09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Inilah 6 rekomendasi dari ahli agar si kecil tidak gampang sakit

KategoriKesehatan
Di lihat1449 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

tips menjaga kesehatan si kecil

Dibanding orang dewasa, si kecil lebih cenderung gampang terserang penyakit. Hal ini disebabkan sistem kekebalan tubuh mereka belum terlatih sempurna. Seiring dengan bertambahnya usia, sistem imunitasnya akan berkembang sebagaimana orang dewasa sehingga lebih tahan terhadap serangan penyakit.

Saat ayah bunda menjaga si kecil agar tidak terserang penyakit, bukan berarti si kecil harus tinggal di dalam rumah terus. Sistem kekebalan tubuh mereka harus di aktivasi dan dilatih, salah satunya dengan memberikan kesempatan pada tubuhnya untuk berinteraksi dengan lingkunganya. Jadi kalau si buah hati bermain debu atau kotor-kotoran sedikit, tidak apa-apa hanya setelahnya pastikan si kecil membersihkan dirinya.

Anak yang terlalu diproteksi dalam rumah justru cenderung lebih mudah sakit karena sistem kekebalan mereka tidak pernah berlatih menghadapi dunia luar. Agar si kecil terhindar dari serangan penyakit berbahaya tanpa harus mengekang aktifitasnya, berikut adalah saran-saran dari ahli kesehatan untuk ayah bunda.

Tips agar anak tidak gampang sakit

1. Mencuci tangan. Ajari dan biasakan si kecil mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, setelah bermain di luar, dan setelah memegang binatang peliharaan. Ajari mereka cara mencuci tangan yang benar menggunakan sabun. Jaga kebersihan tubuh mereka dengan membiasakan mandi minimal dua kali sehari, saat pagi dan sore.

2. Asupan nurtisi bergizi. Tidak bisa dipungkiri bahwa asupan nutrisi yang cukup, lengkap, dan berimbang sangat diperlukan mereka, bukan hanya sekedar untuk memacu perkembangan dan pertumbuhan mereka, namun juga agar daya tahan tubuh mereka tetap terjaga sehingga mampu menahan serangan penyakit dari luar.

3. Pakailah masker. Jika ada anggota keluarga atau teman bermain si kecil yang sedang sakit flu, biasakan si kecil untuk menggunakan masker untuk menurunkan resiko tertular. Membiasakan si kecil menggunakan masker mungkin tidak mudah karena dirasa kurang nyaman dan membatasi aktifitas mereka. Berikan penjelasan logis dan sederhana kenapa harus mengenakan masker.

4. Cukup waktu tidur. Salah satu peran tidur adalah memberikan waktu pada tubuh untuk mengembalikan staminanya setelah seharian berakifitas, termasuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap aktif. Banyak anak yang jatuh sakit atau tertular flu karena kurang istirahat. Pastikan si kecil mendapatkan jam tidur yang cukup sesuai dengan tahapan usia perkembangannya.

5. Istirahat jika sedang sakit. Jika si kecil terserang penyakit semisal flu atau batuk, kondisikan agar mereka mengurangi aktifitas bermain dan memperbanyak istirahat disamping mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Berikan jus buah atau sayur untuk mempercepat masa penyembuhan mereka.

6. Ajarkan untuk aktif bergerak. Aktif bergerak termasuk berolahraga dapat memicu laju metabolisme agar selalu berada pada keadaan optimal. Berolahraga adalah salah satu alternatif mudah untuk menjaga agar sistem kekebalan tubuh tetap berada pada kondisi puncak.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru