09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Ini dia 6 tips ampuh menenangkan bayi kolik

KategoriBayi
Di lihat1604 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

cara menenangkan bayi yang mengalami kolik

Bayi bunda sering menangis dengan keras dan sangat lama (hingga 3 jam) pada siang hari, menjelang malam, atau malam hari? Bila ya, kemungkinan bayi bunda mengalami gejala kolik. Kolik sendiri sebenarnya bukanlah suatu penyakit yang spesifik dan tidak berbahaya. Ia biasa muncul mulai minggu kedua atau ketiga setelah kelahiran dan biasanya mereda dengan sendirinya ketika si kecil berusia 3 atau 4 bulan.

Penyebab munculnya perilaku kolik sendiri belum ditemukan secara pasti, begitu pula cara paling efektif untuk mengatasinya. Akan tetapi, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga agar bayi tetap merasa nyaman sehingga gejala kolik tidak terlalu sering muncul. Bagi bunda yang bayinya menunjukkan gejala perilaku kolik, tips-tips berikut mungkin bisa membantu.

Baca juga: 7 Panduan nutrisi bagi ibu menyusui

Mengatasi bayi kolik

1. Pastikan si kecil tidak kelaparan. Bayi yang masih kecil biasanya tidak minum susu terlalu banyak, namun mudah menjadi lapar setiap 1 hingga 2 jam. Karena itu, pastikan si kecil mendapat cukup susu.

2. Menghisap dapat memiliki efek menangkan bagi bayi. Beberapa bayi bahkan memiliki kecenderungan suka menghisap sejak dalam kandunangan. Karena itu, beri si kecil sesuatu untuk dihisap (sekitar 2 jam sehari), misalnya pacifier (empeng) atau jari yang bersih.

3. Bayi juga bisa ditenangkan dengan digoyang-goyang. Selain itu ia juga bisa tenang ketika bunda bernyanyi dengan lembut, bila diputarkan musik yang tenang, atau diberi suara-suara ritmik seperti suara kipas angin, vacuum cleaner, atau suara boks bayi yang dilengkapi musik. Padukan hal-hal tersebut dengan ekspresi sayang, misalnya sentuhan atau kata-kata yang menenangkan.

Baca juga: Agar balita siap menerima kelahiran adik

4. Pelukan bisa menenagkan si kecil. Ketika dipeluk bayi bisa merasakan detak jantung bunda, sama seperti ketika ia di dalam kandungan. Bunda juga bisa mencoba menerapkan teknik bedong menggunakan selimut bayi. Beberapa penelitian membuktikan bahwa bayi yang dibedong biasanya lebih tenang dan tidur lebih nyenyak. Yang penting, selalu awasi bayi supaya tidak merasa terlalu hangat akibat dibedong.

5. Terkadang, bayi bisa ditenangkan dengan gerakan-gerakan. Cobalah untuk berjalan-jalan sambil menggendong bayi atau menggendong si kecil menggunakan kain gendongan sambil beraktivitas. Cobalah juga untuk membawa bayi berjalan-jalan menggunakan stroller untuk memperbaiki suasana hatinya. Beberapa bayi bisa ditenangkan dengan mengajaknya berjalan-jalan sejenak menggunakan mobil.

6. Bila si kecil menyukai air hangat, bunda bisa memandikannya untuk membuatnya lebih nyaman dan tenang.

Baca juga: 5 Tips mengembangkan kemampuan sosial si kecil

Cobalah cara-cara di atas selama 1 hingga 2 menit sebelum pengaruhnya tampak dan tangisan bayi berkurang. Bila bayi tetap menangis setelah 20 atau 30 menit, cobalah melakukan cara yang sama di tempat yang berbeda. Akan tetapi, terkadang cara-cara di atas tampak tidak berpengaruh sama sekali. Bila hal ini terjadi, tidurkan si kecil sejenak di tempat tidur bayi sambil ditemani ayah atau bunda (sekitar 5 menit) sebelum mencoba menenangkannya kembali. Ayah dan bunda juga bisa meminta bantuan orang-orang terdekat yang berpengalaman bila merasa kesulitan menenangkan si kecil.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru