09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Inilah 5 kondisi penyebab nafas tak sedap pada balita ayah bunda

KategoriKesehatan
Di lihat9270 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Penyebab nafas tak sedap pada anak balita

Jika ayah bunda mendapati nafas si kecil berbau tak sedap, jangan panik dulu, teliti kebiasaan si kecil dan amati gejala-gejala yang mungkin menyertai kondisinya. Menurut para ahli, kondisi nafas tak sedap tak hanya menyerang terjadi pada orang dewasa. Disebabkan oleh beberapa hal, si kecil pun dapat mengalami kondisi ini.

Mayoritas penyebab kondisi nafas bau pada si buah hati disebabkan karena minimnya perawatan kebersihan mulut dan gigi mereka. Pada beberapa kasus lain, kodisi ini dapat dipicu oleh infeksi pada bagian mulut dan gigi mereka. Berikut adalah lima hal yang umum memicu nafas tak sedap pada si buah hati.

(Baca juga: Gejala infeksi saluran kencing pada balita)

Penyebab nafas tak sedap pada anak balita

1. Kurang menjaga kebersihan gigi dan mulut. Sisa makanan yang menyangkut di sela-sela gigi harus segera dibersihkan, jika tidak, sisa makanan tersebut akan diurai bakteri dan memicu nafas tak sedap. Para ahli kesehatan gigi merekomendasikan ayah bunda untuk membiasakan si kecil menggosok minimal gigi dua kali dalam sehari.

2. Menghisap jari atau menggigit ujung selimut. Kebiasaan menghisap jari atau mengigit-gigit ujung selimut ternyata dapat memicu timbulnya nafas tak sedap pada si kecil. Tangan yang dihisap atau benda-benda lain yang masuk mulut besar kemungkinan tidak bersih dan mengandung bakteri yang ketika masuk mulut dapat memicu nafas tak sedap.

(Baca juga: 8 Tanda si buah hati mengalami infeksi telinga)

3. Infeksi di bagian mulut dan tenggorokan. Jika si kecil mengalami infeksi pada bagian mulut atau tenggorokan, nafas tak sedap dapat muncul dan tidak akan hilang hanya dengan menggosok gigi. Infeksi yang disebabkan bakteri atau virus biasanya menyerang bagian tonsil. Kondisi lain seperti bronhitis dan infeksi sinus juga dapat memicu nafas tak sedap pada si buah hati.

4. Mengidap penyakit tertentu. Dalam beberapa kasus khusus, kondisi bau mulut berhubungan dengan kondisi medis atau penyakit yang diidap si kecil. Diabetes adalah salah satu penyakit yang dapat memicu nafas tak sedap.

5. Mengalami dehidrasi. Dehidrasi atau kekurangan cairan dapat terjadi saat si kecil kurang minum. Pastikan ayah bunda memberikan cukup cairan setiap harinya. Biasakan si kecil untuk minum cukup terutama air putih setiap harinya.

Kapan harus berkonsultasi dengan dokter?

Biasakan si buah hati untuk merawat dan membersihkan gigi dan mulutnya melalui gosok gigi setidaknya dua kali sehari saat akan pergi tidur dan bangun pagi. Jika si kecil masih bernafas tak sedap, amati apakah si buah hati suka menghisap jari atau mengigit benda kesayanganya? Sedikit demi sedikit alihkan perhatian mereka agar tak menghisap jari.

(Baca juga: Cara merawat si kecil yang terkena flu)

Jika nafas tak sedap masih membandel apalagi disertai dengan kondisi medis lain seperti demam, hidung meler, atau si kecil jadi lebih rewel, segera temui dokter anak terdekat untuk mendapatkan diagnosa dan penanganan medis lebih lanjut.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru