09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Inilah fungsi dan sumber unsur magnesium untuk balita ayah bunda

KategoriNutrisi
Di lihat570 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

jenis_makanan_sumber_magnesium_untuk_anak

Sebagaimana halnya zat besi dan kalsium, tubuh si kecil juga memerlukan unsur magnesium.  Dikatakan meski tak sedominan kalsium atau natrium, magnesium berperan sebagai unsur kunci bagi lebih dari 300 proses metabolisme dalam tubuh manusia.

Peran penting magnesium bagi tubuh si kecil

1. Membentuk dan menjaga kekuatan tulang. Para peneliti menemukan hamper 50-60 persen kadar magnesium dalam tubuh si buah hati disimpan dalam tulang, dan berperan cukup sentral dalam metabolismee tulang. Peneliti juga menemukan kekurangan asupan magnesium dapat berpengaruh terhadap menurunya kekuatan tulang si kecil.

Baca juga: Tips pemberian jus bagi bayi dan balita

2. Membantu produksi energi. Didalam tubuh si kecil, makanan akan di rubah menjadi energi melalui serangkaian reaksi yang kompleks, dimana beberapa reaksi penting tersebut tidak akan terjadi kecuali dengan kehadiran unsur magnesium.

3. Memelihara keseimbangan system syaraf. Sistem syaraf manusia bekerja dengan sangat kompleks melalui serangkaian reaksi yang melibatkan unsur magnesium sebagai salah satu komponennya. Hasil penelitian menunjukan hubungan antara kurangnya asupan magnesium dengan peningkatan resiko depresi.

4. Menurunkan resiko peradangan. Mengkonsumsi makanan yang mengandung cukup unsur magnesium terbukti secara klinis dapat menurunkan resiko peradangan dalam tubuh. Makanan dengan kader magnesium sering direkomendasikan bagi mereka yang sedang dalam tahap penyembuhan dari beberapa penyakit penyebab peradangan dalam tubuh.

Baca juga: 7 Alternatif cemilan sehat untuk balita

Berapa banyak magnesium diperlukan si kecil?

Menurut situs situs Whfoods.com, anak-anak usia 1 sampai 3 tahun rata-rata memerlukan 80 miligram (mg) per hari, sedangkan anak usia 4 sampai 8 tahun rata-rata memerlukan sekitar 130 mg per hari. Angka kebutuhan harian yang tecantum diatas merupakan angka rata-rata kecukupan harian sehingga mereka tidak harus selalu mengkonsumsi tepat sesuai angka kebutuhan setiap harinya. Ayah bunda dapat memantau angka kecukupan pekanan atau per bebeberapa hari.

Kandungan unsur magnesium dalam makanan bergantung pada jenis, ukuran, dan merek (khusus untuk makanan dalam kemasan). Dengan mengkombinasikan beragam makanan yang kaya akan magnesium kedalam menu harian si buah hati, kebutuhan harian meraka dapat terpenuhi tanpa perlu memberikan mereka suplemen makanan.

Baca juga: Resep pangsit isi pisang colat untuk si kecil

Ragam jenis makanan beserta kandungan magnesiumnya

Kandungan magnesium banyak terdapat pada jenis sayuran berdaun hijau gelap, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Dari kelompok kacang-kacangan dan biji-bijian, sumber terbaik dikandung dalam biji labu, wijen, biji bunga matahari, kacang mente, kacang almon, dan beras merah. Produk turunan dari kedelai termasuk tempe dan tahu juga cukup kaya dengan kandungan unsur ini sehingga bagus untuk dimasukan kedalam menu harian si buah hati. Berikut adalah beberapa jenis makanan beserta rata-rata kandungan magnesiumnya:

  • 1 gelas bayam yang sudah dimasak mengandung sekitar 157 mg
  • ¼ gelas biji labu kuning mengandung sekitar 191 mg
  • 1 gelas kacang hijau mentah mengandung sekitar 25 mg
  • 1 gelas kacang kedelai mengandung sekitar 148 mg
  • ¼ gelas biji wijen mengandung sekitar 126 mg
  • 1 gelas kacang hitam mengandung sekitar 120 mg
  • ¼ gelas biji bunga matahari mengandung sekitar 114 mg
  • ¼ gelas kacang mente mengandung sekitar 100 mg
  • ¼ gelas kacang almon mengandung sekitar 99 mg

image source: foodlets

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru