09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Inilah 6 jenis makanan terlarang bagi ibu hamil

KategoriKehamilan
Di lihat1634 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

jenis makanan terlarang bagi ibu hamil

Mendapatkan nutrisi yang cukup dan berimbang setiap hari adalah saran dari para ahli yang harus diikuti agar kebutuhan gizi baik ibu hamil dan si janin terpenuhi. Makanan yang dikonsumsi harus mengandung unsur protein, karbohidrat, lemak, termasuk beragam vitamin dan mineral untuk pertumbuhan optimal si bakal buah hati.

Baca juga: 4 Tips agar si kecil jadi penurut

Pakar nutrisi berpendapat hampir semua jenis makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari, aman pula dikonsumsi ibu hamil. Meski demikian, ada beberapa jenis bahan makanan yang sangat tidak direkomendasikan bahkan sebagian lagi tidak diperbolehkan dikonsumsi ibu hamil. Berikut adalah beberapa diantaranya.

Makanan ini tidak cocok untuk ibu hamil

1. Daging mentah. Termasuk didalamnya adalah daging ikan dan ayam, tidak direkomendasikan bagi ibu yang sedang hamil. Daging mentah atau setengah matang berpotensi tercemar beberapa jenis bakteri seperti E. coli, serta kuman sumber penyakit seperti toxoplasma, penyebab penyakit toxoplasmosis, serta salmonella. Saat ibu hamil memakan daging, pastikan mereka memakan danging yang sudah dimasak sempurna.

2. Kerang mentah. Mayoritas kasus keracunan kerang terjadi saat seseorang mengkonsumsi kerang mentah atau setengah matang yang sudah tercemar bakteri berbahaya. Memasak kerang dengan sempurna adalah tindakan yang direkomendasikan untuk menghilangkan resiko keracunan makanan.

Baca juga: 6 Tips parenting bagi ayah bunda

3. Telur mentah. Termasuk juga telur setengah matang, harus dihindari oleh ibu hamil karena berpotensi terkontaminasi salmonella. Beberapa jenis bahan makanan seperti es krim, atau mayones buatan bisa saja mengandung telur mentah. Sama halnya dengan kerang dan daging mentah, memasak dengan kematangan sempurna adalah cara efektif untuk mengeleminasi resiko kontataminasi salmonella pada telur.

4. Susu sapi mentah. Susu sapi yang belum dimasak atau belum dipasteurisasi berpotensi mengandung listeria, satu jenis bakteri yang berbahaya bagi ibu hamil karena dapat memicu terjadinya keguguran. Bakteri jenis ini mampu berpindah dari tubuh ibu hamil ke janin melalui plasenta. Jika tidak ditangani dengan cepat, kondisi ini dapat mengakibatkan keracunan pada janin.

5. Makanan dan minuman berkafein. Termasuk didalamnya adalah kopi, minuman energi, coklat, serta beberapa jenis obat yang mengandung kafein sebagai salah satu komponennya. Meski beberapa penelitian menunjukan adanya angka toleransi konsumsi kafein oleh ibu hamil, sebagian penelitian menunjukan adanya hubungan antara konsumsi kafein dosis tinggi dengan keguguran. Para ahli merekomendasikan ibu hamil untuk menghindari makanan dan minuman berkafein setidaknya ditrimester pertama.

Baca juga: Tips seputar membesarkan balita cerdas

6. Sayuran yang belum dicuci. Selain berpotensi terinfeksi kuman sumber penyakit, sayuran dan buah-buahan yang belum dicuci beresiko mengandung pestisida. Bahan pestisida yang masuk kedalam tubuh ibu hamil dapat mencapai si janin dan kondisi ini jelas dapat membahayakan calon buah hati. Saat bunda membeli buah-buahan, pastikan untuk mencucinya dalam air mengalir dan mengupasnya. Pastikan peralatan yang digunakan juga bersih.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru