09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Info penting: Kondisi kesehatan bunda pasca-persalinan

KategoriKehamilan
Di lihat313 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

kondisi fisik ibu hamil setelah melahirkan

Kesehatan bunda menjadi salah satu fokus pada masa pasca-persalinan, selain kesehatan si kecil tentunya. Pada masa pasca-persalinan biasanya muncul masalah-masalah berkaitan dengan kesehatan bunda, mulai dari pendarahan yang normal terjadi hingga gejala lain yang menunjukkan adanya gangguan kesehatan serius. Dengan memahami masalah-masalah yang sering muncul pada masa pasca-persalinan, bunda bisa lebih mudah menjaga kesehatannya dan tentunya bisa lebih fokus merawat buah hati.

Baca juga: Peran magnesium bagi kesehatan anak

Kondisi ibu hamil setelah persalinan

1. Pendarahan yang normal. Persalinan biasanya diikuti dengan masa nifas yang berlangsung selama 40 hari. Selama beberapa hari setelah persalinan akan keluar darah dalam jumlah banyak dari vagina, diikuti masa 2 minggu dimana aliran darah yang keluar lebih sedikit, kemudian beberapa minggu pada akhir masa nifas ketika cairan yang keluar berwarna putih kekuningan hingga bening. Jangan menggunakan tampon untuk menampung aliran darah pada masa nifas karena berpotensi menyebabkan infeksi. Sebagai gantinya, gunakan maternity pad.

2. Jahitan. Wanita yang melahirkan akan mengalami robekan di daerah vital, sehingga harus dijahit segera setelah bayi lahir. Jahitan tersebut akan semakin memudar dan hilang sama sekali setelah 7 hingga 10 hari. Hingga jahitan tersebut menghilang, rawat bagian yang dijahit dengan membersihkannya secar teratur menggunakan air. Jangan menggunakan bedak pada bagian yang dijahit. Apabila bunda masih merasa kurang nyaman hingga 2 minggu, segera hubungi dokter.

Baca juga: Baca ini sebelum memberikan suplemen vitamin anak

3. Rasa nyeri sehabis melahirkan. Selepas persalinan, tubuh melepaskan hormon oksitosin yang merangsang uterus untuk berkontraksi. Hal ini penting untuk mengembalikan ukuran uterus seperti semula seperti sebelum kehamilan. Beberapa wanita tidak terganggu dengan proses ini, namun terkadang kontraksi uterus menyebabkan rasa nyeri atau kram di daerah perut. Bila rasa sakit tersebut amat mengganggu, bunda bisa meredakannya dengan mengkompres bagian perut dengan botol yang diisi dengan air hangat.

4. Tanda-tanda gangguan kesehatan serius. Bunda yang baru melahirkan rentan terhadap komplikasi. Gejala-gejala yang perlu diberi perhatian serius antara lain pendarahan pada vagina yang meningkat, kepala terasa pening, muncul belang kemerahan yang terasa panas pada kaki bagian bawah, suhu tubuh tinggi (di atas 38°C) selama lebih dari 2 jam, atau bila bunda kesulitan buang air kecil. Hubungi rumah sakit yang menangani persalinan bunda atau tenaga kesehatan lain bila tanda-tanda di atas muncul.

5. Pemeriksaan pasca-persalinan. Biasanya, bidan atau dokter yang menangani persalinan bunda akan menjadwalkan check-up kesehatan pada 6 hingga 8 minggu setelah persalinan. Pada pemeriksaan ini, tenaga kesehatan akan memeriksa bagian payudara, uterus, dan serviks untuk memastikan organ-organ tersebut telah pulih dan berfungsi sebagaimana mestinya. Pemeriksaan ini sangatlah penting, karena itu ingatkan bidan atau dokter bila tidak menjadwalkan pemeriksaan kesehatan untuk bunda.

Baca juga: Waspada! Banyak anak kekurangan nutrisi ini

6. Depresi pasca-persalinan / posnatal depression (PND). Angka kejadian pasca-persalinan bervariasi antara 10% hingga 15%. Gangguan ini biasanya ditandai gejala kecemasan yang berlebihan, perasaan tidak mampu merawat buah hati, susah tidur, dan sering menangis. Kondisi ini bisa diatasi dengan bantuan professional. Karena itu, sampaikan hal-hal yang mengganggu perasaan bunda pada dokter atau perawat ibu dan anak.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru