09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Inilah pengaruh nutrisi ibu hamil terhadap DNA janin

KategoriNutrisi
Di lihat524 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

pengaruk nutrisi ibu hamil terhadap dna anak

Mengkonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang dan kaya akan berbagai zat yang penting bagi bunda dan janin adalah salah satu cara untuk menjalani kehamilan yang sehat. Selain membnatu bunda melewati 9 bulan masa kehamilan yang cukup berat, nutrisi yang baik juga akan mempengaruhi si kecil, bahkan cucu kita kelak.

Nutrisi ibu hamil vs kecerdasan anak

Baca juga: Jenis makanan pemicu gigi keropos

Bagaimana bisa? Penelitian terbaru mengindikasikan bahwa nutrisi yang kita asup sebelum dan selama kehamilan dapat mengubah gen janin yang kita kandung. Penelitian lain juga menyebutkan bahwa nutrisi akan mempengaruhi seluruh sel dari janin yang sedang berkembang, termasuk sel telur dan sperma. Hal ini membuktikan kaitan yang erat antara nutrisi yang diasup ibu dengan faktor genetik yang akan mempengaruhi kehidupan anak dan cucu kita di masa mendatang hingga 2 generasi.

Pada dasarnya, gen memang tidak dapat diubah, namun zat-zat kimia yang terkandung dalam makanan yang masuk ke tubuh kita bisa mempengaruhi cara kerja gen. Zat-zat tersebut dapat membuat gen tertentu bekerja sementara gen lain berhenti bekerja. Kira-kira sama seperti saklar yang bisa menghidupkan dan memadamkan bola lampu.

Penilitian seputar nutrisi ibu hamil dan kecerdasan anak

Pengaruh nutrisi yang diasup ibu sebelum kehamilan terhadap DNA janin telah dibuktikan dalam sebuah penelitian terhadap para wanita di pedesaan Gambia. Di sana, perubahan musim berpengaruh besar terhadap jenis makanan yang disantap. Penelitian dilakukan dengan mengambil sampel 84 wanita yang hamil pada saat musim hujan dan 80 wanita lainnya yang hamil pada saat musim kemarau mamuncak.

Baca juga: Tips menghindari cacingan pada si kecil

Tes DNA dilakukan pada bayi yang dilahirkan oleh para wanita ini pada 2 hingga 8 bulan setelah kelahiran. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa nutrisi ibu sebelum kehamilan mempengaruhi DNA bayi yang akan mempengaruhi kesehatannya di masa mendatang bahkan seumur hidup.

Sebelumnya, sebuah penelitian telah dilakukan untuk membuktikan pengaruh nutrisi selama kehamilan pada tikus dengan DNA anak-anak tikus yang dilahirkan. Hasil percobaan ini membuktikan bahwa nutrisi yang diasup induk tikus selama kehamilan mempengaruhi warna bulu anak-anaknya. Efek ini sering disebut dengan efek epigenetik atau efek perubahan gen. Pada manusia, ditemukan bahwa nutrisi saat hamil dapat mempengaruhi senyawa kimia di dalam DNA yang disebut metil. Akan tetapi, belum diketahui gen manusia yang mana saja yang bisa terpengaruh oleh kualitas nutrisi selama masa kehamilan.

Ram B. Singh, seorang ilmuwan dari Polandia menyebutkan bahwa konsumsi zat-zat tertentu selama masa kehamilan dan sebelum kehamilan oleh ibu maupun ayah bisa mempengaruhi tingkat kromatin dan mutasi gen. Zat-zat tersebut memiliki pengaruh positif yang dapat membuat bayi lebih sehat dan mencegah kecenderungan bayi menderita diabetes dan gangguan metabolisme. Zat-zat tersebut antara lain asam lemak omega-3, kolin, betain, asam folat, dan vitamin B12.

Baca juga: 3 Penyakit aneh yang bisa menyerang si kecil

Oleh sebab itu, amatlah penting untuk menjaga asupan nutrisi kita demi tingkat kesehatan yang lebih baik bagi anak dan cucu kita. Selama kehamilan, perbanyak konsumsi sayuran, buah-buahan, gandum utuh, daging, dan kacang-kacangan yang banyak mengandung zat-zat yang penting bagi perkembangan DNA janin.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru