09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Inilah manfaat dan sumber vitamin D untuk si kecil

KategoriNutrisi
Di lihat326 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

apa sajakah makanan sumber vitamin d terbaik untuk anak

Si kecil membutuhkan vitamin D bagi pertumbuhan mereka terutama untuk kesehatan otot dan kekuatan tulangnya. Vitamin D didapatkan dari beragam bahan makanan, seperti minyak ikan cod, salmon, hati sapi, keju, yogurth, dan sebagainya. Akan tetapi, sebagian besar kebutuhan vitamin D si kecil didapatkannya dari paparan sinar matahari.

Baca juga: 6 Tips agar si buah hati nyenyak sepanjang malam

Hasil penelitian terbaru mengungkapkan bahwa sebagian besar bayi tidak mendapat cukup vitamin D. Lebih lanjut penelitian tersebut mengungkap sebanyak 9 dari 10 bayi yang mengkonsumsi ASI mendapatkan vitamin D kurang dari jumlah yang disarankan. Sebenarnya untuk memenuhi kebutuhan vitamin D, ada upaya mudah yang dapat ayah bunda lakukan yaitu melalui paparan sinar matahari pagi selama beberapa menit dalam sehari.

Peran vitamin D bagi tubuh si kecil

Salah satu peran vital vitamin D yaitu membantu tubuh menyerap kalsium. Vitamin jenis ini juga diperlukan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Vitamin D terbukti bermanfaat untuk mencegah osteoporosis pada orang dewasa dan rakhitis (tulang lunak) pada anak-anak. Anak yang cukup mengkonsumsi vitamin ini juga memiliki resiko lebih rendah untuk terkena diabetes tipe 1.

Sebuah studi lain membuktikan bahwa kekurangan vitamin D dapat memperparah penyakit asma yang diderita anak-anak. Kekurangan vitamin ini juga dikaitkan dengan meningkatnya resiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan rendahnya kolesterol baik (HDL) di kemudian hari.

Baca juga: Makanan sumber zat besi terbaik untuk anak

Vitamin D dan sinar matahari

Tubuh manusia akan dengan sendirinya meghasilkan vitamin D ketika kulit terkena paparan sinar matahari. Dan ternyata, inilah sumber utama vitamin D yang dibutuhkan si kecil termasuk ayah bunda. Para ahli menganjurkan para orang tua untuk membiarkan anak-anak dan bayi mendapatkan paparan sinar matahari pagi selama 15 hingga 30 menit. Hal ini bisa dilakukan selama beberapa hari dalam seminggu. Waktu terbaik untuk mendapatkan paparan sinar matahari adalah dibawah jam 10 pagi.

Terkena paparan sinar matahari berlebih, terutama saat matahati mulai terik, berbahaya bagi tubuh terutama si mungil yang kulitnya masih sensitif. Paparan sinar UV yang terdapat dalam sinar matahari dapat menyebabkan kulit terbakar, penuaan dini, bahkan kanker kulit. Karenanya, para ahli tidak menyarankan kita mendapatkan vitamin D dari paparan sinar matahari secara berlebihan. Sebagai alternatif, para orang tua bisa memberikan suplemen vitamin D pada anak, menurut dosis yang dianjurkan yaitu 200-400 mg per hari.

Baca juga: [Wajib tau] Penyebab mimisan pada anak

Makanan sumber vitamin D

Selain melalui paparan sinar matahari, vitamin D juga dapat diperoleh melalui menu makanan sehari-hari. Ikan, terutama yang berlemak seperti salmon, makarel, dan ikan todak merupakan salah satu sumber terbaik vitamin D. Tiap 3 ons daging salmon yang dimasak mampu menyediakan hingga 200% kebutuhan vitamin D setiap harinya.

Ikan lain seperti tuna dan sarden juga mengandung vitamin D, namun dengan jumlah yang lebih rendah. Makanan lain yang juga kaya akan vitamin D adalah minyak ikan cod, kuning telur, susu, margarin, dan jamur.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru