09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Fakta seputar penyakit meningitis yang perlu diketahui ayah bunda

KategoriKesehatan
Di lihat554 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Bagaimana cara dokter mendiagnosa meningitis?

Menurut situs Wikipedia, meningitis adalah peradangan yang terjadi pada selaput pelindung otak dan sumsum tulang belakang. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh mikroorganisme, kanker, atau luka benturan. Jenis yang paling sering ditemui adalah meningitis yang disebabkan oleh serangan mikroorganisme termasuk virus, bakteri, dan jamur.

Penyakit meningitis yang disebabkan oleh serangan virus cenderung tidak terlalu serius dan biasanya akan sembuh dengan perawatan dirumah. Kondisi meningitis yang disebabkan oleh serangan bakteri meski lebih jarang ditemui, namun dapat mengakibatkan kondisi kritis dan perlu penanganan medis yang serius dan segera.

(Baca juga: 8 Cara cerdas mengatasi masalah sulit makan pada balita)

Bagaimana meningitis dapat tersebar?

Bakteri dan virus penyebab meningitis tidak dapat hidup lama diluar tubuh manusia sehingga biasanya penyakit ini disebarkan saat cairan tubuh dari penderita khususnya ingus, berpindah melalui mekanisme bersin atau kontak langsung. Setelah menyebab penyakit ini masuk kedalam tubuh calon korban melalui sistem pernafasan, virus atau bakteri tersebut akan masuk kedalam darah dan menuju selaput otak.

Gejala umum penyakit meningitis

Gejala awal yang menyertai serangan penyakit ini sangat mirip dengan gejala flu biasa. Beberapa gejala yang biasa nampak terutama pada si kecil yang berusia 2 tahun atau lebih adalah demam yang datang tiba-tiba, sakit kepala, leher kaku, muntah, susah tidur, sensitif terhadap cahaya, hilang nafsu makan, dan terkadang mengalami bercak merah pada kulit.

(Baca juga: 3 Cara mengatasi sembelit pada si kecil tanpa obat kimia)

Tanda yang sering nampak pada bayi yang terserang penyakit ini termasuk diantaranya menangis terus, susah tidur, tidak mau minum ASI, susah di tenangkan dan menagis keras jika diangkat dari tidurnya.

Bagaimana cara dokter mendiagnosa meningitis?

Jika ayah bunda mendapati tanda-tanda sebagaimana dijelaskan diatas pada si buah hati, ada baiknya segera menemui dokter untuk mendapatkan diagnosa lebih lanjut. Saat menemui dokter, biasanya dokter akan bertanya terlebih dahulu tentang perkembangan dan sejarah kesehatan si kecil kemudian melakukan beberapa tes sebagai langkah identifikasi lanjut.

Untuk mengidentifikasi penyakit meningitis termasuk mengetahui penyebabnya, dokter biasanya akan mengambil sampel dari cairan spinal menggunakan tehnik tertentu (Spinal tap). Jika diketahui penyebabnya adalah bakteri, maka dokter akan memberikan obat berupa antibiotik yang sesuai untuk membuhun bakteri tersebut. Untuk melihat kondisi infeksi pada selaput otak, dokter juga biasa menggunakan mesin MRI (Magnetic Resonance Imaging) atau CT Scan.

(Baca juga: 7 Tips cerdas memilih makanan sehat untuk balita bunda)

Pengobatan meningitis

Penanganan penyakit ini akan bergantung pada penyebabnya. Pengobatan untuk meningitis yang disebabkan oleh bakteri biasanya lebih kompleks dan melibatkan antibiotik. Jenis penyakit ini sangat berbahaya sehingga harus segera ditangani oleh ahlinya.

Berbeda dengan meningitis yang diakibatkan bakteri, jenis yang disebabkan oleh virus lebih banyak di temui tapi biasanya gejala penyakit akan berangsur hilang dalam waktu 2 pekan hanya dengan perawatan dirumah seperti memberikan banyak cairan, serta obat pereda demam atau sakit.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru