09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Fakta seputar lemak bagi balita bunda

KategoriNutrisi
Di lihat408 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Berapa banyak lemak yang dibutuhkan si kecil?

Lemak adalah salah satu komponen dalam makanan, beberapa jenis makanan seperti daging, mentega, minyak goreng, dan kacang-kacangan banyak mengandung lemak sementara jenis makanan lainya seperti sayuran dan buah-buahan sedikit atau bahkan hampir tidak mengandung lemak. Mitos yang berkembang disekitar kita diantaranya lemak harus dihindari karena tidak bagus bagi kesehatan, faktanya dalam kadar tertentu lemak memegang peranan sangat penting dalam proses pertumbuhan sibuah hati.

Balita memerlukan asupan lemak untuk perkembangan otak dan sistem syaraf mereka sehingga asupan makanan dengan kadar tertentu mutlak harus ada di menu hariannya. Kebutuha lemak si kecil dapat diperoleh dari sumber-sumber lemak sebagaimana disebutkan diatas termasuk susu berkadar lemak tinggi.

Berapa banyak lemak yang dibutuhkan si kecil?

Para ahli nutrisi berpendapat bahwa anak dengan usia diatas 2 tahun harus mendapatkan asupan lemak sebayak 30 persen dati total asupan nutrisi harian mereka. Bunda dapat menggunakan tabel kebutuhan kalori harian si kecil sebagai panduan dalam menentukan berapa bayak lemak yang harus diberikan pada si kecil setiap harinya.

Beberapa makanan mengandung kadar lemak tinggi dan beberapa jenis makanan lainya mengandung lemak dibawah 30 persen, sebagai gambaran, berikut adalah komposisi beberapa jenis makana dengan total jumlah lemak mendekati 30 persen:

  • Dua potong roti mengandung 13 persen lemak, artinya 30 kalori dari total 230 kalori berasal dari lemak.
  • Dua sendok selai kacang mengandung 75 persen lemak (140 kalori dari total 190 kalori berasal dari kandungan lemaknya)
  • Satu potong buah apel mengandung 0 (nol) persen lemak dan 80 kalori
  • Satu gelas susu mengandung 18 persen lemak (20 kalori dari total 110 kalori berasal dari lemak)
  • Satu sendok makan jeli mengandung 0 persen lemak dan 50 kalori

Sehingga jika ditotal dari kelima jenis makanan diatas, semuanya mengandung 29 persen lemak (190 kalori dari total 660 kalori).

Menghitung jumlah asupan kalori memang belum lazim dikalangan bunda di Indonesia karena dianggap cukup merepotkan, tetapi hal ini cukup penting dilakukan untuk memastikan kecukupan asupan lemak harian si kecil termasuk jenis asupan nutrisi yang lainya. Tentu saja hitung-hitungan diatas tidak harus dilakukan secara eksak, kurang lebih sedikit tidak masalah J

Mengenal jenis lemak pada makanan

Lemak takjenuh. Jenis lemak ini banyak ditemui dalam makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti kacang-kacangan, alpukat, minyak zaitun, ikan tuna, dan salmon. Jenis lemak ini sangat baik bagi kesehatan jantung. Para ahli nutrisi sangat merekomendasikan bunda untuk memberikan makanan dengan jenis lemak tak jenuh bagi si buah hati.

Lemak jenuh. Jenis lemak ini banyak ditemukan pada daging, mentega, keju, susu, dan minyak kelapa. Jenis lemak ini diperlukan dalam jumlah tertentu. Konsumsi berlebih dari jenis lemak dalam waktu yang panjang ini dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.

Lemak trans. Lemak jenis ini banyak terdapat pada margarin termasuk beberapa jenis makanan ringan seperti biskuit, atau snack lainya. Jika pada kemasan makanan tercantum kata ‘hydrogenated oil’ maka makanan tersebut mengandung lemak trans. Sama halnya dengan jenis lemak jenuh, lemak trans juga dapat menngkatkan kadar kolesterol dalam darah dan meningkatkan resiko penyakit jantung jika dikonsumsi berlebih dalam waktu yang panjang.

Kenapa si kecil memerlukan lemak?

Sebagaimana orang dewasa, balita bunda memerlukan lemak untuk pertumbuhan mereka. Didalam tubuh lemak diperlukan untuk melarutkan beberapa jenis vitamin, membuat hormon, termasuk memjadi bahan pembangun berbagai jaringan dalam tubuh.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru