09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Inilah 7 cara sederhana agar si kecil semangat belajar membaca

KategoriParenting
Di lihat638 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Langkah untuk membantu si kecil belajar membaca

Kemampuan membaca si kecil akan semakin terasah ketika mereka sering diikutsertakan dalam berbagai aktivitas yang melibatkan buku. Para ahli berpendapat bahwa membacakan buku dengan suara keras adalah cara pertama dan terbaik dalam mengajari si kecil membaca. Ayah bunda dapat membacakan buku diberbagai kesempatan, tidak harus menjelang tidur.

Belajar membaca bagi si kecil adalah bagian dari proses bermain jadi ayah bunda sebaiknya tidak menerapkan standar yang terlalu tinggi. Sangat penting untuk menciptakan suasana seru, menarik, penuh petualangan, dan menyenangkan saat mereka mulai dikenalkan dengan huruf dan kata agar proses belajarnya berlangsung optimal.

(Baca juga: 9 Cara melatih skil motorik, kognitif dan sosial balita)

Dibawah adalah beberapa tips sederhana yang dapat ayah bunda coba saat membacakan sebuah buku untuk si buah hati:

Langkah untuk membantu si kecil belajar membaca

1. Ajak mereka untuk sama-sama melihat dan memegang buku, meski mereka belum bisa membacanya. Pilih buku-buku yang bergambar menarik agar si kecil mau terlibat dalam aktivitasnya.

2. Saat ayah bunda membacakan sebuah buku, gunakan jari ayah bunda untuk menandai bagian yang dibaca. Biarkan si kecil mendengar cerita sambil memperhatikan gerakan jari yang mengikuti tulisan yang dibaca.

3. Gunakan intonasi dan ekspresi wajah yang pas, gunakan suara-suara binatang lucu atau ilustrasi suara lain untuk menarik minat si kecil dalam mengikuti alur cerita yang dibacakan.

(Baca juga: 4 Langkah cara menghadapi si kecil yang suka ngambek)

4. Hentikan aktivitas membaca saat bertemu dengan gambar menarik, tanyakan pada mereka hal-hal seputar gambar tersebut. Misalnya saat ada gambar bebek, tanyakan apa warna bebeknya, berapa jumlah kakinya dan lain-lain.

5. Kaitkan cerita yang dibaca dengan kehidupan sehari hari mereka. Misalnya saat bercerita tentang si kelinci yang suka makan wortel, ayah bunda dapat menyatakan bahwa si kecil juga senang makan wortel.

6. Jika si kecil bertanya tentang cerita yang dibacakan, hentikan aktifitas membaca dan jawab pertanyaan mereka sesederhana mungkin. Aktivitas bertanya dapat melatih si kecil dalam mengespresikan pikiranya.

7. Tetaplah membacakan buku dengan suara keras meski si kecil mulai belajar membaca mandiri. Terkadang cerita yang agak kompleks lebih mudah difahami mereka saat mendengar ayah bunda membacakannya daripada mereka membacanya sendiri.

Latih mereka untuk membaca dengan suara keras

Saat mereka mulai bisa membaca, mintalah ia membacakan sebuah cerita sederhana dengan suara keras. Cara ini dapat melatih rasa percaya diri si kecil dalam membaca. Lakukan membaca buku secara bergantian antara ayah bunda dan si kecil agar lebih menyenangkan.

(Baca juga: Cara mengatasi anak balita yang terlalu manja)

Saat mereka membaca dengan suara keras, perhatikan tulisan yang mereka baca, apakah cocok tengan teks yang sebenarnya? Jika si kecil mengganti kata yang ia baca dengan kata yang serupa, ayah bunda tidak perlu mengoreksinya, tapi jika mereka salah membaca sebuah kata, hentikan sejenak kemudian minta ia membaca ulang kalimat tadi secara perlahan. Jika masih salah, beritau bagaimana cara mengucapkannya dengan benar, sampaikan makna atau arti dari kata tersebut jika dirasa perlu.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru