09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Inilah cara efektif membersihkan mainan bayi dan balita

KategoriParenting
Di lihat1793 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

berikut adalah cara yang tepat dalam membersihkan dan mencuci mainan bayi dan balita

Sistem imun tubuh bayi dan balita yang masih lemah membuat mereka rentan terhadap serangan kuman dan bekteri. Bayi dan balita biasanya suka memasukkan benda-benda, termasuk mainan ke dalam mulutnya, yang memperbesar resiko mereka terserang penyakit yang disebabkan oleh bakteri-bakteri merugikan. Untuk itu, membersihkan mainan anak-anak secara rutin sangatlah penting.

Tips membersihkan mainan bayi dan balita

Untuk membersihkan mainan bayi dan balita ada beberapa yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa tips mencuci mainan bayi dan balita yang efektif dan aman bagi kesehatan mereka.

Baca juga: Gejala infeksi saluran kencing pada anak

1. Jangan gunakan sabun anti bakteri, pemutih, atau bahan-bahan kimia keras lainnya untuk mencuci mainan bayi dan balita. Zat-zat kimia tersebut mungkin tertinggal pada mainan setelah dicuci dan bisa menyebabkan gangguan kesehatan si kecil saat mereka memasukan mainannya kedalam mulut. Lebih baik, gunakan yang ramah lebih lingkungan untuk mencucinya. Bahan-bahan yang efektif untuk membersihkan mainan anak misalnya minyak eucaliptus, campuran cuka dan soda kue, air perasan lemon, sisa air sabun mandi bayi, dan alkohol. Di toko-toko yang khusus menjual perlengkapan bayi juga banyak terdapat pembersih khusus mainan anak yang bebas detergen. Bunda bisa mencobanya sebagai alternatif lain.

2. Perhatikan bahan pembuatan mainan. Mainan dari bahan yang berbeda biasanya harus dicuci dengan cara yang berbeda pula. Untuk itu, jangan buang kemasan mainan karena di sana biasanya tercantum cara membersihkan mainan tersebut.

Baca juga: Jenis gangguan kesehatan pada anak akibat serangan jamur

3. Mencuci mainan berbahan plastik dapat dilakukan dengan seember air hangat yang dicampur bahan-bahan perbersih di atas. Setelah merendam semua mainan yang akan dicuci dalam larutan tersebut, gosok perlahan dengan spons untuk membersihkan kotoran dan debu yang melekat. Bilas dengan bersih, kemudian jemur mainan di atas hamparan plastik lebar di bawah sinar matahari.

4. Mainan berbahan kain dapat dicuci dengan cara yang sama dengan mainan berbahan plastik. Alternatif lain, gunakan mesin cuci untuk menghemat waktu dan tenaga. Akan tetapi perhatikan bahan pembuatan mainan, karena tidak semua mainan dari kain dapat dicuci dengan mesin cuci. Setelah dicuci keringkan di bawah sinar matahari. Bila ingin menggunakan mesin pengering, atur pada suhu 60 derajat celcius. Untuk mainan berbahan wol, simpan dalam plastik dan letakkan di tempat yang dingin supaya tidak menjadi sarang debu terkumpul.

5. Untuk mainan yang menggunakan baterai atau puzzle dari bahan kertas, jangan mencelupkannya ke dalam air karena dapat merusaknya. Usap mainan-mainan tersebut dengan kain yang dicelup air bercampur minyak eucaliptus hingga bersih seluruhnya. Untuk mainan yang menggunakan baterai, kita juga bisa membersihkannya dengan penyedot debu mini yang biasanya digunakan pada perangkat komputer.

Baca juga: Waspada 3 jenis bakteri penyebab keracunan ini!

6. Setelah membersihkan mainan, jangan lupa membersihkan wadah mainan dengan cara yang sama seperti di atas.

7. Bila si kecil sedang sakit, cucilah mainan-mainannya lebih sering. Biasakan juga si kecil mencuci tangan setelah bermain supaya ia tidak terserang penyakit.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru