09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Ini dia tips mengatasi jerawat selama masa kehamilan

KategoriKehamilan
Di lihat581 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

cara mengatasi jerawat saat hamil

Sebagian ibu hamil mengeluhkan masalah jerawat yang muncul selama menjalani masa kehamilan. Meski penyebabnya belum diketahui secara pasti, namun para ilmuwan menduga produksi sebum, atau minyak berlebih oleh kelenjar minyak pada kulit menjadi pemicu ‘subur’nya jerawat pada beberapa ibu hamil. Para ilmuwan juga percaya produksi minyam berlebih ini terjadi saat hormon-hormon kehamilan diproduksi.

Baca juga: Cara mengatasi mimisan pada anak

Dari kaca mata medis, jerawat pada ibu hamil sama saja dengan jerawat lain yang biasa muncul pada wanita lain yang tidak hamil, dan begitu pula dengan pengendalianya. Berikut adalah saran ahli dalam menangani jerawat khususnya saat bunda hamil, sebagaimana dilansir oleh mayoclinic.org.

Tips mengendalikan jerawat saat hamil

1. Cuci muka secara teratur. Gunakan air hangat dan cleanser yang biasa bunda gunakan untuk mengurangi kadar minyak pada kulit wajah setidaknya 2 kali dalam sehari, yaitu saat pagi dan saat akan tidur. Bunda juga bisa mencuci muka setelah melakukan aktivitas olahraga atau aktivitas lainnya yang membuat bunca cukup berkeringat.

2. Rutin keramas. Terutama jika bunda memiliki jenis rambut berminyak, rutinkan mencuci rambut menggunakan sampo khusus rambut berminyak. Pastikan pula rambut tidak terlalu sering kontak dengan area wajah.

Baca juga: Cara menurunkan demam anak secara alami

3. Hindari menggaruk jerawat. Termasuk juga memijit atau menekan jerawat karena berpotensi menimbulkan bekas luka permanen. Memijit jerawat bisa membuat jerawat luka dan berpotensi terkena infeksi lanjut.

4. Kosmetik yang cocok. Jika bunda menggunakan kosmetik harian, pastikan untuk memilih jenis kosmetik yang tidak berbahan dasar minyak. Bunda dapat memilih jenis kosmetik yang berlabel non-comedogenic dan berpelarut air.

Penanganan jerawat secara medis

Jika kondisi jerawat yang dialami cukup parah sehingga menimbulkan rasa sakit, bunda dapat mempertimbangkan pengobatan secara medis. Beberapa jenis obat dari kelompok antibiotik termasuk erythromycin, clindamycin, dan azalaic acid umum diresepkan dokter untuk mengatasi serangan jerawat yang tidak terkendali.

Perlu diketahui pula bahwa penggunaan obat-obatan, bahkan yang bersifat topical atau obat luar sekalipun, berpotensi masuk kedalam aliran darah dan mempengaruhi si janin. Inilah yang menjadi alasan kenapa sebaiknya ibu hamil selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan jenis obat-obatan tertentu.

Makanan untuk memerangi jerawat

Baca juga: Tanda si kecil mengalami radang tenggorokan

  1. Salmon. Ikan salmon kaya akan kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6, jenis asam lemak tersebut membantu meredakan peradangan dalam tubuh ibu hamil termasuk diantaranya adalah jerawat. Selain salmon, ikan mackerel dan sardines juga direkomendasikan.
  2. Alpukat. Buah yang ketika matang berwarna hijau kekuningan ini kaya akan kandungan vitamin E yang bagus untuk kesehatan kulit. Selain vitamin E, alpukat juga merupakan sumber vitamin C yang bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta mengurangi peradangan pada kulit.
  3. Beras merah. Beras merah telah lama dikenal akan kandungan vitamin B, magnesium, dan antioksidan-nya. Vitamin B mampu menjaga kesehatan kulit, termasuk mencegah pembentukan jerawat dengan cara meregulasi level hormon dalam tubuh bunda.
  4. Brokoli. Makanan super ini, kaya akan kandungan vitamin A, B, C, E, dan K. Kandungan anti oksidan didalamnya membantu tubuh menangkal pengaruh buruk radikal bebas yang salah satunya dapat mengakibatkan kerusakan pada jaringan kulit.
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru