09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Inilah cara ampuh melatih perkembangan intelektual anak balita

KategoriParenting
Di lihat673 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Memantau perkembangan intelektual si kecil

Setiap detik balita ayah bunda mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat dipengaruhi oleh faktor asupan nutrisi dan pola didikan dari lingkungan terutama dari ayah bunda. Para ahli tumbuh kembang anak mengkategorikan perkembangan si kecil kedalam tiga kelompok besar yaitu perkembangan fisik yang meliputi anggota badan dan organ-organ dalam tubuh, perkembangan mental terutama kemampuan berfikir, serta yang ketiga kemampuan sosial terutama kemampuan berkomunikas dan bersosialisasi dengan lingkunganya.

Urutan pola perkembangan antara satu anak dengan yang lain secara umum sama. Mereka akan akan belajar merangkak sebelum berdiri, berjalan dan berlari. Namun demikian kecepatan perkembangan tiap tahap dapat bervariasi antara satu anak dengan yang lainya. Dalam beberapa kasus, ada yang tidak mengikuti pola normal tapi masih berkategori wajar, seperti ada anak yang tidak merangkak melainkan langsung berjalan. Adalah peran ayah bunda untuk mendukung dan memotivasi si kecil agar bertumbuh dan berkembang secara optimal.

Membanding-bandingkan kecepatan berkembang si kecil dengan yang lain tidak lah bijak. Si kecil adalah pribadi unik yang ditak bisa dibandingkan dengan yang lain. Jika ia masih belum bisa berdiri padahal anak tetangga yang seusia sudah mulai berjalan, bunda tidak perlu khawatir selama masih dalam batas kewajaran.

Memantau perkembangan intelektual si kecil

Perkembangan intelektual biasa juga dikenal sebagai perkembangan kognitif atau perkembangan mental. Yang termasuk kedalam kemampuan kognitif diantaranya adalah kemampuan berkomunikasi terutama berbicara, kemampuan menggunakan daya imajinasi, mengingat sesuatu, mempelajari kemampuan baru seperti berhitung, membaca, dan menggambar. Untuk mendorong perkembangan intelektualitas si kecil ayah bunda dapat melakukan beberapa hal yaitu:

a. Melatih kemampuan bahasa

  • Bangun interaksi selama berkomunikasi dengan cara memandang mata dan wajahnya dengan senyuman ketika berbicara, gunakan kata yang singkat dan mudah difahami.
  • Dengarkan ketika dia berbicara dan biarkan si kecil menyelesaikan kalimatnya sebelum ayah bunda merespon kata-kata si kecil.
  • Ketika bepergian bersama, jelaskan hal-hal baru kepadanya dengan bahasa yang sederhana, misalnya ‘Lihat ada mobil hijau’, ‘Kuda itu besar sekali’.
  • Membaca buku cerita bergambar juga direkomendasikan. Bacakan ceritanya dengan suara yang keras dan intonasi yang pas, sambil arahkan perhatianya pada gambar dalam buku.

b. Melatih kemampuan berhitung

  • Gunakan bantuan lagu-lagu yang baitnya mengandung angka, misalnya lagu ‘satu-satu sayang ibu’, atau ‘balonku ada lima’.
  • Jika si kecil sudah bisa naik tangga, naiklah bersama sambil menghitung jumlah langkahnya. Mengenalkan angka – angka dasar adalah tujuan dari tahap ini.
  • Gunakan bagian-bagian tubuh untuk belajar membilang angka, misalnya membilang jari tangan, atau membilang jumlah mata dan lain-lain.
  • Beri taukan angka-angka ketika mengenalkan benda, misalnya ‘dua sendok atau lima gelas’, ketika si kecil duduk di meja makan .

c. Melatih kemampuan daya ingat

  • Ayah bunda bisa menggunakan permainan tebak tebakan atau bicarakan dan ingat-ingat kejadian yang baru saja berlalu. Misalnya ketika baru saja sampai dirumah dari sebuah perjalanan, tanyakan jenis dan warna benda-benda yang dia temui di jalan tadi.

d. Melatih kemampuan mengenal warna

  • Pada saat si kecil berpakaian sehabis mandi, beri tau warna bajunya kemudian tanya kembali untuk menguatkan pengetahuanya.
  • Beri tahu warna-warna benda yang ada disekitar seperti lagit berwarna biru, daun berwarna hijau, atau bunga berwarna merah.
 Gambar: Gizmodo
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru