09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Inilah 6 jenis suplemen penting untuk ibu hamil

KategoriKehamilan
Di lihat3414 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

jenis suplemen yang diperlukan ibu hamil

Biasanya, asupan nutrisi bisa didapat dari menu makanan bunda sehari-hari. Namun, pada masa kehamilan dan menyusui kebutuhan tubuh akan nutrisi meningkat sehingga bunda mungkin perlu mengkonsumsi suplemen. Jangan lupa menghubungi dokter sebelum mengkonsumsi suplemen tertentu, karena jenis atau dosis suplemen yang salah selama masa kehamilan bisa membahayakan bunda dan janin.

Baca juga: 7 Tips seputar nutrisi bagi ibu menyusui

Selain itu, perhatikan juga bahwa suplemen hanyalah pelengkap dan bukan merupakan pengganti nutrisi yang didapat dari makanan. Karenanya,  bunda harus tertap memperhatikan asupan nutrisi makanan yang cukup dan seimbang selama masa kehamilan. Berikut adalah beberapa nutrisi yang sangat diperlukan ibu hamil.

Suplemen untuk ibu hamil

1. Asam folat. Folat bermanfaat untuk membantu produksi darah dan protein, mendukung perkembangan syaraf anak, mendukung kerja berbagai enzim, dan secara umum diyakini dapat menghindari cacat lahir pada janin. Wanita dianjurkan mengkonsumsi suplemen asam folat paling tidak 1 bulan sebelum masa kehamilan dan selama masa kehamilan (terutama 3 bulan pertama).

2. Vitamin B12. Vitamin B12 bermanfaat dalam pembentukan sistem syaraf pusat dan sel darah merah pada si janin. Ibu hamil membutuhkan setidaknya 2,6 mcg vitamin B12 setiap harinya. Biasanya, kebutuhan vitamin B12 selama kehamilan dapat tercukupi dari menu makanan sehari-hari. Akan tetapi, pada ibu yang vegetarian kebutuhan vitamin B12 mungkin sulit dipenuhi dari makanan sehari-hari, sehingga bunda membutuhkan suplemen. Untuk itu, hubungi dokter untuk memperoleh saran mengenai penggunaan suplemen yang tepat.

Baca juga: Jenis makanan kaya yodium untuk bunda menyusui

3. Zat besi. Zat besi penting untuk pembentukan dan kinerja sel darah merah yang perperan kritis dalam mendistribusikan oksigen. Wanita hamil yang trendah konsumsi zat besinya memiliki resiko melahirkan bayi yang juga memiliki level zat besi yang rendah dalam tubuhnya. Sebagian besar ibu hamil dan menyusui dapat memperoleh zat besi yang cukup dari menu makanan sehari-hari. Namun, bila bunda adalah vegetarian atau sedang mengandung bayi kembar, resiko kekurangan zat besi mungkin meningkat. Karenanya, mintalah saran ahli untuk penggunaan suplemen zat besi.

4. Yodium. Kekurangan yodium bisa menyebabkan hipotiroidisme. Kekurangan yodium biasanya terjadi karena bunda menurunkan konsumsi garam atau makanan laut karena takut akan bahaya merkuri bagi janin. Bila bunda tinggal di daerah dengan angka defisiensi yodium yang tinggi, bunda diajurkan mengkonsumsi suplemen yodium.

5. Kalsium. Kebutuhan bunda akan kalsium selama kehamilan biasanya akan tercukupi dari konsumsi menu makanan sehari-hari (bila tidak ada defisiensi vitamin D). Bila bunda tidak dapat mengkonsumsi susu dan produknya, mungkin karena mengalami intoleransi laktosa, bunda dianjurkan mengkonsumsi kalsium sebanyak 1200 mg setiap harinya.

Baca juga: 4 Tips menstimulasi kecerdasan bayi

6. Multivitamin. Beberapa wanita hamil membutuhkan asupan multivitamin yang lebih banyak. Biasanya, mereka adalah wanita hamil yang vegetarian, wanita hamil yang masih remaja, wanita hamil yang memiliki masalah penyalahgunaan obat-obatan, penggunaan nikotin dan alkohol, serta wanita hamil yang memiliki masalah obesitas sehingga harus membatasi asupan makanannya.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru