09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Inilah acuan berat badan bayi ditahun pertama

KategoriBayi
Di lihat1545 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

berapakah berat badan ideal bayi dibawah 1 tahun?

Ayah bunda, sangatlah penting untuk selalu memantau pertumbuhan si buah hati. Hal ini dilakukan untuk memastikan tumbuh kembang mereka berjalan baik dan seandainya mereka mengalami gangguan tumbuh kembang, kita dapat mendeteksinya dan menanganinya sedini mungkin.

Salah poin yang harus menjadi pantauan kita sebagai orang tua adalah berat badan si kecil. Perkembangan berat badan bayi memang dapat berbeda antara satu bayi dengan yang lainya. Namun, berikut adalah beberapa pencapaian umum bobot badan si buah hati ditahun pertama serta beberapa tips penting seputar menjaga berat badan ideal bayi.

Baca juga: Cara membuat buah kering untuk si kecil

Berat normal bayi ditahun pertama

Adalah normal bagi bayi untuk kehilangan sekitar 5% hingga 10% berat badan lahirnya pada minggu pertama setelah kelahiran. Biasanya berat si kecil akan kembali naik pada minggu ke-2 atau ke-3. Saat bayi menginjak usia 4 sampai 6 bulan berat badannya akan menjadi 2 kali lipat berat badan lahirnya, dan menjelang ulang tahunnya yang pertama akan menjadi 3 kali lipat.

Perkembangan berat badan bayi secara langsung dipengaruhi faktor genetis dan makanan, apakah ia biasa mengkonsumsi ASI atau susu formula. Jadi, bila pertumbuhan si kecil lebih cepat atau lebih lambat dari patokan di atas biasanya para tenaga kesehatan akan memeriksa apakah perkembangannya normal untuk anak seusianya.

Sebagai patokan, di bawah ini adalah ukuran berat badan bayi yang normal:

  • Berat badan bayi akan naik 150 gram sampai 200 gram tiap minggu pada 3 bulan pertama setelah kelahiran.
  • Pada usia 3 bulan hingga 6 bulan berat badan bayi akan naik 100 gram hingga 150 gram setiap minggunya.
  • Pada usia 6 bulan hingga 12 bulan berat badan bayi akan naik 75 gram sampai 100 gram tiap minggu.

Baca juga: Kenali kemampuan bayi di 4 bulan pertama

Berat badan bayi yang mengkonsumsi ASI Vs. susu formula

Bayi yang diberi ASI dengan bayi yang mengkonsumsi susu formula memiliki perbedaan dalam perkembangan berat badannya, terutama pada 6 bulan pertama. Bayi yang minum susu formula biasanya tumbuh lebih besar. Namun, yang penting adalah bahwa pertumbuhan berat badan si kecil selalu konsisten. Hal ini biasanya digambarkan dalam grafik pertumbuhan yang didapatkan selama pemeriksaan kesehatan ibu dan anak yang teratur.

Pertumbuhan berat badan ideal adalah yang cenderung konsisten dan tidak naik atau turun secara signifikan. Bayi yang terlahir dengan berat badan tinggi biasanya memang akan tumbuh lebih besar daripada bayi lain. Karenanya, berat badan bukanlah patokan utama dalam menilai tumbuh kembang bayi. Yang penting, tumbuh kembangnya normal untuk anak seusianya.

Menstabilkan berat badan bayi yang naik atau turun

Bila berat badan si kecil tidak berkembang stabil, biasanya tenaga medis akan memeriksa kesehatan si bayi dan mengevaluasi pola makannya. Bila si buah hati mengkonsumsi ASI umumnya tenaga medis akan membantu mengevaluasi masalah yang terkait supplai asupan makanan pendamping dan pola menyusui. Bila si kecil mengkonsumsi susu formula, tenaga medis akan mengevaluasi jumlah asupan dan berapa kali diberikannya susu formula dalam setiap hari.

Baca juga: Tips mengatasi gatal biduran pada anak

Selama dalam kisaran angka normal, ayah bunda tidak perlu khawatir akan tumbuh kembang si kecil, apalagi membandingkan tumbuh kembang buah hatinya dengan anak lain. Yang paling penting, pantau kebiasaannya minum ASI atau makannya, perkembangan yang telah dicapai, dan pola interaksinya dengan orang lain, serta jangan terlalu terfokus pada ukuran tubuh bayi.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru