09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Inilah cara mengatasi si kecil yang rewel soal makanan

KategoriParenting
Di lihat313 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Tips untuk bunda agar si kecil mau makan

Terkadang balita tidak hanya pilih-pilih jenis makanan, bentuk dan tampilan makanan juga tak jarang dipermasalahkan si kecil, misalnya hanya mau makan roti yang berbentuk fikur kesukaanya atau makan jeli dengan warna tertentu saja. Mereka juga kadang menolak jenis makanan tertentu tanpa alasan yang jelas. Si kecil terkadang makan dengan lahap tanpa diminta namun ada kalanya menolak  sampai menangis saat disuapi.

Kondisi-kondisi diatas adalah hal yang rumlah terjadi pada si kecil. Yang terpenting adalah respon ayah bunda yang harus pintar-pintar menyiasati si kecil yang sedikit rewel soal manakan. Ayah bunda tidak perlu terlalu khawatir, kebiasaan rewel soal makanan terebut biasanya akan hilang seiring dengan bertambahnya usia si buah hati, tapi tidak boleh juga bunda membiarkan si kecil yang menolak makan.

Para ahli merekomendasikan bunda untuk memantau berat badan balita bunda secara teratur, selama masih berada dikisaran normal, ayah bunda tidak perlu khawatir meski mereka sangat selektif dengan dengan makanannya. Bunda perlu khawatir jika berat badan si kecil dibawah angka normal, apalagi disertai dengan tanda-tanda sakit seperti demam, kelelahan, atau muntah berak, segeralah temui dokter anak untuk memperoleh diagnosis dan penanganan medis yang tepat.

Tips menghadapi balita yang rewel soal makanan

1. Sebisa mungkin tanggapi prilaku balita bunda dengan sabar dan candaan, ikuti keinginan nya jika memungkinkan. Bersikaplah tegas tanpa harus marah jika mereka tetap rewel. Jangan hadapi dengan kekerasan apalagi membentak dan memukul jika anak susah makan, tindakan kekerasan hanya akan memperburuk keadaan. Perlu ayah bunda fahami, balita bunda adalah pribadi yang unik yang memiliki keinginan dan tidak bisa dipaksakan dengan kehendak orang tuanya.

2. Berikan beragam makanan dan buat menarik tampilanya. Tak jarang si kecil mau makan hanya karena cara penyajian makanannya menarik. Kombinasikan roti, selai, dan buah untuk membuat roti lapis dengan bentuk karakter kesukaan si kecil. Variasikan makanan dengan alternatifnya untuk menghindari kebosanan. Bunda bisa mengganti nasi dengan roti, kentang, atau sereal. Susu dengan keju atau yogurt, dan daging dengan sumber protein nabati.

3. Jika bunda akan memberikan jenis makanan baru, berikan pada saat si kecil lapar. Dengan begitu, besar kemungkinan si kecil akan menerima makanan tersebut. Sajikan dengan tampilan dan warna yang nemarik untuk meningkatkan selera makan si kecil.

4. Jangan biasakan mengiming-iming makanan yang disukai untuk menyogok atau bahkan mengancam agar si buah hati mau makan. Hal ini malah berpotensi menjadikan si kecil menolak makanan selain yang disukainya. Yang tidak kalah pentingnya adalah kebiasaan ayah bunda sendiri, berikan contoh yang baik pada si kecil bahwa ayah bunda juga tidak pilih-pilih makanan sehat

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru