09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Inilah jarak ideal antar-kelahiran menurut para ahli

KategoriKehamilan
Di lihat3745 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

berapa lama sebaiknya jarak antar kehamilan?

Mengatur jarak kelahiran adalah salah satu bagian terpenting dari program Keluarga Berencana (KB). Upaya tersebut tidak hanya mempengaruhi rentang usia antar anak, melainkan juga dapat mempengaruhi kesehatan si kecil dan orang tua.

Setelah kelahiran anak pertama, ayah dan bunda mungkin berencana memiliki bayi lagi. Beberapa faktor yang perlu diperhatikan, apakah ayah  bunda sudah siap merawat bayi lagi dan apakah anggota keluarga yang lain, termasuk anak yang lebih tua sudah siap dengan kehadiran anggota keluarga yang baru.

Baca juga: 4 Jenis olahraga ideal untuk anak

Para ahli merekomendasikan ayah bunda untuk pertimbangkan jarak kelahiran ideal antar anak. Menurut beberapa penelitian, jarak antar-kelahiran yang terlalu dekat dan terlalu jauh memiliki resiko terhadap kesehatan bunda dan si kecil.

Bila jarak antar-kelahiran terlalu dekat

Jarak antar-kelahiran selama 12 bulan dari persalinan sebelumnya memiliki beberapa resiko, antara lain:

  • Meningkatnya resiko mengelupasnya plasenta, baik sebagian atau seluruhnya dari dinding rahim sebelum proses persalinan.
  • Pada wanita yang pernah menjalani operasi caesar, resiko menempelnya plasenta di bagian bawah uterus menjadi lebih besar. Hal ini dapat menyebabkan serviks tertutup sebagian ataupun seluruhnya (placenta previa).
  • Meningkatkan resiko autisme pada kelahiran selanjutnya.

Sedangkan jarak antar-kelahiran dalam 18 bulan dari kelahiran sebelumnya sering diasosiasikan dengan berat lahir bayi yang rendah serta meningkatnya resiko kelahiran prematur.

Para ahli percaya bahwa jarak antar-kelahiran yang terlalu dekat membuat bunda tidak memperoleh cukup waktu untuk memulihkan kondisi fisik dan psikis sebelum hamil lagi. Jarak antar-kelahiran yang terlalu dekat juga dihubungkan dengan stres dan masalah sosio-ekonomi pada keluarga.

Jarak antar-kelahiran yang terlalu dekat juga mempengaruhi anak. Anak-anak yang jarak kelahirannya terlalu dekat biasanya lebih banyak mengalami konflik dengan saudaranya. Mengatur jarak antar-kelahiran lebih dari 2 tahun bisa membuat si kakak memiliki kemampuan matematis dan membaca yang lebih baik. Hal ini mungkin dikarenakan orang tua memiliki waktu yang lebih banyak untuk menemani perkembangannya.

Baca juga: Mengenal jenis termometer pengukur panas

Bila jarak antar-kelahiran terlalu jauh

Jarak antar kelahiran lebih dari 5 tahun sering dihubungkan dengan resiko:

  • Tekanan darah tinggi dan kelebihan protein dalam urin setelah 20 minggu masa kehamilan (preeclampsia)
  • Kelahiran prematur
  • Berat lahir bayi yang rendah

Beberapa ahli percaya bahwa kehamilan mempengaruhi kapasitas uterus untuk mengakomodasi kebutuhan dan pertumbuhan janin. Jarak antar-kelahiran yang terlalu jauh membuat keuntungan fisiologi ini menjadi hilang.

Jarak ideal antar-kalahiran

Menentukan jarak antar-kelahiran buah hati adalah keputusan personal antara bunda dan pasangan. Pertimbangkan faktor-faktor penting, seperti resiko dan keuntungannya bagi kesehatan bunda dan bayi (seperti disampaikan di atas), kondisi kesehatan orang tua, usia, tingkat kesuburan, hubungan dengan pasangan, banyaknya anak yang dimiliki, jumlah anak yang ingin dimiliki, akses dengan fasilitas kesehatan, dan masalah sosial ekonomi keluarga.

Baca juga: 7 Cara memaksimalkan imunitas si kecil

Sebagai petunjuk, menurut para ahli jarak antar kelahiran yang baik adalah antara 18 bulan hingga 24 bulan, namun jangan lebih dari 5 tahun.

Hingga ayah bunda memutuskan untuk memiliki anak lagi, pastikan untuk menggunakan alat kontrasepsi yang tepat, sekalipun bunda sedang menyusui. Setelah bunda dan pasangan siap untuk hamil lagi, mintalah saran dari tenaga kesehatan profesional.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru