09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

7 Tips menghindari perut kembung pada ibu hamil

KategoriKehamilan
Di lihat9618 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

penyebab ibu hamil sering kentut

Perut kembung akibat produksi gas berlebih dalam perut dapat lebih sering terjadi pada ibu hamil. Orang dewasa rata-rata dapat mengeluarkan gas hingga 18 kali dalam sehari. Menurut situs WebMd, manusia dewasa dapat memproduksi sebanyak hampir 2 liter gas per hari hasil pencernaan makanan. Gas dalam perut umumnya dikeluarkan dalam bentuk kentut atau sendawa. Jika proses pengeluaran gas bermasalah atau produksi gas berlebih, maka dapat memicu perut kembung.

Baca juga: Bahaya asap rokok bagi balita

Penyebab perut kembung pada ibu hamil

Gas dalam perut muncul sebagai efek samping dari pencernaan makanan normal terjadi pada siapa saja, namun kondisi ini nampanya lebih sering terjadi pada ibu hamil. Para ahli menduga bahwa produksi hormon progesteron yang meningkat selama masa kehamilan menjadi salah satu pemicunya. Hormon progesteron tersebut membuat otot-otot pada tubuh ibu hamil menjadi lebih rileks.

Saat otot-otot pada saluran pencernaan lebih rileks, dampaknya adalah proses pencernaan jadi berlangsung lebih lama, dan hal ini memicu produksi gas menjadi lebih mudah terbentuk sehingga memicu perut kembung, lebih sering kentut, atau bersendawa. Pada kondisi tertentu dimana uterus sudah mulai membesar, dan menekan kebagian ruang celah perut, dan kondisi ini akan memperburuk perut kembung pada ibu hamil.

Tips mengurangi perut kembung saat hamil

Meski dampak dari hormon progesterone terhadap otot-otot organ pencernaan tidak bisa dihindari, ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh ibu hamil untuk mengurangi resiko perut kembung. Diantaranya adalah dengan cara mengurangi konsumsi jenis makanan yang memicu produksi gas berlebih dalam pencernaan. Beberapa jenis makanan tersebut antara lain kacang-kacangan dan biji-bijian.

Baca juga: 6 Alasan kenapa nonton TV si kecil harus dibatasi

Sayangnya beberapa jenis makanan pemicu perut kembung tersebut dari sisi nutrisi justru diperlukan oleh ibu hamil, termasuk juga diantaranya adalah brokoli, kol, dan asparagus. Solusi praktisnya bunda dapat mengatur jenis makanan tersebut untuk momen yang tepat. Tidak masalah kan jika bunda sering buang angin saat dirumah sendiri, yang penting bunda mendapatkan asupan bernutrisi 🙂

Tips lain menghindari perut kembung

  1. Hindari pakaian ketat diarea pinggang dan perut
  2. Hindari atau kurangi jenis minuman yang mengandung karbohindrat
  3. Hindari makanan berlemak yang digoreng
  4. Hindari minum menggunakan sedotan
  5. Biasakan makan dalam porsi kecil namun lebih sering
  6. Batasi jenis makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan
  7. Hindari makan terburu-buru dan kunyah makanan dengan sempurna

Mengunyah makanan dengan sempurna dipercaya mampu menurunkan resiko produksi gas dalam perut penyebab kembung. Kebanyakan gas yang dihasilkan dalam perut dipicu oleh keberadaan bakteri dalam usus besar. Bakteri tersebut mencerna bagian makanan yang tidak dicerna secara sempurna oleh enzim pencernaan dalam lambung.

Perut kembung juga dipicu oleh konstipasi, sehingga sangat disarankan agar ibu hamil mengetahui bagaimana agar terhindar dari konstpasi atau sembelit.

Baca juga: 7 Tips agar si kecil semangat belajar membaca

Tindakan pencegahan

jangan sampai bunda mengurangi porsi dan jenis makana saat bunda hamil dengan alasan untuk menghindari perut kembung. Prioritas pertama ibu hamil adalah mendapatkan asupan nutrisi yang cukup dan berimbang agar kebutuhan nutrisi minimal bunda dan si janin terpenuhi. Perut kembung akibat produksi gas berlebih dalam perut dinilai tidak akan membahayakan ibu hamil dan si janin.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru