09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Ini dia 4 strategi mencegah kerusakan mata pada anak

KategoriKesehatan
Di lihat1488 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

tips melatih kesehatan mata si buah hati

Mata adalah salah satu organ penting pada tubuh manusia. Kerena itu, menjaga kesehatan mata amatlah penting. Pada umumnya, gangguan kesehatan mata non-penyakit dapat disebabkan oleh kebiasaan menonton TV terlalu dekat, membaca di tempat yang kurang penerangan,  kurang mengkonsumsi makanan-makanan yang baik untuk kesehatan mata, dan sebagainya. Kondisi-kondisi di atas seringkali menimbulkan ganggun mata khususbya bagi anak di usia dini.

Baca juga: Resep jus brokoli untuk si kecil

Makanan untuk kesehatan mata

Salah satu hal yang terpenting untuk menjaga kesehatan mata si kecil adalah dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi. Bukan hanya wortel, banyak sekali jenis-jenis makanan yang baik untuk kesehatan mata. Beberapa penelitian membuktikan bahwa makanan yang kaya antioksidan seperti beta-karotin, lutein, dan zeaxanthin baik untuk kesehatan mata. Selain itu, mata juga membutuhkan zat-zat bermanfaat lain seperti vitamin C dan E, zinc, dan asam lemak omega-3.

Berikut adalah makanan-makanan terbaik bagi mata:

  • Sayuran: brokoli, kentang manis, kale, bayam, labu, wortel, kacang polong
  • Buah-buahan: mangga, blueberry, jeruk, peach, pepaya, tomat, aprikot, anggur, alpukat
  • Sumber zinc: daging sapi, daging domba, sereal sarapan yang diperkaya zinc, kacang-kacangan, biji labu
  • Sumber omega-3: tuna, herring, salmon, makarel, sarden, minyak canola, kedelai

Baca juga: 7 Cemilah sehat untuk balita

Tips merawat kesehatan mata

Selain melalui nutrisi makanan, merawat kesehatan mata si kecil dapat dilakukan dengan melakukan cek kesehatan mata secara rutin, menjaga kebersihan, dan menghentikan kebiasaan-kebiasaan yang berakibat buruk bagi kesehatan mata.

1. Cek kesehatan mata secara berkala. Pemeriksaan kesehatan mata bermanfaat untuk mengetahui bilamana terdapat gangguan kesehatan pada mata si kecil. Dewasa ini, sekolah-sekolah telah mengadakan pemeriksaan kesehatan mata secara rutin bagi anak-anak. Akan tetapi, karena banyaknya anak yang diperiksa, pemeriksaan kesehatan mungkin menjadi kurang menyeluruh. Karena itu, lebih baik ayah dan bunda membawa si kecil ke dokter mata untuk pemeriksaan kesehatan mata yang lebih komprehensif. Dengan begitu, setiap gangguan pada mata anak akan mendapatkan penanganan dari profesional.

2. Menjaga kebersihan. Amatlah penting pula untuk menjaga kebersihan, seperti mengembangkan kebiasaan mencuci tangan sebelum dan sehabis makan, sehabis bermain, dan tiap kali pergi ke toilet. Ajarkan kepada si kecil untuk tidak menyentuh mata dengan tangan yang kotor dan tidak menggosok mata dengan kasar karena bisa melukai organ penting tersebut.

Baca juga: Bolehkah anak bayi minum jus buah?

3. Kurangi kebiasaan buruk. Hindari kebiasaan-kebiasaan yang dapat mengganggu kebiasaan mata seperti menonton TV dalam jarak terlalu dekat, terlalu lama bermain game atau berada di depan layar komputer dalam jarak yang terlalu dekat, dan membaca di tempat yang kurang pencahayaan. Ketika anak menonton TV, pastikan ia berada pada jarak yang aman, yaitu minimal 5 kali diagonal inchi layar televisi. Begitu pula ketika membaca, pastikan jarak mata dan buku bacaan minimal 30 cm. Jangan pula membaca sambil tidur-tiduran karena dapat membuat mata cepat lelah dan bahkan menyebabkan kerusakan mata.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru