09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Inilah 4 perubahan pada tubuh bunda pasca melahirkan

KategoriKehamilan
Di lihat398 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

inilah 4 bentuk perubahan fisik pada tubuh ibu yang baru melahirkan

Mungkin bunda menyadari berbagai perubahan pada tubuh bunda setelah melahirkan. Adalah baik bagi bunda untuk mengenali karakteristik tubuh setelah melahirkan sebelum melakukan program perampingan tubuh pasca melahirkan. Berikut adalah beberapa diantaranya:

Perubahan fisik pasca melahirkan

1. Perut yang semula besar, kini mengecil setelah bayi berhasil keluar bersama plasenta dan cairan ketuban. Akan tetapi, biasanya perut akan telihat buncit dan akan muncul gelambir karena perut, pelvis, dan rahim belum kembali seperti semula setelah membesar selama 9 bulan lamanya. Dan jangan kaget, rambut yang tumbuh pada perut selama kehamilan belum akan hilang dalam waktu singkat.

Baca juga: Cara membuat buah-buahan kering untuk si kecil

2. Bagian payudara akan membesar, lebih penuh, berat, dan hangat. Hal ini karena payudara akan terisi air susu. Rasa berat dan hangat akan berkurang setelah bunda menyusui secara teratur.

3. Biasanya rambut akan rontok lebih banyak daripada biasanya karena perubahan hormon. Wanita yang baru melahirkan rata-rata kehilangan 100 helai rambut dalam sehari, selain itu, akan muncul ruam merah di bagian dagu juga mulut dan kulit akan menjadi lebih kering.

4. Adalah normal bila bunda merasa nyeri didaerah kewanitaan setelah melahirkan. Mengkompresnya dengan air dingin bisa mengurangi rasa sakit tersebut. Selain itu, daerah sensitif tersebut akan mengeluarkan keputihan dan darah.

Menyikapi perubahan fisik setelah hamil

Tidak perlu khawatir dengan perubahan-perubahan di atas. Beberapa perubahan akan hilang dalam hitungan minggu, meski sebagian lainnya bisa bertahan lebih lama. Contohnya, rambut yang rontok adalah normal karena adanya perubahan hormon yang signifikan.

Baca juga: Inilah sumber vitamin D terbaik untuk si kecil

Perubahan hormon selama hamil manyebabkan rambut tidak mengalami siklus hidup sebagaimana biasanya. Setelah melahirkan siklus ini akan dikembalikan sehingga rambut rontok lebih banyak. Gejala ini biasanya mereda setelah kondisi hormonal dalam tubuh bunda seimbang kembali. Sedangkan kulit kering dan ruam bisa hilang dengan perawatan kulit secara teratur.

Perut yang tampak buncit akan berangsur hilang dalam kurang lebih 6 bulan setelah rahim kembali ke ukuran normal seperti sebelum hamil. Namun, bentuk perut yang kendur akan hilang dengan sedikit usaha, yaitu dengan melatih otot perut secara teratur. Karena itu, lakukan olahraga postnatal secara rutin sejak satu minggu setelah melahirkan, kecuali bagi bunda yang mengalami operasi caesar. Mungkin juga akan timbul stretch mark atau selulit dibagian perut, payudara, dan pinggul. Akan tetapi, ia akan berangsur-angsur pudar dan tampak tidak terlalu merah.

Bagian payudara yang membesar biasanya akan bertahan hingga bunda berhenti menyusui, namun payudara yang kendur bisa diatasi dengan menggunakan bra yang tepat dan melakukan olahraga untuk melatih otot pektoral (otot penyangga payudara). Payudara yang kendur biasanya terjadi pada bunda yang tidak menyusui atau yang sudah berhenti menyusui. Melatih otot pektoral penting karena payudara tidak akan bisa kembali ke bentuk semula tanpa perlakuan/latihan khusus. Gunakan bra yang tepat untuk melindungi dan menyangga payudara.

Baca juga: Manfaat sehat buah mangga untuk si kecil

Yang terpenting, cintai bentuk tubuh bunda yang baru. Berilah waktu bagi diri dan tubuh bunda untuk pulih seperti sebelum hamil. Selalu jaga kesehatan tubuh dan jangan lupa berolahraga secara teratur.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru