09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Inilah 4 alasan kenapa si kecil suka mengigit dan cara mengatasinya

KategoriPrilaku
Di lihat1338 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Beberapa alasan kenapa si kecil suka mengigit

Bunda merasa galau saat beberapa orang mengeluhkan si kecil yang suka mengigit? Atau bahkan bunda sering menjadi korban mereka sampai-sampai meninggalkan bekas merah dan deretan gigi mungilnya? Tentu bunda ingin tau, apa yang seharusnya dilakukan agar si buah hati menghilangkan kebiasaan tersebut?

Sebelum berbicara panjang lebar mengenai cara meredam ‘nafsu’ mengigit si kecil, perlu ayah bunda ketahui bahwa aktivitas mengigit adalah bagian normal dari proses tumbuh kembang si kecil yang berusia 1-3 tahun. Mereka dapat mengigit karena berbagai alasan, mulai karena gatal dan sakit gusi saat tumbuh gigi, merasa gemas pada teman bermain, atau hanya sekedar iseng dan ingin melihat reaksi yang digigit.

(Baca juga: Hal yang harus dilakukan saat si kecil digigit binatang)

Alasan kenapa si kecil suka mengigit

Sebagaimana disebutkan sebelumnya bahwa si kecil dapat mengigit karena berbagai alasan. Berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Sedang tumbuh gigi. Saat mereka tumbuh gigi, bagian gusinya mengalami pembengkakan disertai rasa sakit dan gatal. Saat mereka mengigit sesuatu (Termasuk tangan bunda) rasa sakit pada gusinya sedikit berkurang.

2. Sedang mengesplorasi lingkungan. Si kecil yang berusia 1-3 tahun memiliki rasa ingin tahu yang besar. Terkadang mereka menggunakan mulut (dan giginya) untuk meng-eksplor sesuatu, sebagaimana mereka menggunakan tangan mereka. Oleh karenanya jangan kaget jika si kecil sering memasukan sesuatu kedalam mulutnya termasuk mengigit apa yang ada disekitarnya.

3. Cari perhatian. Anak dengan usia diatas 3 tahun dapat mengigit karena ingin mendapatkan perhatian dari orang terdekat. Saat mereka merasa diacuhkah atau saat keinginanya tak dipenuhi, mereka dapat mengespresikan kekesalanya melalui beragam tindakan termasuk diantaranya dengan mengigit.

(Baca juga: 6 Cara meredam sifat agresif si kecil)

4. Penasaran. Adalakanya si kecil mengigit hanya karena penasaran dengan ekspresi teman bermain atau kakaknya yang mereka gigit. Mereka belum mengerti dampak rasa sakit yang ditimbulkan dari gigitan tersebut. Si kecil dapat pula melakukan aksi mengigit saat mereka marah atau frustasi terhadap sesuatu.

Tips agar si kecil tak biasa mengigit

1. Jika si kecil sedang tumbuh gigi, berikan mainan teeter atau kain bersih untuk mereka gigit. Rasa gatal dan sakit pada gusi si kecil akan hilang dengan sendirinya saat gigi mereka sudah tumbuh sempurna.

2. Hindari tindakan yang dapat memprovokasi si kecil. Pastikan semua keperluan termasuk makan dan tidur mereka tercukupi sebelum bermain diluar. Biasakan bunda membawa makanan cemilan untuk mengalihkan perhatian si kecil saat mereka rewel karena lapar.

3. Berikap perhatian yang cukup. Luangkan waktu bersama disaat tertentu agar si buah hati tidak merasa diacuhkan. Perhatian ekstra biasanya diperlukan saat si kecil memiliki adik bayi. Jika si kecil mempunyai reputasi ‘pengigit ulung’, selalu awasi saat ia berada dekat dengan adik bayinya.

(Baca juga: 5 Langkah redakan sakit gusi saat si kecil tumbuh gigi)

4. Ajari cara mengespresikan perasaan dengan benar. Saat mereka menginginkan sesuatu, ajarkan untuk menyampaikan keinginanya melalui ucapan, bukan dengan marah atau mengigit. Terkadang mengalihkan perhatian mereka melalui beragam aktivitas sederhana seperti mengambar, atau bermain dengan binatang peliharaan dapat pula meredam gejolak emosi mereka.

5. Berikan penjelasan. Saat mereka mengigit teman bermain atau bahkan bunda, berikan penjelasan sederhana yang dapat mereka terima bahwa mengigit dapat menyakiti. Pindahkan si kecil ketempat lain dan biarkan dia tenang jika diperlukan.

6. Temui ahli. Jika kebiasaan mengigit berlanjut hingga usia 4-5 tahun atau lebih, ayah bunda perlu waspada karena mungkin dapat berhubungan dengan ketidak-stabilan emosi si kecil. Temui dokter atau psikolog anak untuk mendapatkan penanganan profesional.

Image source: http://seetheorun.com/2010/10/21/my-little-vampire-the-social-biter/

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru