09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Inilah 7 Bahan alami untuk meredakan ragam sakit si buah hati

KategoriKesehatan
Di lihat1783 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Manfaat 7 jenis bahan alami untuk menyembuhkan si kecil

Si kecil cenderung lebih gampang terkena penyakit ringan seperti demam, batuk, pilek, diare, dan sembelit bila dibanding orang dewasa. Saat masa pertumbuhan, sistem kekebalan tubuh mereka juga masih dalam proses menuju sempurna dan hal inilah yang menyebabkan si kecil cenderung lebih rentan terhadap serangan si kuman nakal.

Baca juga: Penyebab infeksi saluran kencing pada anak

Beberapa gejala penyakit ringan, dapat diredakan dengan perawatan dirumah dan pemberian bahan-bahan alami. Pengetahuan ini sebenarnya telah menjadi bagian dari kearifan orang tua kita dulu yang telah lama membuktikan keampuhan bahan-bahan alami tersebut. Dewasa ini bentuk kearifan tersebut beberapa telah diuji kebenaranya melalui beragam penelitian oleh para ahli. Berikut adalah 10 bahan alami disekitar kita beserta manfaatnya bagi si buah hati:

1. Kombinasi madu dan lemon untuk redakan radang tenggorokan. Menurut seorang pakar kesehatan dari Universitas Arizona, Amerika Serikat, yang bernama Lane Jhonson, kombinasi lemon dan madu mampu meredakan gejala-gejala radang tenggorokan termasuk pada anak balita. Hasil sebuah penelitian lain bahkan menunjukan satu sendok madu efektif meredakan gejala batuk ringan. Campurkan masing-masing 1 sendok makan madu dan air lemon kedalam gelas, kemudian hangatkan dalam wajan berisi air panas. Berikan balita bunda 1 sendok makan campuran 2-3 kali sehari.

2. Baking soda untuk redakan gatal akibat gigitan serangga. Kondisi basa dari baking soda dipercaya mampu menetralisir gatal-gatal yang disertai bengkak akibat gigitan serangga. Campurkan 1 sendok teh baking soda dengan air secukupnya hingga membentuk pasta kental, kemudian oleskan pada daerah yang terkena gigitan serangga.

Baca juga: Ketahui 5 penyebab bau mulut pada anak berikut ini

3. Daun sirih untuk menghentikan mimisan. Praktik ini telah lama diketahui oleh orang tua kita jaman dahulu. Ambil daun sirih segar kemudian remas-remas sampai hancur, sumbatkan daun sirih tadi pada lubang hidung yang mengalami mimisan.

4. Es batu untuk meredakan lebam atau bengkak akibat benturan. Sensasi dingin yang bersumber dari es dapat meredakan rasa sakit sekaligus mengurangi pembengkakan yang menyertai lebam akibat benturan benda keras. Ambil beberapa bongkah es batu kemudian bungkus dengan plastik kedap udara kemudian tempelkan pada daerah yang mengalami pembengkakan selama beberapa menit.

5. Air hangat untuk redakan keram atau sakit perut. Perut yang terasa melilit atau keram akibat salah sembelit dapat diredakan dengan memberikan terapi air hangat. Masukan air hangat kedalam botol kaca atau plastik bekas minuman dalam kemasan, kemudian tempelkan pada daerah yang mengalami keram. Pastikan hangatnya pas untuk si kecil sebelum diberikan pada mereka.

Baca juga: 7 Langkah agar si kecil semangat belajar membaca

6. Wedang jahe untuk mencegah mabuk perjalanan. Sebuah penelitian menunjukan bahwa jahe mampu meredakan kontraksi pada perut dan pusing akibat mabuk perjalanan. Untuk si kecil dengan usia diatas 2 tahun, tambahkan 1 sendok teh rajangan jahe segar kedalam kurang lebih 100 ml air mendidih, biarkan selama 5 menit atau sampai air menjadi hangat suam-suam kuku kemudian berikan pada si kecil sekitar setengah jam sebelum perjalanan dimulai. Boleh juga ditambahkan madu agar rasanya manis.

7. Lidah buaya untuk redakan luka bakar ringan. Jika si kecil terkena luka bakar ringan, menempelkan daging bagian dalam lidah buaya dapat membatu meredakan efek sakit sekaligus mencegah kerusakan jaringan kulit. Beberapa literatur mengatakan bahwa lidah buaya mengandung zat yang mampu mempercepat proses penyembuhan kulit yang mengalami ruka bakar ringan.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru