09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Informasi seputar cara mudah menyapih bayi

KategoriBayi
Di lihat1752 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

cara yang benar dalam menyapih bayi

Beberapa ibu menyusui bayinya hingga berusia 6 bulan. Beberapa memilih melanjutkan menyusui hingga ulang tahun kedua si kecil. Beberapa yang lain menyusui hingga si kecil memutuskan sendiri waktu beginya untuk berhenti menyusu. Ada juga yang berhenti menyusui sebelum waktu-waktu tersebut dengan berbagai alasan, misalnya masalah kesehatan, pekerjaan, dan sebagainya. Berikut adalah hal-hal yang penting untuk diketahui mengenai akhir dari masa menyusui dan saat menyapih si kecil.

Baca juga: Tips seputar menidurkan bayi

Beralih ke botol susu

Bayi usia dibawah 12 bulan masih terlalu kecil untuk memegang gelas dengan benar. Karenanya, bunda sebaiknya menggunakan botol susu sebagai tempat bagi si kecil untuk minum susu. Sebagai permulaan, masukkan ASI yang telah diperas ke dalam botol susu. Ketika si kecil sudah terbiasa dan mulai menikmati menghisap susu dari dot, bunda bisa mengganti ASI dengan susu formula. Ingatlah bahwa hanya ASI dan susu formulalah yang bisa dikonsumsi si kecil pada usia ini. Sebaiknya jangan berikan susu sapi, karena perut si kecil belum bisa mencernanya dengan sempurna.

Menyapih bayi secara bertahap

Kelenjar susu bunda dapat menghasilkan susu yang dibutuhkan bayi dalam sehari. Bila bunda mulai menyapih si kecil, kelenjar susu membutuhkan waktu untuk menyesuaikan dengan perubahan tersebut. Bila bunda berhenti menyusui secara mendadak payudara bunda bisa membesar dan ini bisa menimbulkan rasa sakit yang hebat. Lebih baik, sapihlah bayi secara bertahap untuk memberi waktu bagi tubuh untuk menyesuaikan diri. Melewatkan 1 waktu menyusui setiap minggunya selama 4 hingga 5 minggu bisa membantu tubuh untuk melakukan penyesuaian. Alternatif lain bunda dapat memeras susu dan menyimpanya dalam lemari pendingin untuk digunakan dilain waktu.

Baca juga: Cara benar membedong bayi

Bila harus menyapih bayi dengan cepat

Terkadang, kondisi memaksa bunda untuk menyapih si kecil hanya dalam beberapa hari, misalnya karena faktor kesehatan bunda dan si kecil. Bila hal ini harus dilakukan, bunda harus siap dengan pembesaran payudara karena ia masih menyuplai ASI di awal masa menyapih. Biasanya payudara akan menjadi keras dan sangat nyeri. Rasa sakit akibat susu yang tidak dikeluarkan umumnya akan mereda seiring berjalannya waktu, namun penting untuk menjaga agar bunda tidak sampai terkena mastitis. Mastitis adalah tersumbatnya kelenjar susu dan biasanya menimbulkan rasa nyeri.

Di bawah ini adalah beberapa cara merawat payudara selama masa menyapih.

  1. Bunda bisa memeras ASI untuk mengurangi tekanan di dalam payudara menggunakan pompa khusus ASI. Namun, cukup keluarkan hanya beberapa mililiter.
  2. Lakukan kompres hangat pada payudara. Biarkan sedikit susu keluar dari payudara bila memang diperlukan.
  3. Selipkan daun kubis yang dingin pada bra.

Baca juga: ASI membuat si kecil tambah cerdas. Benarkah?

Menyusui vs kostrasepsi

Menyusui sebenarnya bukan metode kontrasepsi. Namun, seiring berkurangnya kegiatan menyusui ketika menyapih, peluang bunda untuk hamil menjadi lebih besar. Bila bunda ingin menunda kehamilan pada periode ini, bunda dapat hubungi dokter untuk memperoleh saran medis dan memulai penggunaan kontrasepsi.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru