09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Informasi seputar penyakit chikungunya pada anak-anak

KategoriKesehatan
Di lihat2049 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

waspada serangan penyakit chikungunya pada anak bayi dan balita, berikut adalah cara pencegahan dan tips mengobatinya

Chikungunya adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus yang tersebar melalui nyamuk. Ciri-ciri penyakit ini adalah demam dan rasa nyeri yang hebat pada persendian tubuh. Nyamuk chikungunya bertelur pada genangan air yang diam. Penyakit ini menyebar cepat pada daerah dengan populasi yang padat dimana terdapat banyak genangan air.

Chikungunya juga bisa menyerang anak-anak. Pada anak-anak, penyakit ini menimbulkan lebih banyak bintik-bintik merah pada kulit (ruam). Nyeri persendian pada anak-anak yang menderita chikungunya lebih jarang terjadi, namun bisa lebih hebat. Akan tetapi, chikungunya lebih jarang menyebabkan kematian bila menyerang anak-anak.

Baca juga: 6 Jenis makanan super untuk bayi dan balita

Gejala penyakit chikungunya

Chikungunya sering ditandai beberapa gejala, yaitu:

  • Demam
  • Sakit kepala hebat
  • Menggigil
  • Mual, muntah, dan gejala-gejala lain yang mirip meningitis
  • Rasa sakit yang hebat pada persendian
  • Diare
  • Bintik-bintik merah

Gejala-gejala dia atas biasanya muncul setelah 3 hingga 5 hari sejak penyakit terjadi dan bertahan selama kurang lebih 7 hari. Akan tetapi, gejala nyeri pada persendian dan perasaan lelah bisa bertahan hingga beberapa minggu, bahkan beberapa bulan.

Bila si kecil menunjukkan beberapa di antara gejala di atas, segera bawa ia ke dokter. Kemungkinan, gejala yang akan langsung tampak adalah demam dan adanya bintik-bintik merah pada kulit. Bila chikungunya terjadi pada bayi, mungkin sulit untuk memastikan adanya kondisi lain, misalnya nyeri di persendian, pusing yang hebat, atau mual karena si kecil belum dapat menjelaskan apa yang ia rasakan.

Baca juga: 6 Manfaat sehat kulit kentang bagi si kecil

Akan tetapi, bila terjadi pada balita yang sudah lebih besar, bunda bisa menekan beberapa lokasi persendian dengan jari sambil menanyai si kecil apakah ada rasa sakit di sana. Memang sedikit sulit untuk memastikan sendiri apakah si kecil menderita chikungunya atau penyakit menular lain yang menimbulkan gejala demam. Karenanya, cara paling efektif adalah dengan membawanya segera ke dokter untuk pemeriksaan medis yang lebih menyeluruh. Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan darah karena gejala chikungunya dan dengue biasanya hampir serupa.

Mengobati Chikungunya pada anak

Belum ada obat-obatan khusus yang bisa menyembuhkan penyakit ini, namun biasanya dokter akan meresepkan beberapa obat-obatan untuk meredakan gejala penyakit yang muncul. Selain meminum obat secara teratur, pastikan si kecil makan makanan  bergizi, istirahat yang cukup, dan banyak minum air. Untuk menurunkan demam pada si kecil, bunda bisa melakukan kompres dengan kain yang dibasahi air dingin.

Baca juga: Cara membuat buah-buahan kering untuk anak

Mencegah serangan Chikungunya

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Karena itu, bunda pasti ingin menghindarkan si kecil jauh-jauh dari penyakit ini. Untuk mencegah chikungunya, cara yang paling efektif adalah dengan menutup setiap genangan air yang diam di sekitar rumah. Selain itu bunda bisa mencegah si kecil terjangkit penyakit ini dengan:

  • Mengoleskan krim anti-nyamuk secara teratur.
  • Memakaikan pakaian berlengan panjang dan celana panjang ketika si kecil keluar rumah atau tidur siang.
  • Mengenakan pakaian berwarna terang pada si kecil (pakaian berwarna gelap biasanya menarik nyamuk).
  • Tetap di dalam ruangan yang dingin atau ber-AC (nyamuk tidak menyukai ruangan yang suhunya dingin.
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru