09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Inilah kandunga nutrisi istimewa dalam air susu ibu

KategoriMenyusui
Di lihat1213 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

apasajakah kandungan nutrisi yang membuat air susu ibu istimewa untuk bayi

Menyusui sangatlah bermanfaat, baik bagi bayi dan bunda. ASI tak diragukan lagi adalah makanan super yang kaya nutrisi bagi bayi. Selain itu, ia juga mampu menghindarkan bayi dari resiko gangguan-gangguan kesehatan, seperti asma, obesitas, dan diabetes. ASI juga mengandung leukosit yang dapat memerangi infeksi. Sel hidup ini tidak dapat ditambahkan dalam susu formula.

Baca juga: 5 Jenis permainan sesuai usia si kecil

Bagi bunda, menyusui dapat membuat rahim kembali ke ukuran normal lebih cepat dan membuat pendarahan lebih cepat berhenti setelah melahirkan. Selain itu, menyusui merupakan salah satu cara untuk mempererat ikatan antara bunda dan si kecil. Kebaikan-kebaikan ASI tak lepas dari kandungan nutrisinya yang tinggi. Berikut adalah zat-zat istimewa yang terkandung dalam ASI.

Kandungan nutrisi air susu ibu

Protein

Komposisi protein dalam ASI terdiri atas 60% – 80% protein whey dan 20% – 40% kasein. Komposisi inilah yang membuat protein dalam ASI sangat mudah dicerna oleh sistem pencernaan bayi, dibanding susu formula yang memiliki kandungan kasein yang lebih besar. Berikut adalah protein-protein khusus yang terkandung dalam ASI dan manfaatnya:

  • Laktoferin dapat menghambat pertumbuhan bakteri-bakteri yang bergantung pada zat besi di usus, seperti coliform dan ragi.
  • Sekretori IgA. Zat ini melindungi bayi dari infeksi virus dan bakteri. Ia juga melindungi tubuh bayi dari bakteri E. Colli dan alergi.
  • Zat ini adalah enzim yang dapat melindungi bayi dari E. Colli dan Salmonella. Ia juga berperan dalam pertumbuhan bakteri sehat di usus dan memiliki fungsi antiinflamasi.
  • Faktor bifidus. Zat ini mendukung pertumbuhan lactobacillus. Lactobacillus adalah bakteri yang mampu menciptakan lingkungan asam di pencernaan sehingga bakteri jahat tidak mampu berkembang.

Baca juga: Cara membuat play dough dirumah

Lemak

ASI juga mengandung lemak yang baik bagi tubuh si kecil. Lemak penting untuk penyerapan vitamin yang larut dalam lemak, mendukung pertumbuhan otak, dan merupakan sumber utama kalori. Asam lemak berantai panjang yang terdapat dalam ASI juga berperan dalam pertumbuhan retina, sistem syaraf, dan otak bayi.

Vitamin

Berbeda dengan zat-zat penting lainnya, jenis dan jumlah kandungan vitamin dalam ASI tergantung dari nutrisi yang diasup oleh ibu. Karena itu sangat penting bagi bunda yang sedang menyusui untuk memperoleh asupan gizi yang seimbang, dan lebih baik lagi bila bunda juga mengkonsumsi vitamin prenatal. Vitamin-vitamin yang penting bagi si kecil terbagi atas 2 jenis, yaitu vitamin yang larut dalam lemak (A, D, E, K, dan sebagainya) dan vitamin yang larut dalam air (C, riboflavin, niasin, asam panthothenic , dan sebagainya)

Baca juga: Tips menyiapkan balita untuk kelahiran adik bayi

Karbohidrat

40% kalori yang disediakan oleh ASI berasal dari laktosa, salah satu jenis karbohidrat. Laktosa dapat mengurangi populasi bakteri jahat di pencernaan, sehingga penyerapan kalsium, magnesium, dan fosfor menjadi lebih baik. Laktosa juga dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik dan memerangi penyakit.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru