09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Inilah cara menurunkan demam si kecil tanpa obat kimia

KategoriKesehatan
Di lihat7398 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Alternatif cara menurunkan demam si kecil tanpa obat kimia

Saat si buah hati mengalami demam tentu ayah bunda merasa khawatir apalagi jika demamnya cukup tinggi. Umumnya demam adalah respon tubuh saat si kecil mengalami infeksi baik disebabkan oleh virus atau bakteri. Dalam dunia medis, demam pada anak biasanya diatasi dengan memberikan obat penurun panas seperti acetaminophen, ibuprofen, atau parasetamol.

Jika si kecil mengalami demam yang menyertai flu dan batuk dan ayah bunda tidak mau memberikan obat-obatan kimia pada si buah hati, atau stok obat-obatan sedang habis, ayah bunda dapat mencoba upaya-upaya untuk menurunkan demam mereka tanpa menggunakan obat berbahan kimia.

Baca juga: Rahasia dibalik sarapan pagi si buah hati

Perlu diketahui  bahwa, pertama, menurunkan demam anak dengan atau tanpa obat penurun panas tidak akan menghilangkan sumber penyakit penyebab demam. Jika ayah bunda ragu dengan penyeba demam si kecil, sebaiknya segera menemui dokter terdekat guna mendapatkan diagnosa dan penanganan medis lebih lanjut. Kemudian kedua, dalam beberapa kondisi, demam sebenarnya dapat membantu tubuh si kecil untuk memerangi sumber infeksi, namun sisi negatifnya saat si kecil demam mereka menjadi tidak nyaman dan beresiko mengalami dehidrasi.

Alternatif cara menurunkan demam si kecil tanpa obat kimia

1. Kompres. Gunakan kain yang sudah dibasahi air dingin dan tempatkan dibagian dahi si kecil saat mereka berbaring. Sebagai alternatif dapat juga digunakan alat kompres instan berbahan dasar gel yang dapat diperoleh di apotik terdekat. Hindari mengkompres menggunakan alkohol 70% karena dapat memicu lonjakan temperatur tubuh si kecil.

Baca juga: 9 Cara ampuh redakan pilek si kecil tanpa obat kimia

2. Berendam air hangat. Jika diperlukan, gunakan bak dengan air hangat untuk berendam si kecil. Sebagai alternative, dapat juga di seka menggunakan spon dan air hangat. Saat air hangat menguap dari permukaan kulit si buah hati, suhu tubuh yang tinggi akan terbawa sehingga temperatur tubuhnya menurun. Jangan memandikan si kecil dengan air dingin saat mereka demam kadena dapat membuat mereka mengigil serta memicu kenaikan temperatur tubuh secara drastis.

3. Asupan cairan yang cukup. Berikan minum terutama air putih sesering mungkin guna menghindari dehidrasi. Ayah bunda dapat juga memberikan makanan dingin seperti es krim dan yogurt dingin kecuali saat demam disertai batuk, untuk membantu menurunkan suhu tubuhnya dari dalam. Hindari memberikan minuman bersoda karena kantungan gula nya yang tingi tidak bagus untuk kesehatan anak.

4. Kenakan pakaian yang tepat. Hindari menggunakan baju tebal atau berlapis, pilih baju yang mudah menyerap keringat dan cukup tipis sehingga sirkulasi panas dari tubuh si kecil ke udara dapat terjadi tanpa hambatan. Jika si kecil mengigil, gunakan selimut yang tidak terlalu tebal sampai menggigilnya hilang.

Baca juga: Yang harus dilakukan jika si kecil memar

5. Gunakan kipas angin. Pastikan ayah bunda men-set kipas pada kekuatan angin rendah atau sedang dan jangan arahkan kipas langsung pada si buah hati. Fungsi kipas disini lebih kearah untuk mensirkulasikan udara di kamar si kecil sehingga panas dari tubuh mereka dapat dengan mudah diserap udara sekitar.

6. Hindari terik panas matahari. Pastikan si kecil berada diruangan yang terlindung sempurna dari panas matahari. Gunakan tirai jika cahaya matahari membuat suasana kamar menjadi panas. Jika memungkinkan gunakan AC untuk mendinginkan ruangan. Pastikan suhu ruangan tidak kurang dari 25OC dan arah hembusan angin tidak langsung mengenai tubuh si kecil.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru