09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Inilah 5 gejala umum saat si kecil mengalami radang tenggorokan

KategoriKesehatan
Di lihat4817 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Cara mengbati radang tenggorokan pada anak balita

Saat cuaca tak menentu atau saat masa pancaroba datang, biasanya banyak anak-anak yang mengalami gangguan kesehatan termasuk diantaranya radang tenggorokan. Gangguan kesehatan yang satu ini tak hanya menyerang si buah hati, ayah bunda pun dapat mengalaminya meski lebih jarang.

Radang tenggorokan dapat terjadi saat bakteri dari kelompok streptokokus atau virus menginfeksi serta menyebabkan peradangan di daerah tenggorokan dan sekitarnya. Menurut situs Wikipedia, hampir 80 persen kasus radang tenggorokan pada anak-anak disebabkan oleh virus.

(Baca juga: Cara tepat menangani luka memar pada anak)

Gejala yang disebabkan serangan bakteri pada umumnya menimbulkan gejala yang lebih parah jika dibandingkan radang tenggorokan karena infeksi virus. Tanda-tanda radang tenggorokan biasanya mulai nampak dalam satu sampai empat hari setelah si buah hati terpapar sumber penyakit.

Gejala yang sering muncul saat si kecil terkena radang tenggorokan

1. Pangkal tenggorokan memerah. Saat si kecil diminta membuka lebar mulutnya, akan nampak warna lebih merah dibagian pangkal tenggorokanya. Kondisi tersebut menandakan adanya peradangan di daerah tersebut. Bercak-bercak putih pada tenggorokan biasanya muncul jika radang ini disebabkan oleh bakteri.

2. Sakit saat menelan. Karena dinding tenggorokan mengalami peradangan maka saat si kecil menelan baik dengan atau tanpa makanan, mereka akan mengeluhkan rasa sakit.

3. Pembengkakan tonsil. Efek lain dari peradangan adalah membengkaknya bagian tonsil. Orang awam selain dokter mungkin susah untuk mengidentifikasi gejala ini karena tidak terbiasa melihat perbedaan tonsil bengkak dengan yang tidak.

(Baca juga: 9 Cara sederhana melatih kemampuan motorik si kecil)

4. Demam. Demam tinggi yang mencapai suhu 38.3oC atau lebih sering muncul saat si kecil terserang bakteri penyebab radang tenggorokan. Demam dengan suhu lebih rendah dapat muncul saat si kecil terserang virus.

5. Pembengkakan kelenjar getah bening. Salah satu tanda tubuh si kecil sedang mengalami infeksi termasuk infeksi penyebab radang tenggorokan adalah membengkaknya kelenjar getah bening dibagian pangkal atas leher.

Radang tenggorokan yang disebabkan bakteri terkadang menimbulkan gejala-gejala lain seperti sakit kepala, muntah, sakit perut, serta bercak merah pada kulit akibat infeksi bakteri yang telah menyebar ke bagian kulit.

Cara mengobati radang tenggorokan pada anak balita

Radang tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi virus biasanya hanya memerlukan istirahat yang cukup dan asupan nutrisi yang baik. Memberbanyak asupan cairan terutama air putih juga sering dianjurkan oleh dokter. Pada kondisi tertentu dokter bisa meresepkan obat penurun panas untuk meredakan demamnya.

(Baca juga: 7 Cara agar si kecil semangat belajar membaca)

Jika hasil diagnosa dokt mengatakan radang tenggorokan si kecil disebabkan infeksi bakteri, biasanya dokter akan meresepkan obat antibiotik. Perlu ayah bunda ketahui, pemberian obat termasuk antibiotikĀ  pada si kecil dilakukan dengan ekstra hati-hati dan dalam pengawasan dokter.

Kapan harus mengunjugi dokter?

Umumnya radang tenggorokan yang disebabkan virus dapat disembuhkan dengan perawatan dirumah, namun ada kalanya ayah bunda harus membawa si kecil ke dokter untuk mendapatkan diagnosa dan penanganan medis lanjut terutama jika si kecil mengalami suhu 38.3oC yang terus bertahan selama 1-2 hari, tidak mau makan, lemas, dan munculnya bercak merah di kulit.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru