09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Hubungan antara kehamilan dan kesehatan gigi bunda

KategoriKehamilan
Di lihat1461 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

kenapa ibu hamil harus merawat giginya lebih intens?

Menurut seorang pakar gigi dari Asosiasi kesehatan mulut dan gigi di Australia, Dr. Peter Alldritt, masa kehamilan adalah periode dimana gigi bunda memiliki resiko kerusakan paling tinggi dibanding periode lainnya. Hal ini disebabkan selama kehamilan biasanya ibu hamil mengalami perubahan hormonal, morning sickness yang tak jarang disertai dengan muntah, dan ngidam berbagai jenis makanan yang manis-manis. Kondisi-kondisi tersebut dianggap mampu meningkatkan resiko gangguan kesehatan khususnya pada gigi dan gusi ibu hamil.

Baca juga: 5 Masalah gizi pada anak balita

Ngidam makanan manis

Sudah bukan hal yang aneh saat bunda yang sedang hamil menginginkan jenis makanan tertentu, biasanya jenis makanan yang manis dan menyegarkan. Mengkonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi dapat meningkatkan resiko gigi keropos terutama saat konsumsi makanan manis dilakukan sepanjag hari.

Setiap kali bunda mengkonsumsi makanan manis, kadar asam dalam mulut akan meningkat dan secara langsung dapat mempengaruhi kesehatan gigi. Jika bunda menginginkan makanan manis, cobalah untuk memilih jenis makanan yang manis namun sehat seperti buah-buahan atau yogurt. Upayakan untuk berkumur setelah mengkonsumsi makanan tersebut untuk mengurangi resiko adanya gula yang tertinggal dalam mulut.

Morning sickness dan muntah

Menurut data statistik, hampir 80 persen dari ibu hamil mengalami morning sickness yang ditandai dengan gejala mual dan muntah. Saat bunda muntah, kandungan asam lambung dalam muntahan dapat mengikis lapisan email gigi, sehingga semakin sering bunda muntah, semakin tinggi resiko mengalami kerusakan gigi.

Baca juga: Mengatasi sembelit anak tanpa obat kimia

Dr. Alldritt merekomendasikan bunda untuk berkumur dengan air putih setelah muntah untuk mengurangi kadar asam dalam mulut. Jangan langsung menggosok gigi setelah muntah karena gesekan dari sikat gigi yang dikombinasikan dengan kadar asam dapat merusak lapisan email gigi. Tunggu setidaknya selama satu jam setelah muntah sebelum bunda menggosok gigi.

Penyakit gusi dan kehamilan

Saat bunda hamil, perubahan hormonal dalam tubuh dapat mempengaruhi cara gusi bereaksi dengan bakteri dalam mulut serta dapat memicu peradangan, dan pembengkakan gusi. Hal ini juga dapat menyebabkan gusi berdarah terutama saat bunda menggosok gigi, secara medis kondisi ini dikenal dengan sebutan gingivitis. Jika tidak ditangani segera, gangguan kesehatan gusi tersebut dapat berkembang menjadi lebih parah, infeksi dan peradangan dapat menyebar lebih dalam kebagian tulang gigi.

Kehamilan dan kesehatan gigi

Menjaga kesehatan gigi dengan menggosok gigi secara teratur setidaknya dua kali dalam sehari perlu dilakukan terutama saat bunda sedang hamil. Memeriksakan kondisi gigi secara rutin selama masa kehamilan bagus dilakukan untuk memantau kondisi kesehatan gigi bunda. Disarankan untuk memeriksakan kesehatan gigi selama trimester kedua atau ketiga saat gejala morning sickness biasanya sedikit mereda.

Baca juga: Panduan porsi makan si kecil

Beberapa tindakan pada gigi termasuk foto sinar X dapat dilakukan. Untuk menghindari resiko radiasi bunda dapat menggunakan pakaian pelindung khusus untuk melindungi bagian perut.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru