09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Hal yang wajib dilakukan saat si kecil mengalami luka memar

KategoriKesehatan
Di lihat1436 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Saat si kecil memar, kapan harus menemui dokter?

Si kecil yang sedang aktif-aktifnya dapat mengalami memar dibeberapa bagian tubuhnya terutama lutut, tangan, dan kaki saat mereka terjatuh dari sepeda atau karna tersandung saat mengejar bola. Sampai kondisi tertentu, ayah bunda tidak perlu khawatir. Memar karena luka ringan biasanya akan sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari. Jika memar pada bagian tubuh si kecil disertai dengan pendarahan atau rasa sakit yang hebat, sebaiknya ayah bunda segera membawa si buah hati ke dokter.

Memar dapat terjadi saat pembuluh darah halus yang berada di jaringan lunak dekat permukaan kulit terputus, biasannya akibat benturan benda keras. Darah dari pembuluh darah tersebut akan merembes ke daerah sekitarnya dibawah lapisan kulit dan menimbulkan warna khas memar yaitu biru kehitaman. Saat tubuh memperbaiki kerusakan akibat luka benturan tersebut, warna memar akan berangsur menjadi hijau kekuningan.

(Baca juga: 5 Masalah makan pada balita dan cara mengatasinya)

Mengatasi memar pada anak balita

Luka memar biasanya lebih jelas nampak pada si kecil karena kulit mereka lebih tipis dan berwarna lebih terang. Memar akibat luka ringan biasanya tidak menimbulkan rasa sakit dan akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 1-2 pekan. Ada baiknya ayah bunda selalu bertanya pada si kecil tentang penyebab memar pada bagian tubuhnya dan apakah merasa sakit, guna memastikan seberapa parah kondisinya.

Untuk meredakan pembengkakan yang biasa menyertai memar, ayah bunda dapan mengompres bagian yang lebam menggunakan es selama 15 menit dan dapat dilakukan beberapa kali dalam sehari. Gunakan plastik tebal yang di isi es batu dan air untuk mengompres.

Beberapa memar akibat benturan keras dapat disertai dengan luka dalam dan retak atau bahkan patah tulang. Luka jenis ini biasanya disertai dengan rasa sakit yang hebat atau demam, sehingga ayah bunda harus segera membawa si kecil menemui dokter untuk perawatan lanjut. Dokter biasanya akan memberikan acetaminophen atau ibuprofen untuk meredakan sakit si kecil, sementara melakukan penanganan medis yang diperlukan.

(Baca juga: Cara mengatasi sembelit si kecil tanpa obat kimia)

Saat si kecil memar, kapan harus menemui dokter?

Ketika si kecil mengalami memar dan lebam yang disertai pendarahan atau rasa sakit hebat akibat benturan keras, bawa ia ke dokter untuk mendaatkan diagnosa lanjut. Ayah bunda juga harus membawa si kecil menemui dokter jika:

  1. Si kecil memiliki memar yang tidak hilang dalam waktu 14 hari.
  2. Memar disertai sakit hebat yang tidak hilang dalam waktu 24 jam.
  3. Mengalami memar pada daerah persendian seperti lutut, siku, atau pinggang yang disertai rasa sakit saat bergerak.
  4. Mengalami memar dibagian kepala termasuk dibelakang telinga, terutama saat disertai muntah dan syok.
  5. Memar disertai dengan pendarahan atau menampakan tanda-tanda infeksi seperti bernanah atau demam.
  6. Mengalami memar yang cukup signifikan pada bagian punggung bagian bawah. Dikhawatirkan penyebab memar di bagian ini berdampak pula pada organ dalam si kecil khususnya organ ginjal.
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru