09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Inilah 4 cara agar bentuk kepala bayi bunda sempurna

KategoriBayi
Di lihat19979 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

cara agar bentuk kepala bayi bagus sempurna simetris

Bayi yang baru lahir memiliki tulang kepala yang masih lunak sehingga mudah berubah bentuknya karena lingkungan. Beberapa bayi memiliki bentuk kepala yang tidak biasa karena tekanan ketika melewati jalan lahir pada persalinan. Beberapa berubah bentuk kepalanya setelah kelahiran karena tekanan pada punggung dan kepala ketika berbaring di tempat tidur. Sekalipun bentuk kepala bayi mudah berubah, bunda bisa mencegahnya dengan menghindari membaringkan bayi di permukaan yang datar.

Baca juga: Bolehkah si kecil diberi susu kedelai?

Penyebab berubahnya bentuk kepala bayi

Pada puncak kepala bayi ada 2 bagian lunak yang biasa disebut ubun-ubun. Pada bagian ini tulang tengkorak bayi belum tumbuh dan menyatu sempurna. Bagian yang lembut ini penting untuk memudahkan kepala bayi yang besar untuk melewati jalan lahir yang sempit. Selain itu, ia juga mampu mengakomodasi pertumbuhan otak bayi selama masa bayi. Karena adanya bagian yang lunak ini kepala bayi bisa terbentuk tidak biasa atau miring bila bayi berbaring pada satu posisi kepala sepanjang waktu.

Kondisi ini biasa disebut positional plagiocephaly, yang disebabkan oleh tekanan yang terus menerus pada bagian kepala di awal masa kehidupan si kecil. Bentuk kepala yang tidak biasa dapat diamati secara lebih jelas dari atas, dimana satu sisi kepala bayi akan tampak lebih datar dari sisi lainnya. Tulang pipi pada bagian yang datar akan tampak menonjol dan bagian telinga tampak terdorong ke depan.

Bayi yang menghabiskan sebagian besar waktu berbaring pada tempat tidur bayi, kursi mobil , atau kursi bayi bisa mengalami positional plagiocephaly. Positional plagiocephaly biasanya hilang dengan sendirinya seiring pertumbuhan bayi dimana kontrol kepala dan leher bayi meningkat. Beberapa hal di bawah ini bisa dilakukan untuk membantu membentuk kepala bayi dengan lebih baik.

Baca juga: Probiotik dapat menurunkan resiko alergi si kecil?

Agar bentuk kepada si kecil normal

1. Ubah-ubah posisi bayi ketika berbaring. Bila bayi sedang tidur tidak apa-apa untuk membiarkan posisi kepalanya. Ketika bayi sedang berbaring di tempat tidur bayi dalam keadaan terjaga seringlah mengganti-ganti posisi wajahnya. Alternatif lain, posisikan kepala bayi di dekat kaki tempat tidur, kemudian ganti ke dekat kepala tempat tidur di waktu lainnya. Bunda juga bisa mengganti-ganti tangan yang menyangga tubuh bayi pada setiap waktu menyusui. Bila bayi kembali ke posisi kesukaannya, jangan menyerah dan teruslah mengganti kembali posisi kepalanya.

2. Sering-seringlah menggendong bayi. Menggendong bayi dapat mencegah bentuk kepala yang tidak normal daripada membiarkan si kecil berbaring terus pada tempat tidur atau kursi bayi.

3. Posisikan sikecil tengkurap secara teratur. Ayah bunda dapat merutinkan mereka utuk tengkurap selama beberapa menit saat mereka sedang tidak rewel. Pastikan bayi melakukannya pada permukaan yang kokoh. Membiarkan bayi tidur telungkup bermanfaat untuk menguatkan otot kepala, leher, dan tubuh bagian atasnya.

Baca juga: Sumber zat besi terbaik untuk anak

4. Lakukan hal-hal kratif sehingga bayi akan lebih sering mengganti posisi kepalanya. Misalnya, temani bayi di tempat yang berbeda-beda sehingga ia terdorong untuk menggerakkan kepalanya mengikuti ayah dan benda. Atau, bisa juga dengan menggerakkan sumber suara yang menarik di sekitar si kecil. Pindahkan tempat tidur bayi secara teratur supaya bayi memperoleh pemandangan yang berbeda-beda. Ingatlah juga untuk menghindari penggunaan bantal atau alat-alat tidur yang empuk.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru