09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Gunakan 7 tips berikut ini untuk mengajari si kecil membaca

KategoriParenting
Di lihat302 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Manfaat mengajari si kecil membaca sedini mungkin

Satu hal yang menakjubkan dari si kecil adalah kemampuan mengingat dan belajarnya yang luar biasa. Sering kita dibuatnya takjub dan terkejut saat si kecil mampu menghafal kata-kata iklan di televisi padahal baru beberapa kali melihat.

Anak balita memiliki kemampuan belajar yang luar biasa. Hampir semua waktu yang ia miliki, kecuali waktu tidur, digunakan untuk mempelajari hal-hal baru termasuk membaca, berhitung,  mengenali benda-benda, bersosialisasi, memahami cara kerja benda, dan berkomunikasi.

Tidak ada istilah terlalu dini untuk mengajarkan si kecil membaca, tentu penyampaian atau cara mengajarnya harus disesuaikan dengan tahapan usia perkembangan mereka. Mengajarkan ia membaca sangatlah mudah asal ayah bunda tau caranya, namun tidak sedikit dikalangan ayah bunda yang menyepelekan atau bahkan mengabaikan pendidikan yangs satu ini.

Manfaat mengajari si kecil membaca sedini mungkin

Semakin cepat si kecil bisa membaca, semakin banyak informasi yang bisa dia dapat terutama dari buku yang ia baca. Itu artinya semakin banyak informasi yang ia serap maka semakin cepat dia menguasai skil-skil yang ia butuhkan dikemudian hari. Dalam hal mengajari si buah hati membaca, ada beberapa tips yang dapat dilakukan ayah bunda guna mengoptimalkan proses belajar mereka, berikut tujuh diantaranya:

Tips mengajari anak balita membaca

1. Meski kemampuan daya serap si kecil sangat luar biasa, mereka belum bisa memfokuskan perhatian ke satu titik dalam waktu yang lama. Jadikan waktu belajar sekaligus waktu bermain yang menyenangkan, dan jangan paksakan jika mereka sudah nampak bosan.

2. Sesuaikan dengan tahapan usia perkembangan si kecil. Mulai kenalkan mereka sejak usia 1 tahun buku berisi gambar dan tulisan untuk mereka mainkan. Saat ini dipasaran sudah tersedia buku khusus anak-anak yang terbuat dari bahan kain.

3. Ketika ayah bunda membacakan cerita favoritnya, biarkan ia ikut menyimak sambil melihat gambar pada buku. Tunjuk dengan jari ayah bunda bagian yang dibaca agar mata mereka fokus ke arah tulisan yang dibacakan.

4. Lakukan secara perlahan tapi rutin. Ayah bunda diharap jangan memasang target yang terlalu tinggi, biarkan si kecil belajar sambil bermain, dan jangan memaksa jika si kecil sedang tidak mood.

5. Gunakan barang-barang yang mengandung huruf untuk menarik minat belajar si kecil, misalnya gelas yang bermotif huruf, atau tempelan magnet pada kulkas dengan bentuk abjad. Jika si kecil sudah mulai belajar jenis abjad, sekali-sekali tanya dia huruf apa yang ayah bunda tunjuk.

6. Ayah bunda juga bisa memutarkan lagu-lagu anak yang mengenalkan berbagai abjad. Nyanyikan bersama-sama untuk memotivasi si kecil. Bisa juga bunda menyediakan video-video film kesukaan mereka seputar belajar membaca.

7. Harus diingat bahwa tujuan kita mengajari si kecil membaca di usia dini, bukan untuk membebani mereka, jadi sekali lagi jangan paksakan jika mereka sedang tidak mood. Games menarik tentang belajar membaca di internet dapat juga dimanfaatkan ayah bunda sebagai variasi agar si kecil tidak bosan.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru