09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Inilah 7 cara effektif melatih ketajaman penglihatan si kecil

KategoriParenting
Di lihat632 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

cara melatih ketajaman penglihatan batita bunda

Selama usia satu tahun pertamanya, organ tubuh si kecil akan mengalami pertumbuhan pesat termasuk organ penglihatanya. Menurut seorang ahli dari Infant Vision Laboratory di University of Massachusetts Medical School, Amrika Serikat, penglihatan si kecil akan mengalami perkembangan mengikuti tahapan perkembangan: Kemampuan melihat dengan jelas, kemampuan mengkoordinasi gerak bola mata dengan gerak benda yang dilihat, kemampuan melihat perbedaan jarak benda, kemampuan melihat dan membedakan warna, danĀ  kemampuan mengenali raut wajah serta benda.

Saat usia si buah hati menginjak satu tahun, dia mulai bisa menangkap gambaran utuh dari benda yang dilihatnya, dan di usia dua tahun dia sudah memiliki kemampuan koordinasi antara otak, mata, dan gerakan tanganya. Untuk mengoptimalkan pertumbuhan organ penglihatan si kecil, ayah bunda dapat melakukan stimulasi berikut ini.

Cara menstimulasi perkembangan penglihatan si kecil

1. Kenalkan berbagai jenis warna. Buat permainan menarik yang melibatkan benda berwarna seperti bola, balon, atau kertas berwarna. Ajak si kecil untuk bermain di luar dan kenalkan mereka dengan berbagai jenis warna. Lakukan tebak warna untuk menguatkan presepsinya terhadap warna.

2. Berikan makanan bergizi. Beberapa jenis makanan terbukti secara ilmiah dapat mengoptimalkan pertumbuhan organ penglihatan si kecil. Termasuk makanan yang bagus untuk perkembangan penglihatan si kecil adalah wortel, telur, keju, brokoli, dan alpukat.

3. Tunjukan aneka ekspresi wajah. Libatkan berbagai ekspresi wajah ayah bunda seperti ekspresi tertawa, menangis, dan cemberut pada si kecil agar dia mulai terbiasa membedakan ekspresi wajah orang. Sedikit demi sedikit si kecil akan belajar menghubungkan ekspresi wajah dengan ungkapan emosi yang meyertainya.

4. Lakukan kontak mata. Ketika berbicara dengan si kecil, lakukan kontak mata. Kontak mata antara bunda dan si kecil tidak hanya membantu si kecil untuk mengoptimalkan fungsi penglihatanya namun dapat mempererat ikatan batin antara si kecil dan ayah bunda.

5. Gunakan permainan. Pilih beragam permainan atau perangkat yang dapat merangsang penglihatan si kecil seperti teropong atau kamera. Melibatkan si kecil dalam berbagai aktifitas tersebut dapat mengasah kemampuan pengaturan fokus si kecil terhadap benda-benda disekitarnya.

6. Bermain cermin. Anak-anak biasanya tertarik dengan cermin karena dapat melihat bayangan mereka didalamnya. Luangkan waktu agar si kecil berinteraksi dengan bayanganya didepan cermin. Misalnya setelah mandi, kenakan pakaian si kecil di depan cermin. Awasi jika mereka bermain dengan cermin sendiri.

7. Gunakan flashcard. Permainan flashcard dapat dimanfatkan untuk melatih fokus si kecil terhadap gambar benda-benda dalam kartu. Disamping itu, permainan flashcard dapat melatih si kecil untuk memperbanyak perbendaharaan pengetahuanya terhadap benda-benda yang belum pernah dilihat sebelumnya.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru