09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Ini dia 6 manfaat sehat kulit kentang bagi si kecil

KategoriNutrisi
Di lihat668 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Inilah manfaat sehat dari kulit kentang terutama untuk anak-anak

Kentang telah menjadi salah satu sayuran favorit yang lezat disajikan dalam beragam resep masakan. Tapi tahukan bunda bahwa kulit kentang memiliki kandungan nutrisi yang tidak bisa dianggap sepele? Kulit kentang ternyata mengandung zat-zat yang penting bagi si kecil seperti serat, kalium, vitamin C, zinc, zat besi, mangan, vitamin B6 dan folat. Bahkan, 20% nutrisi dalam kentang ternyata terkandung dibagian kulitnya. Membuang kulit kentang ketika mengolahnya membuat kita kehilangan banyak nutrisi penting yang terkandung di dalamnya.

Baca juga: 6 Saran seputar parenting efektif

Manfaat sehat kulit kentang

1. Kaya akan serat. Kulit kentang ternyata kaya akan serat, yaitu sekitar 2 gram setiap ons. Pada 58 gram kentang beserta kulitnya terkandung kira-kira 5 gram serat, sedangkan bila tanpa kulit, hanya 1 gram serat. Mengkonsumsi panganan kaya serat dapat membuat kita kenyang lebih lama, memeperlancar pencernaan, menurunkan resiko penyakit jantung, diabetes, dan kolesterol.

2. Sumber alami kalium. Sebagaimana pisang, kulit kentang juga merupakan sumber kalium yang bagus. Dengan mengkonsumsi 1 butir kentang kita dapat memperoleh 1.600 mg kalium atau sekitar setengah dari kebutuhan kalium tubuh setiap harinya. Bagi si kecil, kalium penting untuk menjaga agar organ jantung, ginjal, sistem syaraf, dan otot tubuh bekerja dengan sehat.

3. Sumber vitamin C. Sebagaimana daging kentang, kulit kentang juga mengandung vitamin C. Bahkan, dengan mengkonsumsi 1 butir kentang ukuran besar, kita bisa memperoleh setengah dari kebutuhan vitamin C tubuh per harinya. Vitamin C membantu menangkal serangan penyakit dan infeksi karena zat ini mampu memelihara sistem imun tubuh.

Baca juga: Hati-hati! dampak negatif smartphone pada anak

4. Sumber mangan. Mangan adalah salah satu zat yang penting bagi tubuh. Mangan berperan dalam pengolahan protein, karbohidrat, dan kolesterol. Dalam 1 buah kentang beserta kulitnya terkandung sekitar sepertiga dari jumlah mangan yang dibutuhkan tubuh setiap harinya.

5. Kaya akan vitamin B6. Vitamin B6 penting untuk menjaga kerja kardiovaskuler, pencernaan, dan sistem kekebalan tubuh. Dalam 1 buah kentang beserta kulitnya terkandung 46% jumlah vitamin B6 yang dibutuhkan oleh tubuh.

6. Sumber alami zat besi, zinc, dan folat. Di dalam kulit kentang yang tampak sepele terkandung zat besi, zinc, dan folat yang baik bagi tubuh. Zat besi adalah zat pembentuk hemoglobin, zat yang berperan dalam pengangkutan oksigen dalam darah. Zinc adalah zat penting untuk sistem pencernaan dan metabolisme si kecil. Sedangkan folat, zat yang juga banyak terkandung dalam buah jeruk dan alpukat ini berperan dalam menjaga kesehatan mata si kecil.

Nah, bunda, mengingat begitu banyaknya manfaat zat-zat yang terkandung dalam kulit kentang, kita pasti ingin memasukkannya dalam menu sehari-hari si kecil. Satu yang perlu diingat, kulit kentang harus dicuci benar-benar sehingga semua kotoran yang melekat padanya hilang.

Memasukkan kulit kentang dalam menu harian

Baca juga: 5 Tips agar si kecil cepat bisa jalan

Kentang lezat bila diolah dengan cara dipanggang. Bersihkan kulit kentang dengan sempurna, kemudian potong dadu tanpa menghilangkan kulitnya. Panggang potongan kentang dalam oven dengan sedikit minyak zaitun tanpa ditambahkan garam atau zat penambah rasa. Kentang panggang sangat lezat disajikan dengan berbagai topping, seperti daging cincang, keju parut, ataupun potongan sayuran lain.

Kentang juga dapat diolah dengan cara dikukus, kemudian dihaluskan atau ditumbuk. Kentang tumbuk juga lezat bila dipadukan dengan labu tumbuk, sedikit margarin, atau susu.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru