09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Informasi penting bagi bunda yang hamil anak kembar

KategoriKehamilan
Di lihat12137 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

tips dan informasi dalam menghadapi kehamilan kembar

Ketika kita mengandung bayi kembar, baik dua, tiga, atau lebih, bunda membutuhkan nutrisi, porsi istirahat, dukungan sekitar, dan hal-hal lain yang penting selama kehamilan dalam dosis yang lebih besar. Dengan mengetahui hal-hal yang diperlukan serta resiko yang mungkin muncul ketika mengandung anak kembar, akan lebih mudah bagi kita untuk menjaga kehamilan tetap sehat.

Mendiagnosa kehamilan kembar

Kehamilan kembar biasanya terdeteksi bila ukuran uterus pada saat hamil lebih besar daripada normal, atau bila terdeteksi ada lebih dari 1 detak jantung bayi. Kondisi ini dapat dipastikan dengan menggunakan USG. Terkadang, kehamilan kembar yang normal berlanjut dengan hanya ditemukannya 1 janin pada bulan-bulan selanjutnya. Hal ini mungkin sangat mengecewakan bagi para orang tua, dan sayangnya belum ada penjelasan yang pasti mengenai sindrom ini.

Baca juga: 5 Jenis permainan sesuai usia si buah hati

Hal yang perlu diperhatikan bila mengandung anak kembar

1. Bila mengandung anak kembar kita harus melakukan check up medis lebih sering. Pemeriksaan berkala diperlukan untuk memonitor perkembangan janin, memonitor kesehatan bunda, dan mengawasi adanya tanda-tanda kelahiran prematur. Terkadang dokter merekomendasikan beberapa kali tes USG untuk memeriksa perkembangan kehamilan.

2. Kehamilan kembar mengharuskan kita mengasup nutrisi-nutrisi penting dalam dosis yang lebih banyak. Karena itu, selain mengkonsumsi makanan bernutrisi, bunda juga perlu mengkonsumsi suplemen vitamin prenatal dan suplemen zat besi.

3. Menjaga berat badan yang proporsional selama kehamilan penting untuk kesehatan bunda dan janin, serta memudahkan bunda untuk mengembalikan berat badan setelah melahirkan. Bagi bunda yang mengandung anak kembar, kenaikan berat badan yang dianjurkan adalah 17 hingga 25 kg pada wanita dengan berat badan normal sebelum hamil. Untuk itu, diperlukan tambahan asupan kalori sebanyak 600 kilojoule, atau bergantung pada banyaknya aktivitas fisik bunda selama kehamilan.

4. Dokter mungkin akan menganjurkan bunda untuk membatasi kegiataan sehari-hari selama kehamilan, misalnya pekerjaan, perjalanan selama hamil, dan aktivitas-aktivitas fisik. Terkadang, beberapa wanita yang mengandung anak kembar dianjurkan untuk bed rest untuk mendukung perkembangan janin dan mencegah komplikasi.

Baca juga: 4 Penyebab mencret pada bayi

Resiko komplikasi pada kehamilan kembar

1. Tekanan darah tinggi. Bunda yang mengandung anak kembar biasanya lebih beresiko terserang tekanan darah tinggi. Bila tekanan darah tinggi tersebut disertai adanya protein dalam urin, gangguan tersebut dinamakan preeclampsia. Penanganan yang tepat dibutuhkan untuk mencegah komplikasi yang bisa membahayakan bunda dan janin.

2. Kelahiran prematur. Bila bunda hamil anak kembar, resiko kelahiran prematur akan menjadi lebih tinggi. Pada bunda beresiko melahirkan bayi prematur, dokter akan menginjeksikan obat-obatan steroid untuk merangsang pertumbuhan organ paru-paru janin. Komplikasi yang mungkin terjadi pada bayi yang lahir prematur antara lain berat lahir yang rendah, gangguan pernafasan dan pencernaan, dan adanya organ-organ yang belum berkembang sempurna. Pada kasus yang jarang terjadi, satu bayi akan lahir prematur, sedangkan bayi yang lain akan tetap berkembang di uterus dan lahir dengan normal.

3. Kelahiran dengan C-section. Pada kehamilan kembar, persalinan normal hanya mungkin dilakukan bila posisi kepala bayi pertama ada di bawah menuju jalan lahir. Bila tidak, maka harus dilakukan C-section atau yang biasa dikenal dengan operasi caesar. Terkadang, komplikasi yang terjadi setelah persalinan bayi yang pertama mengharuskan dilakukannya C-section untuk kelahiran bayi yang lain. Untuk, kehamilan kembar 3 atau lebih, C-section lebih dianjurkan daripada persalinan normal, namun hal ini bukanlah keharusan.

Baca juga: 5 Cara agar bayi tak gampang sakit

4. Twin-to-twin transfusion syndrome. Pada kehamilan kembar identik, pembuluh darah di plasenta mungkin menghubungkan sistem sirkulasi darah bayi kembar. Ini bisa menyebabkan satu bayi mendapatkan terlalu banyak aliran darah, dan bayi lainnya kurang. Komplikasi ini bisa berakibat fatal pada bayi dan harus ditangani dengan baik. Terkadang, komplikasi ini mengharuskan bayi dikeluarkan sebelum waktunya untuk mengurangi resiko negatif dari komplikasi ini.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru