09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Ide kegiatan menarik untuk bayi usia 0 – 3 bulan

KategoriBayi
Di lihat6019 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

berikut adalah beberapa jenis alternatif permainan yang dapat dilakukan ayah bunda bersama anak bayi yang berusia 0 sampai 3 bulan

Banyak jenis kegiatan yang bisa dipilih para orang tua untuk dilakukan bersama si buah hati. Bahkan pada usia dini, kegiatan-kegiatan yang tepat dapat meningkatkan kualitas hubungan antara si kecil dengan ayah dan bunda, selain tentunya mendukung pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Berikut adalah beberapa ide kegiatan yang bisa dilakukan bersama si buah hati mulai usia 0 hingga 3 bulan.

Baca juga: Tips menurunkan demam anak secara alami

0 Bulan: bermain ayunan

Ayunan yang kita gunakan tentunya bukan seperti yang ada di taman bermain. Si kecil tentu belum siap untuk itu. Gunakan alas tidur bayi untuk membuat ayunan sederhana. Caranya, lipat alas tidur bayi ukuran besar menjadi 2 bagian, kemudian letakkan di atas lantai. Baringkan si kecil dengan hati-hati di tengah-tengahnya. Dengan ayah dan bunda masing-masing berdiri di ujung alas tidur, angkat ujung alas tidur hingga bayi ikut terangkat. Ketika mengangkat bayi, tetap hati-hati supaya tidak ada bagian alas tidur yang menutupi wajah bayi. Setelah bayi terangkat, ayun-ayunkan alas tidur perlahan-lahan. Manfaat kegiatan ini adalah memperkuat tulang dan otot bayi, serta menenagkan bayi yang sedang rewel.

1 Bulan: menggendong bayi dengan kain gendongan

Semua bayi suka digendong karena merek menyukai kontak dengan kulit ayah dan bunda. Menggendong dengan menggunakan sling atau kain gendongan membantu ayah dan bunda menggendong si kecil sambil tetap bisa beraktivitas. Menggendong bayi membuatnya bisa melihat dan merasakan lingkungan dengan lebih baik dan ini merupakan stimulasi yang bagus. Untuk bayi berusia 1 bulan bunda kita sebaiknya menghadapkan si kecil ke tubuh kita ketika menggendongnya untuk mencegah bayi mendapat terlalu banyak stimulasi. Ketika menggendong, pastikan si kecil mendapat cukup ruang untuk bernafas.

Baca juga: Tanda-tanda si kecil mengalami radang tenggorokan

2 Bulan: melatih penglihatan

Gambarlah bentuk-bentuk sedrhana yang berwarna warni pada whiteboard atau kertas putih, kemudian gantungkan di atas box bayi atau di tempat lain yang berada di area pandang bayi. Pada saat lahir, penglihatan bayi amat terbatas sehingga ia hanya bisa melihat benda-benda yang berada tidak terlalu jauh dari wajahnya. Melihat objek-objek yang berwarna-warni dapat meningkatkan fokus mata bayi dan memperkuat penglihatannya. Selain menggunakan gambar, jangan lupa untuk meningkatkan intensitas kebersamaan dengan bayi, kerena melihat wajah ayah dan bunda merupakan salah satu cara paling efektif untuk melatih penglihatannya.

Baca juga: Penyebab mata belek pada si kecil dan cara mengatasinya

3 Bulan: bermain bola

Tummy time atau berbaring telungkup pada perut bisa membantu bayi memperkuat otot punggung, leher, dan perutnya. Sayangnya, sebagian bayi tidak suka berbaring di lantai dengan wajah di bawah. Untuk itu, kita bisa membaringkan bayi tengkurap di atas bola sebagai alternatif. Pastikan lantai tempat meletakkan bola tersebut sudah dilapisi bantalan sebagai pengaman. Pegang bayi supaya posisinya aman, kemudian gelindingkan bola ke depan dan ke belakang supaya bayi ikut bergerak. Bunda boleh meletakkan mainan kesukaan si kecil supaya ia berusaha meraihnya.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru