09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Ini dia tips mudah agar si kecil tak mabuk selama perjalanan

KategoriPrilaku
Di lihat781 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Tips agar si kecil tak mabuk perjalanan

Anak-anak terutama dalam rentang usia 2 sampai 12 tahun cendeung lebih mudah mengalami mabuk perjalanan, hal ini diduga karena respon otak si kecil terhadap gerakan lebih sensitif bila dibanding orang dewasa. Mabuk perjalanan dapat dialami baik selama perjalanan darat, laut, dan udara, terutama saat terjadi goncangan yang cukup keras dan berulang. Bahkan pada beberapa orang anak gejala ini dapat di picu oleh permainan ayunan.

Apa sebenarnya yang menyeababkan mabuk perjalanan?

Menurut para ahli, sensasi pusing karena mabuk perjalanan dapat terjadi saat si kecil menerima rangsangan yang berbeda melalui beberapa indra pendeteksi gerakan yaitu mata, telinga bagian dalam, persendian, and sistem syarafnya.

Baca juga: 7 Tips cerdik memilih makanan sehat balita

Misalnya saat si buah hati berada dalam mobil yang bergerak, matanya melihat mainan yang ada didalam mobil, indra mata mereka akan mengirimkan pesan ke otak bahwa posisi mereka sedang diam tak bergerak. Tapi organ lainya termasuk sendi dan telinga bagia dalam yang sensitif dengan gerakan, meyatakan hal sebaliknya, bahwa dia sedang bergerak.

Adanya informasi dari indra-indra yang bertolak belakang inilah yang kemudian memicu perasaan pusing dan ingin muntah. Hal yang sama saat si kecil naik kapal laut atau pesawat terbang terutama saat terjadi turbulensi atau guncangan yang cukup kuat.

Tips agar si kecil tak mabuk perjalanan

Berita gembiranya kebiasaa mabuk perjalanan ini akan berkurang bahkan menghilang seiring dengan bertambahnya usia si kecil. Semakin sering mereka diajak bepergian menggunakan berbagai kendaraan, biasanya daya tahan mereka terhadap sensasi pusing akibat mabuk perjalanan juga akan berkurang. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak mabuk perjalanan si kecil:

Baca juga: 16 Jenis nutrisi penting bagi si kecil

1. Kenali gejala awal. Amati gejala-gejala awal yang biasanya nampak sebelum si buah hati muntah, seperti keringat dingin, merasa mual, dan menolak makan. Jika memungkinkan, upayakan untuk menghentikan kendaraan sebentar untuk beristirahat sejenak sampai pusing si kecil hilang. Biasanya dengan beristirahat gejala-gejala mabuk perjalanan akan menghilang dalam waktu 15 menit.

2. Duduk di kursi depan. Arahkan pandangan si buah hati jauh kedepan. Memandang objek jauh di depan dapat membantu mengurangi gejala mabuk perjalanan karena organ mata memberikan informasi ke otak bahwa ia sedang bergerak, sesuai dengan rangsangan yang diterima organ lainya.

3. Nyalakan AC. Udara dingin dar AC, atau jendela yang dibuka sedikit dapat mengurangi efek mabuk perjalananan. Pastikan pula si kecil tak masuk angin karena terlalu lama terkena angin dari luar mobil.

Baca juga: Cara membuat mainan playdough sendiri

4. Atur waktu bepergian. Cobalah untuk melakukan perjalanan saat jam tidur siang/malam si kecil. Saat mereka tidur, gejala-gejala mabuk perjalanan tidak akan terlalu dirasakan mereka. Mengkonsisikan si buah hati untuk tidur selama perjalanan juga dapat membantu mengurangi effek pusing selama berada dalam perjalanan.

5. Minum obat anti mabuk. Untuk anak dengan usia diatas 2 tahun, obat anti mabuk dapat diberikan jika diperlukan. Ayah bunda dapat memperoleh obat tersebut di apotek terdekat. Jika tidak yakin, konsultasikan dulu dengan dokter. Beberapa efek samping dapat menyertai penguunaan obat anti mabuk, termasuk mulut kering, sembelit, pandangan kabur, dan rasa kantuk berlebih.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru