanah dalam berbagai kesempatan. Menurut para ahli, jika anak usia dibawah 3 tahun mengkonsumsi 500 mg tanah masih dikategorikan normal.

Dampak negatif saat tanah termakan si kecil

Tanah yang sudah tercemar baik oleh logam berat, pupuk dan pestisida kimia, bakteri, dan parasit yang berbahaya, dapat menimbulkan masalah kesehatan jika masuk kedalam pencernaan si kecil. Logam berat dapat menimbulkan gejala keracunan akut seperti mengalami kesulitan tidur, sakit kepala, sakit perut, hilang nafsu makan, muntah, dan terjadi pembengkakan pada wajah.

Bakteri berbahaya dalam tanak biasanya berasal dari kotoran binatang atau pupuk kandang. Saat si kecil tekontaminasi bakteri tersebut, mereka dapat mengalami gejala muntaber akut yang jika tidak segera ditangani secara medis dapat menimbulkan resiko kematian. Infeksi parasit lain seperti cacing gelang atau cacing kremi juga dapat terjadi, telur cacing sama halnya dengan bakteri berbahaya, dapat bersumber dari kotoran hewan dan pupuk kandang.

Bila si kecil terinfeksi cacing gelang, mereka dapat mengalami gejala seperti berat badan dibawah angka normal, nyeri dibagian perut, batuk tak kunjung sembuh, lesu, lemas, dan biasanya disertai dengan perut buncit. Beberapa jenis cacing dapat menimbulkan rasa gatal dibagian anus sehingga si kecil bisa terlihat sering menggaruk bagian bokongnya.

Langkah antisipatif menghindari bahaya sumber penyakit dari tanah

1. Pastikan ayah bunda membersihkan kotoran hewan yang ada disekitar rumah terutama kotoran kucing, anjing, dan ayam.

2. Jika ayah bunda bercocok tanam dan menggunakan pupuk kandang dan pupuk atau pestisida kimia, pastikan si kecil tidak bisa mengakses dan tidak bermain disekitarnya.

3. Ajari si kecil untuk tidak memasukan tanah kedalam mulut atau mengkonsumsi makanan yang sudah jatuh ke tanah. Kita tidak pernah tau apakah ada bakteri berbahaya atau tidak dalam tanah tersebut.

4. Biasakan si kecil mencuci tangan dan kaki menggunakan sabun setelah bermain tanah di luar, atau bermaind dengan hewan peliharaan.

(Baca juga: Cara mecuci tangan yang baik dan benar)

5. Pastikan ayah bunda memberikan asupan kalsium, zat besi, dan seng yang cukup melalui menu harian mereka. Zat nutrisi tersebut dipercaya dapat menjaga kondisi daya tahan tubuh dan mengurangi penyerapan logam berbahaya timbal dari tanah.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru