09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Inilah cara menguji ketajaman pendengaran buah hati ayah bunda

KategoriKesehatan
Di lihat841 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Tanda-tanda umum si kecil mengalami gangguan pendengaran

Indra pendengaran adalah satu dari total lima indra yang digunakan oleh si kecil, termasuk kita, untuk berkomunikasi dengan lingkungan. Gangguan yang terjadi pada pendengaran balita bunda dapat mempengaruhi pola perkembangan mereka terutama perkembangan sosialnya. Oleh karena itu, ayah bunda harus waspada jika nampak tanda-tanda ganguan pendengaran sebagaimana akan kita bahas di bawah.

Jenis ganguan pendengaran

Menurut penyebabnya, para ahli mengelompokan gangguan pendengaran kedalam dua jenis utama yaitu tuli konduktif dan tuli sensorineural.

1. Tuli konduktif biasanya bersipat sementara dan dapat disembuhkan dengan tindakan medis tertentu. Biasanya jenis ganguan pendengaran ini disebabkan oleh adanya kotoran atau benda yang masuk kedalam telinga, menyebabkan gelombang suara yang seharusnya melewati gendang telinga menjadi terhambat. Kondisi medis ini juga dapat disebabkan oleh adanya penimbunan cairan di telinga bagian tengah.

2. Tuli sensorineural bersifat permanen dan biasanya terjadi sejak kelahiran. Jenis tuli ini juga dikenal dengan istilah tuli syaraf. Yang menjadi penyebab kondisi medis ini biasanya adalah ganguan di daerah koklea yaitu bagian pada telinga yang menghubungkan telinga dengan syaraf.

Langkah memeriksa pendengaran si kecil

Ketahui sejak dini kemampuan pendengaran si kecil, lakukanlah tes pendengaran sederhana oleh ayah bunda dirumah. Bagaimanakan cara melakukan tes tersebut? Berikut adalah cara melukan tes pendengaran sederhana:

1. Anak berusia 18 bulan sampai 2 tahun. Pilih kondisi dimana si kecil sedang asik bermain, posisikan ayah bunda dibagian belakang si kecil berjarak antara 90-180 cm, kemudian buatlah bunyi yang cukup keras misalnya dengan cara menyobek kertas, atau meremas plastik. Bisa juga dengan cara memberi perintah pada si kecil untuk melakukan sesuatu, misalnya “Ambil bola itu”.

2. Anak usia 2 sampai 3 tahun. Posisikan ayah bunda  sekitar 3 meter di belakang si kecil, mintalah dia untuk melakukan sesuatu dengan mainannya. Tes pendengaran untuk balita ayah bunda dapat juga dilakukan dengan cara menutup mulut ayah bunda dengan tangan atau dengan kertas kemudian berikan pertanyaan pada si kecil misalnya, “Mana matamu?”

Jika si kecil tidak merespon tes pendengaran

Jika mereka tidak merespon tes pendengaran yang ayah bunda lakukan, jangan khawatir dulu, coba ulang 1-2 kali tes dilain kesempatan saat si kecil sedang rileks atau bermain. Jika si kecil masih tetap tidak merespon, terutama jika bunda juga melihat ada yang aneh dengan respon pendengaranya, bawa si buah hati ke dokter untuk mendapatkan diagnosis lanjut.

Menurut para ahli, tuli total sangat jarang terjadi, di samping itu dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, kondisi gangguan pendengaran dapat diatasi dengan tindakan medis atau bantuan alat bantu dengar yang sudah banyak dipasaran.

Tanda-tanda umum si kecil mengalami gangguan pendengaran

Beberapa tanda umum yang banyak ditemukan pada anak yang mengalami ganguan pendengaran diantaranya: Anak terlambat bicara atau bicara kurang jelas, kurang merespon ketika ayah bunda berbicara terutama jika berada dibelakang si kecil, tidak menengok ketika dipanggil, duduk sangat dekat di depan televisi atau radio, sulit bekerja sama atau kurang percaya diri, dan menatap dalam-dalam ke wajah pembicara.

Sumber: Toddler care oleh June Thompson
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru