09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Inilah 6 kondisi pemicu sakit perut pada anak bayi

KategoriBayi
Di lihat1754 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

inilah penyebab umum sakit perut pada bayi

Saat bayi mengalami sakitĀ  dibagian perut, biasanya mereka akan lebih sering menangis atau menunjukan ketidaknyamanan terutama sesaat setelah mereka makan atau minum ASI. Saat ayah bunda mendapati si kecil nampak lebih rewel dari biasanya, teliti apakah nampak gejala gangguan kesehatan lain seperti demam, diare, atau muntah pada si buah hati. Jika iya, segera bawa ke dokter agar si kecil mendapat pemeriksaan lebih lanjut.

Baca juga: 9 Cara melatih kecerdasan si kecil

Karena bayi belum bisa berkomunikasi menyampaikan keluhan yang ia rasakan, pemeriksaan medis oleh ahli kesehatan anak menjadi penting untuk dilakukan. Dokter akan memeriksa tanda-tanda fisik sebelum menyimpulkan kondisi si kecil.

Penyebab utama sakit perut pada bayi

1. Produksi gas berlebih. Kondisi ini umum terjadi pada bayi dengan usia 3 bulan kebawah, hal ini terjadi karena sistem pencernaan mereka masih dalam tahap perkembangan sehingga gangguan pencernaan umum terjadi. Kondisi ini juga sering ditemui pada bayi dengan usia antara 6-12 bulan, saat sistem pencernaan mereka mulai berkenalan dengan beragam jenis makanan tertentu yang memicu produksi gas berlebih. Gas yang ada dalam perut dapat menyebabkan rasa sakit atau tidak nyaman.

2. Konstipasi atau sembelit. Sama halnya dengan ayah bunda, sensasi mulas dan sakit perut sering muncul saat si kecil mengalami sembelit. Bayi yang mulai mengkonsumsi makanan padat cenderung lebih rentan untuk mengalami sembelit. Jika si kecil puup lebih jarang dari biasanya dan nampak kotoranya berupa butiran keras, bisa dipastikan mereka mengalami sembelit.

Baca juga: Tips menangani luka memar pada anak

3. Muntah. Sensasi sakit dibagian perut dan dada dapat muncul saat cairan dalam lambung si kecil naik kembali ke kerongkongan. Hal ini sering terjadi pada bayi karena katup yang menghubungkan antara lambung dan kerongkongan si kecil belum bekerja secara sempurna. Saat mereka mengalami kondisi ini, ASI atau makanan yang sudah bercampur dengan asam lambung akan bergerak kearah kerongkongan dan menimbulkan sensasi sakit.

4. Alergi makanan. Pada beberapa kondisi, alergi pada bayi yang disebabkan oleh makanan dapat memicu gejala-gejala seperti diare, muntah, dan sakit dibagian perut. Jika kondisi tadi disertai dengan nampaknya bercak darah pada kotoran si kecil atau kulit mereka nampak memerah, terutama setelah mengkonsumsi makanan tertentu untuk pertama kalinya, ada kemungkinan si buah hati mengalami alergi makanan.

5. Infeksi. Sebagian ahli berpendapat bahwa flu dan pilek dapat memicu sakit perut pada bayi. Hal ini disebabkan karena produksi lendir berlebih yang terjadi dibagian sistem pernafasan bagian atas turun ke bagian pencernaan melalui tenggorokan dan mengiritasi bagian lambung. Jenis infeksi lain seperti infeksi saluran kencing atau infeksi telinga bagian dalam juga berpotensi menimbulkan sakit dibagian perut bayi.

Baca juga: Tips merawat luka gigitan binatang pada si kecil

6. Keracunan makanan. Jika si kecil secara tidak sengaja memakan benda beracun seperti obat-obatan ayah bunda, jenis tanaman tertentu, atau bahan kimia disekitar rumah, hal ini dapat memicu gejala sakit dibagian perut mereka. Segera bawa mereka ke rumah sakit untuk ditangani oleh dokter ahli.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru