09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Inilah 6 jenis makanan sehat untuk ibu hamil

KategoriKehamilan
Di lihat3670 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

berikut adalah 6 jenis makanan super bagi ibu hamil

Saat bunda dinyatakan positif hamil, kini saatnya untuk berfikir dua-tiga kali setiap saat bunda memilih jenis makanan. Hati-hati, semua makanan yang bunda konsumsi sekarang akan dibagi dengan si bakal janin. Oleh karenanya memilih makanan sehat dengan nutrisi yang cukup dan berimbang sangat direkomendasikan oleh para ahli kandungan.

Mengetahui daftar makanan sehat untuk ibu hamil bukan berarti bunda harus makan semua yang ada dalam daftar tersebut, bunda dapat memilih jenis mana yang paling bunda sukai. Pastikan agar jenis makanan yang bunda konsumsi selama masa kehamilan mengandung semua nutrisi termasuk vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan optimal si janin dalam rahim bunda.

Baca juga: Tips aman saat si kecil diluar rumah

Makanan sehat untuk mereka yang hamil

Berikut adalah enam jenis makanan yang direkomendasikan para ahli nutrisi, spesial untuk ibu hamil.

1. Telur

Dalam satu butir telur terkandung banyak protein yang sangat diperlukan ibu hamil dan si janin agar bisa tumbuh optimal. Selain kaya akan protein, telur juga dilengkapi dengan 12 jenis vitamin dan mineral. Kandungan kolinnya berperan penting dalam perkembangan organ otak serta mampu menurunkan resiko terjadinya cacat pada system syaraf belakang.

Telur memang mengandung kolesterol, namun jangan khawatir, ibu hamil dengan kadar kolesterol darah normal bisa mengkonsumsi 1-2 butir telur dalam sehari. Khusus ibu hamil dengan kolesterol darah tinggi, batasi konsumsi telur hanya pada putihnya saja.

2. Ikan salmon

Jenis ikan yang satu ini telah lama digadang-gadang akan kandungan asam lemak omega-3-nya yang tinggi. Asam lemak omega-3 telah terbukti secara ilmiah berperan penting dalam pertumbuhan janin dalam rahim. Dibandingkan jenis ikan laut lainnya, ikan salmon cenderung memiliki resiko tercemar merkuri lebih kecil. Logam merkuri diketahui sangat berbahaya bagi perkembangan sistem syaraf si kecil.

Baca juga: Tips mengasah kecerdasan balita

3. Kacang-kacangan

Beragam jenis kacang-kacangan seperti kacang merah dan kacang hitam, merupakan beberapa jenis makanan sehat untuk ibu hamil. Kelompok makanan tersebut kaya akan serat yang diperukan ibu hamil untuk menjaga kesehatan pencernaanya. Kacang-kacangan juga merupakan salah satu sumber protein nabati terbaik, disamping mengandung kalsium, unsur zinc, folat dan zat besi.

4. Ubi jalar

Jenis ubi jalar yang berwarna oranye kaya akan karotenoid, yaitu zat warna yang didalam tubuh akan dirubah menjadi vitamin A. Berbeda dengan sumber vitamin A lainnya, pasokan vitamin A dari ubi jalar akan dikonversi tubuh sesuai kebutuhan, sehingga ibu hamil tidak dilarang mengkonsumsi banyak ubi jalar.

Sama halnya dengan kacang-kacangan, ubi jalar juga kaya akan serat, ditambah lagi dengan kandungan vitamin C dan folat. Kelebihan lain dari ubi jalar ini mudah didapat, harganya murah, dan bisa dikreasikan menjadi beragam makanan sehat untuk ibu hamil.

5. Sayuran berdaun hijau gelap

Termasuk diantaranya adalah bayam, kale, dan brokoli. Jenis sayuran ini memiliki kandungan folat, vitamin A, C, dan K yang tinggi. Disamping enak untuk dimasak sebagai sayur pendamping nasi, manfaat sehat sayuran ini dapat pula diperoleh dengan menjadikanya sebagai bahan jus.

Baca juga: Tips memilih pakaian untuk si kecil

6. Daging rendah lemak

Daging rendah lemak, khususnya danging sapi yang kaya akan zat besi, bagus untuk ibu hamil. Zat besi dalam daging sapi dikategorikan sebagai sumber zat besi terbaik bagi ibu hamil. Dibandingkan dengan sumber lainya, zat besi dari sapi lebih mudah di serap tubuh. Saat ibu hamil mengkonsumsi jenis daging-dagingan ini, pastikan memasaknya dengan sempurna untuk menghindari keracunan bakteri atau jenis kuman lainya.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru