09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Hati-hati! Banyak anak balita kekurangan 4 jenis nutrisi berikut ini

KategoriNutrisi
Di lihat471 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Empat nutrisi penting untuk pertumbuhan si buah hati

Memberikan nutrisi yang cukup dan berimbang pada si kecil, dapat mengoptimalkan pertumbuhan badan mereka. Para ahli merekomendasikan ayah bunda untuk memberikan asupan makanan dengan komposisi protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, dan serat yang cukup. Namun demikian tanpa disadari, terkadang kita memberikan asupan gizi yang kurang seimbang pada mereka.

Menurut sebuah penelitian, anak-anak sering kali kurang mendapatkan empat jenis nutrisi yaitu vitamin D, Kalium, Kalsium, dan Serat. Sebenarnya masalah ini mudah diatasi yaitu dengan cara memantau jenis makanan si kecil. Lengkapi menu harian mereka dengan makanan yang mengandung ke-empat komponen nutrisi tersebut, dan jika diperlukan ayah bunda dapat memberikan suplemen makanan. Berikut ulasan detail mengenai ke empat nutrisi tersebut.

Empat nutrisi penting untuk pertumbuhan si buah hati

1. Vitamin D. Jenis nutrien ini dikategorikan sebagai vitamin terpopuler dikalangan para peneliti, karena banyak dijadikan bahan penelitian. Banyak orang termasuk si kecil seringkali tidak mendapatkan cukup vitamin D setiap harinya. Bagi orang dewasa, kekurangan vitamin D telah dihubungkan dengan pembentukan berbagai kondisi medis seperti osteoporosis, kangker usus, kangker payudara, kangker prostat, penyakit jantung, dan depressi.

Si kecil yang mengalami kekurangan vitamin D dapat mengalami masalah pada kekuatan tulangnya termasuk mengalami osteoporosis dini. Para ahli merekomendasikan si kecil untuk mendapatkan asupan vitamin D sebanyak 400-600 IU per hari yang sebanding dengan 4-6 gelas susu .

2. Kalsium. Dalam tubuh si kecil, kalsium digunakan dalam proses pembekuan darah, mengatur ritme detak jantung, membantu fungsi kerja otot, dan memaksimalkan pertumbuhan dan kekuatan tulang. Sebagian kalsium yang dikonsumsi akan digunakan untuk berbagai keperluan dalam tubuh, sisanya akan disimpan dalam tulang. Jika si kecil kurang mengkonsumsi kalsium, kebutuhan hariannya akan diambil dari tulang.

Berapa banyak si kecil membutuhkan kalsium setiap harinya? Para ahli nutrisi merekomendasikan anak usia 1-3 tahun untuk mendapatkan 500 mg kalsium perhari, dan 800 mg kalsium perhari untuk anak usia 4-5 tahun. Kalsium banyak terkandung dalam susu, keju, dan yogurt.

3. Kalium. Unsur yang dalam bahasa inggris dikenal dengan ‘potassium’ ini diperlukan si kecil untuk memelihara fungsi normal kerja jantung dan otot, mengatur kadar air dalam darah, membantu reaksi metabolisme dalam tubuh yang menghasilkan energi, dan membantu pembentukan tulang yang kuat. Kalium banyak terkandung dalam sayuran dan buah-buahan.

Berapa banyak si kecil embutuhkan kalium dalam sehari? Menurut ahli nutrisi, anak usia 1-3 tahun membutuhkan 3.000 mg perhari sedangkan anak usia 4-8 tahun membutuhkan 3.800 mg kalium setiap harinya. Pastikan ayah bunda memberikans ayuran, daging, susu dan produk turunanya, serta seafood untuk mencukupi keperluan kalium si buah hati.

4. Serat. Makanan yang kaya akan serat seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian diperlukan si kecil untuk melancarkan pencernaan dan menghindari sembelit. Konsumsi serat yang cukup setiap hari dapat menjaga kesehatan jantung dan menurunkan resiko penbentukan penyakit diabetes tipe-2.

Berapa banyak serat yang diperlukan si kecil sehari, bergantung pada usia perkembangan mereka. Sebagai gambaran, anak usia 1-3 tahun membutuhkan sekitar 14 gram serat setiap hari, yang dapat mereka penuhi dengan mengkonsimsi ½ gelas kacang-kacangan, 1 potong roti gandum, dan 1 buah pisang ukuran sedang.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru