09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Ingin cepat hamil? Konsumsi jenis-jenis makanan ini

KategoriKehamilan
Di lihat686 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

jenis-jenis makanan agar bunda cepet hamil

Kesuburan adalah faktor penting yang menentukan keberhasilan kita dalam merencanakan kehamilan. Kesuburan dipengaruhi oleh banyak hal, misalnya faktor genetik dan pola makan. Saat kita merencanakan kehamilan adalah waktu yang tepat untuk menerapkan pola makan sehat dan baik bagi kesuburan. Terdapat aturan sederhana mengenai pola makan untuk kesuburan, yaitu makanan ‘baik’, makanan ‘jahat’, dan makanan yang belum diketahui secara pasti pengaruhnya.

Baca juga: Tips agar anak tidak penakut

Makanan pendukung kesuburan

Makanan ‘baik’ megandung 3 mineral penting bagi kesuburan. Mineral-mineral ini dapat diperoleh dari vitamin prenatal maupun didapatkan secara alami dari makanan. Pstikan bunda mengkonsumsi 3 mineral ini dalam jumlah yang cukup pada 3 minggu awal kehamilan.

1. Kalsium

Kalsium dapat meningkatkan kesuburan. Usahakan mengkonsumsi 3 porsi kalsium setiap harinya. Kalsium sebagai pembentuk tulang bunda dan janin bisa didapatkan dari bermacam makanan, misalnya produk susu, produk kedelai (misalnya tahu atau edamame) yang telah ditambahkan kalsium), jus yang diperkaya kalsium, brokoli, sayuran berdaun hijau, wijen, dan salmon kalengan.

2. Mangan

Mangan baik untuk menjaga fungsi organ reproduksi. Konsumsi mangan sebaiknya tidak kurang dari 2 mg setiap harinya. Sumber alami mangan, antara lain bayam, wortel, brokoli, gandum utuh, kacang, pisang, dan kismis.

Baca juga: 9 Aturan dasar dalam mendisiplinkan si kecil

3. Zinc

Mineral ini penting untuk proses pembuahan dan defisiensi zinc yang akut bisa mengganggu kesuburan. Usahakan mengkonsumsi 15 mg zinc setiap harinya, bisa melalui suplemen maupun makanan. Makanan yang merupakan sumber alami zinc, antara lain daging kalkun, daging sapi, daging domba, daging ayam, almond, kacang-kacangan, yogurth, oatmeal, jagung, telur, gandum, roti dan sereal yang diperkaya zinc, dan kerang yang dimasak.

4. Folat

Sebagai tambahan, jangan lupakan folat dalam menu harian kita.  Meskipun tidak mempengaruhi kesuburan, asupan folat diperlukan untuk perkembangan janin setelah terjadi kehamilan. Bukan hanya pada minggu-minggu awal kehamilan, konsumsi folat yang cukup juga perlu dijaga pada masa sebelum kehamilan, minimal 3 bulan sebelumnya.

Folat dapat diperoleh dari suplemen makanan dalam bentuk asam folat atau didapat secara alami dari sayuran berdaun hijau, jeruk, kacang-kacangan, alpukat, dan produk-produk makanan yang diperkaya folat (misalnya gandum dan jus jeruk). Wanita hamil dan yang merencanakan untuk hamil pada umumnya tidak mengkonsumsi cukup folat. Karena itu, dibutuhkan suplemen asam folat untuk memenuhi kebutuhan tubuh sebelum dan semasa kehamilan.

Makanan penghambat kesuburan

Terdapat makanan-makanan yang dapat mengganggu kesuburan, yaitu makanan dan minuman berkafein dan beralkohol. Konsumsi makanan berkafein yang berlebihan, yaitu lebih dari 3 cangkir kopi per hari  dapat mengganggu kesuburan. Begitu juga dengan minuman beralkohol yang dapat mengganggu kesuburan baik pria maupun wanita bila dikonsumsi terus menerus.

Baca juga: Ini penyebab si kecil susah makan

Belum diketahui pengaruhnya

Suplemen dan teh herbal sering disebut-sebut dapat meningkatkan kesuburan. Akan tetapi, ternyata manfaat dan keamanan penggunaan suplaman dan teh herbal belum dapat dibuktikan. Beberapa tanaman herbal yang dikaitkan dengan kesuburan ternyata juga memiliki dampak negatif terhadap janin. Karena itu, hati-hati dengan penggunaan suplemen dan teh herbal. Lebih baik berkonsultasilah dulu dengan tenaga ahli sebelum menggunakan dua jenis bahan makanan ini.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru