09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Inilah 5 masalah makan pada anak balita dan cara mengatasinya

KategoriPrilaku
Di lihat563 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

cara mengatasi anak yang susah makan

Saat si kecil mulai dikenalkan dengan makanan semi padat atau padat, mereka akan mengenal berbagai rasa dan tekstur ragam jenis makanan. Biasanya mulai usia ini permasalahan yang menyangkut aktivitas makan si kecil juga mulai muncul.

Masalah-masalah tersebut biasanya muncul karena adalanya proses peralihan dari makanan lunak atau halus yang diberikan saat mereka bayi menjadi bentuk semi padat sampai makanan padat. Saat mereka diberikan makanan padat, berarti si kecil harus sudah mulai mengunyah berbagai jenis dan tekstur makanan, dan terkadang hal ini membuat mereka jadi malas makan.

(Baca juga: 5 Masalah gizi yang sering terjadi pada anak balita)

Menurut seorang akli gizi, Ayu Bulan Febry K.D, S.KM, masalah makan di usia balita dapat muncul karena penurunan nafsu makan, disamping si kecil sudah mulai bisa menyukai jenis makanan tertentu. Berikut adalah lima jenis masalah makan yang biasa pada anak balita.

Macam masalah makan pada balita

1. Pilih-pilih makanan (Picky eater)

Kebiasaan pilih-pilih makanan pada anak balita dapat terjadi karena beberapa sebab diantaranya, mulai berkembangnya selera makan si kecil sehingga dia bisa menyukai beberapa jenis makanan dan pada saat yang sama tidak menyukai jenis makanan yang lain, bosan dengan hidangan yang kurang variatif, dan bisa juga karena kebiasana keluarga. Saat ayah bunda suka pilih-pilih makanan, hal itu dapat ditiru si kecil.

Untuk mengatasinya, cobalah ayah bunda menciptakan suasana makan yang menyenangkan, misalnya bersama keluarga, sambil mengajak si kecil bermain di luar, atau bersama teman-temanya. Buatlah menu makanan bervariasi dan kenalkan si kecil dengan beragam jenis makanan sedini mungkin. Yang tidak kalah pentingnya adalah berikan contoh bahwa ayah bunda juga tidak pilih-pilih soal makanan.

(Baca juga: 5 Makanan ajaib peningkat sistem kekebalan tubuh)

2. Mengemut makanan

Adakalanya si kecil mengemut atau tidak mengunyak makanan yang diberikan. Satu sendok makanan yang disuapkan bunda bisa bertahan sangat lama di mulutnya. Hal yang dapat memicu tindakan ini diantaranya si kecil terlambat dikenalkan dengan makanan padat, si kecil sedang sariawan, atau sudah merasa kenyang.

Dalam hal mengenalkan makanan padat, para ahli pertumbuhan anak merekomendasikan agar si kecil mulai dikenalkan dengan makanan semi padat dan padat saat usia mereka menginjak 6 bulan. Berikan secara bertahap sesuai dengan tekstur makanan yang bisa mereka terima. Sajikan beragam makanan baik dalam makan besar atau cemilan untuk memastikan kecukupan nutrisi harianya, dan cek apakah porsi makan si kecil tidak kebanyakan.

3. Susah makan atau makan hanya sedikit

Susah makan sering kali terjadi pada anak balita, beberapa menyebabnya adalah, ayah bunda mungkin terlalu banyak memberikan susu atau cemilan diantara waktu makan besar sehingga saat datang waktu makan si kecil masih merasa kenyang. Susah makan mungkin juga disebabkan karena orang tua kurang bisa memahami ego anak. Terkadang perlu bujukan dan kesabaran untuk memasukan makanan kedapam mulut si kecil.

Solusinya jangan paksa si kecil untuk makan jika mereka menolak karena dapat menimbulkan trauma. Cari tau kenapa mereka sedikit makan jangan-jangan karena sebelumnya bunda memberikancemilan atau susu terlalu banyak.

(Baca juga: 7 Jenis sayuran terbaik untuk bahan jus)

4. Menolak makan atau membuang makanan

Ketika si kecil memakan jenis makanan yang masih asing di lidah, atau bosan dengan makanan yang itu-itu saja, mereka dapat menolak makanan yang diberikan. Saat mereka mencari perhatian atau marah pada yang menyuapi juga dapat di tunjukan dengan menolak atau membuang makanan yang sudah ada dimulutnya.

Cara mengatasinya adalah: kenalkan jenis makanan baru secara bertahap, berikan alternatif makanan jika mereka membuang makanan yang diberikan, dan libatkan mereka untuk menentukan menu makanannya jika memungkinkan. Berikan si kecil makan sambil diajak berkomunikasi, gali kondisi emosinya jika bunda mendeteksi adanya masalah.

5. Tidak suka makan sayur

Si kecil dapat menolak sayur jika menurutnya kurang enak dibanding dengan lauk hewani atau buah. Mereka juga dapat menolak sayur jika baru mengenal rasa dan teksturnya. Agar mereka mau makan sayur, jelaskan sesuai dengan pemahamanya tentang pentingnya mengkonsumsi sayur. Ada baiknya jika bunda mengenalkan berbagai jenis sayur sedini mungkin. Buatlah masakan sayur menjadi lebih bervariasi, dan berikan contoh saat makan keluarga.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru