09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Inilah 8 tips nyaman menyusui bayi dimalam hari

KategoriBayi
Di lihat7105 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

tips nyaman memberikan asi dimalam hari

Pada tahun pertama kahadiran si buah hati, bunda mungkin menghabiskan banyak waktu untuk menyusui si kecil dimalam hari. Meskipun berat, karena capek, pegal, dan ngantuk tentu bunda menikmatinya, bukan? Memberikan ASI dimalam hari sangatlah penting untuk memenuhi kebutuhan si kecil, baik kebutuhan akan nutrisi maupun kebutuhan emosionalnya saat melakukan skin to skin contact dengan bunda. Berikut adalah 9 hal yang perlu diperhatikan supaya kegiatan menyusui di malam hari lebih menyenangkan, sebagai mana dilansir website “Ask Dr. Sears”.

1. Fahami tujuan menyusui di malam hari.

Beberapa waktu paska kelahiran si kecil, aya bunda tidak dapat memaksa si kecil untuk tidur di malam hari dan bangun disiang hari sebagaimana normalnya orang dewasa. Dalam tahapan ini si kecil dapat bangun kalan saja tidak peduli siang atau malam. Yang harus ayah bunda lakukan saat malam bukan ‘memaksa’ sikecil untuk tidur melainkan lebih kearah menciptakan lingkungan yang nyaman bagi si kecil untuk beristirahat. Dengan demikian, diharapkan ia mendapatkan tidur yang berkualitas.

Baca juga: Mengenal manfaat sehat probiotik bagi si kecil

Tujuan utama dari mendampingi si buah hati dimalam adalah untuk mengajarkan si kecil kebiasaan yang baik tentang tidur di malam hari. Untuk itu, ayah dan bunda perlu menciptakan kondisi yang nyaman dan pastikan si kecil merasa mendapat cukup perhatian. Meskipun melelahkan, mendampingi si kecil di malam hari, termasuk menyusui sangat penting agar si bayi merasa aman dan nyaman sehingga ketika dewasa ia dapat dengan mudah beristirahat di malam hari.

2. Bangunlah pola pikir realistis tentang kegiatan menyusui di malam hari.

Si buah hati mungkin termasuk bayi yang bisa tidur 4 hingga 6 jam di malam hari. Secara ilmiah, tidur sekitar 5 jam di malam hari bagi bayi berusia di bawah 6 bulan digolongkan dalam tidur sepanjang malam. Namun, anda juga mungkin menjadi orang tua yang beruntung mendapatkan seorang bayi yang membutuhkan perhatian siang dan malam. Kedua tipe bayi ini sangatlah normal.

Yang perlu ayah bunda pahami, saat  usia ini keinginan bayi adalah sama dengan kebutuhannya. Ketika si kecil berkali-kali meminta disusui di malam hari, ia sedang meminta suatu hal yang sangat penting bagi perkembangannya. Perkembangan di sini bukan hanya berarti tumbuh besar, melainkan juga berkembang secara fisik, emosional, dan intelegensi.

Jadi, bunda, sebaiknya tidak perlu mencari cara untuk menidurkan bayi di malam hari. Mulailah untuk menikmati setiap saat bersama si kecil karena di lain waktu kita mungkin akan merindukannya.

3. Cobalah berbagai posisi tidur.

Tidak ada aturan mengenai benar dan salah mengenai posisi tidur bayi dengan bunda. Selama posisi tidur tersebut tidak membahayakan si kecil. Misalnya, mungkin si kecil termasuk bayi yang selalu membutuhkan kontak dengan bunda. Karenanya, posisi tidur yang tepat baginya adalah di tempat yang masih ada dalam jangkauan bunda. Dengan demikian, bunda dapat dengan mudah menjangkaunya bila si kecil butuh disusui, ditenangkan di malam hari, dan sebagainya.

Berbeda bila si kecil adalah bayi yang merasa kurang  nyaman saat ditemani bunda di dekatnya. Hal ini bisa jadi karena ia sering terbangun setiap merasakan kehadiran orang di sekelilingnya. Maka, bayi tipe ini mungkin perlu ditidurkan di tempat tidur khusus bayi.

Baca juga: 5 Penyebab nafas tak sedap pada balita bunda

4. Pastikan si kecil kenyang dengan sering menyusuinya di siang hari.

Seiring bertambahnya usia, terutama ketika bayi berumur 6 bulan, ia akan mulai memiliki banyak kegiatan. Hal ini terkadang membuatnya lupa makan dan sebagai akibatnya ia sering minta disusui di malam hari. Untuk mengatasinya, bunda sebaiknya memastikan ia cukup kenyang di siang hari dengan memberikan ASI setiap 3 jam sekali.

5. Beri minum bayi dengan kedua payudara.

Beri minum bayi dengan kedua payudara secara bergantian saat menyusui di malam hari. Ada 2 cara untuk melakukan ini dalam posisi berbaring. Yang pertama, setelah selesai menyusui bayi dengan satu sisi, angkat bayi melintasi badan bunda untuk membaringkannya di sebelah badan bunda di sisi yang lain. Bila hal ini terlalu sulit dilakukan, terutama di malam hari, bunda cukup menyesuaikan posisi payudara yang ada di atas supaya si kecil bisa menjangkaunya untuk minum.

6. Ganti popok si kecil sebelum menyusui.

Mengganti popok bayi sebelum menyusui membuat si kecil merasa cukup nyaman sehingga bisa tertidur setelah minum ASI. Namun, hal ini tidak berlaku bila si kecil termasuk bayi yang selalu buang air setelah selesai minum ASI.

Baca juga: Penyebab infeksi saluran kencing pada anak balita

7. Lepaskan puting dari mulut bayi ketika ia tidur.

Beberapa bayi suka tidur dengan puting ibunya masih ada dalam mulut setelah disusui, sekitar 30 menit atau bahkan lebih. Hal ini mungkin kurang nyaman bagi bunda dan membuat bunda sulit beristirahat. Karenanya, keluarkan puting dari mulut bayi setelah ia tertidur.

Caranya, sisipkan dengan lembut jari telunjuk bunda ke sisi mulut si kecil hingga rahangnya terbuka. Setelah itu, keluarkan puting secara perlahan dari mulut si kecil. Bunda boleh melindungi puting dengan jari telunjuk untuk berjaga-jaga bila si kecil mengatupkan rahangnya tiba-tiba. Untuk menghindari si kecil terbangun, segera katupkan rahangnya dengan menekan bibir bawah atau dagunya dengan lembut ke arah atas. Tahan sebentar hingga si kecil menyesuaikan posisi mulutnya. Bila si kecil terbangun pada saat bunda mengeluarkan puting dari mulutnya, tepuk dengan lembut perutnya. Coba lagi setelah ia tenang.

8. Bantu bayi untuk bersendawa setelah disusui.

Setelah bayi disusui, sebaiknya bantu ia bersendawa. Bila bunda menyusui dalam posisi berbaring cara berikut bisa dicoba. Sandarkan si kecil di badan atau pundak bunda dengan bagian punggung menghadap tubuh bunda. Perlahan, tepuk punggung si kecil hingga ia bersendawa.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru