09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Inilah kemampuan si buah hati saat berusia 22 bulan

KategoriParenting
Di lihat3833 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

berikut adalah tips mengasah kemampuan anak batita berusia 22 bulan

Pada usia 22 bulan, kosakata si kecil akan meningkat pesat. Ia akan semakin cerewet berbicara dan setiap hari ia mungkin mendapatkan 1 kata baru. Ia juga mulai bisa menggabungkan 2 kata bersama-sama, seperti “Ayo, pergi”, “Mama, sini”, dan lain-lain. Perkembangan bicaranya yang pesat ini memungkinkannya untuk mulai terlibat dalam percakapan dengan anggota keluarga di kehidupan sehari-hari.

Yang harus kita lakukan pada tahap perkembangan ini adalah menjadi pendengar yang baik, yang selalu tersenyum dan menanggapi setiap yang sedang coba dikatakan si kecil, sekalipun mungkin belum sempurna. Berikan pula bantuan ketika si kecil mengalami kesulitan menemukan kata yang tepat untuk menggambarkan maksudnya. Pada usia ini si kecil mampu memahami orang-orang di sekelilingnya lebih baik daripada yang bisa ia ucapkan dan motivasi dari bunda akan membantunya untuk semakin berkembang.

Baca juga: Usia tepat mengenalkan susu sapi pada si kecil

Tips mengembangkan skill bicara si buah hati

Beberapa hal berikut dapat kita lakukan untuk membantu si kecil mengembangkan kemampuan bicaranya.

  • Bacakan sebuah buku dan ajak si kecil untuk menceritakan kembali bagian-bagian dari cerita yang menarik dan sederhana.
  • Gunakan flash cards untuk mempermudah si kecil memahami kosakata baru.
  • Perhatikan setiap yang ayah dan bunda katakan. Jangan mengatakan kata-kata yang buruk karena si kecil akan menirunya.
  • Ceritakan setiap yang sedang dilakukan si kecil supaya ia memahami kegiatan-kegiatan yang ia lakukan sehari-hari melalui bahasa yang sederhana.

Perkembangan penglihatan anak 22 bulan

Pada masa ini, penglihatan si kecil mulai fokus. Ia mulai dapat mengamati detail dari segala hal yang ada si sekitar. Wajah, pergerakan, warna-warna, dan segala hal yang ia temui sehari-hari adalah hal baru yang menakjubkan baginya. Berikan si kecil buku bergambar menarik tentang lukisan, bunga-bunga, berbagai ekspresi wajah manusia, dan sebagainya. Jadilah lebih deskriptif ketika berbicara padanya dan ajarkan ia tentang ukuran, warna, dan bentuk benda-benda di sekitarnya.

Pada masa ini ayah dan bunda perlu lebih memperhatikan kesehatan mata si kecil. Segera hubungi tenaga kesehatan profesional bila menemukan gangguan-gangguan berikut ini.

  • Si kecil tidak bisa memfokuskan pandangan dan sulit mengikuti benda-benda bergerak di sekitarnya.
  • Si kecil tidak dapat melihat orang-orang yang jaraknya jauh.
  • Mata si kecil memerah, iritasi, dan berair.
  • Si kecil sering menggosok-gosok matanya.
  • Si kecil melakukan gerakan mata yang tidak biasa.

Baca juga: Makanan sumber zat besi untuk si kecil

Tips seputar perkembangan si kecil diusia 22 bulan

1. Menjelang usia 24 bulan si kecil akan mengenal 50 kosakata atau setidaknya setengahnya. Ia juga akan mulai bisa merangkai kata-kata tersebut menjadi susunan kata yang dapat dimengerti. Bila ia sulit untuk melakukannya, kita sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan tidak ada masalah pada perkembangan si buah hati.

2. Ajari si kecil untuk mencuci tangan setiap habis bermain, menyentuh hewan, buang air, ataupun bersin. Hal ini penting untuk menjaganya tetap sehat.

3. Si kecil boleh saja mengenakan pakaian lama milik saudaranya yang lebih tua, namun usahakan selalu memberikannya mainan yang baru. Mainan lama mungkin tidak lagi memenuhi standar keamanan bagi si kecil.

4. Sering ajak si kecil bercanda dengan membuat wajah atau suara yang konyol. Hal ini akan menarik perhatiannya dan membuatnya gembira.

Baca juga: Fungsi magnesium untuk pertumbuhan si kecil

5. Ajak si kecil berjalan-jalan untuk melihat alam sekitar. Kenalkan padanya pepohonan, bunga-bunga, serangga, dan objek-objek menarik lainnya. Hal ini akan membuat badan lebih sehat dan memberikan si kecil petualangan baru yang menyenangkan.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru