09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Inilah penyebab ketombe pada balita dan cara mengatasinya

KategoriKesehatan
Di lihat11996 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Bagaimana cara mengatasi ketombe pada si kecil?

Ketombe sangat jarang terjadi pada anak balita, kondisi gangguan kulit kepala ini biasanya sering terjadi saat anak menginjak usia pubertas dan umumnya berkurang kembali saat mereka menginjak usia dewasa. Secara umum ketombe dipicu oleh produksi berlebih dari minyak pada kulit kepala atau sebum yang menyebabkan terjadinya pengelupasan kulit mati berlebihan di kulit kepada.

Menurut situs Wikipedia, ketombe merupakan bentuk ringan dari seborrheic dermatitis dan juga dapat di sebabkan oleh infeksi jamur atau kutu rambut. Jadi jika si kecil nampak berketombe, boleh jadi mereka mengalami infeksi jamur atau kutu rambut. Para ahli menduga, pertumbuhan jamur yang bernama malassezia dapat memicu mengelupasan sel-sel kulit kepala berlebih, dan inilah yang biasanya tampak sebagai ketombe yang muncul di kepala si kecil.

Baca juga: 7 Tips cerdik memilih makanan sehat untuk si kecil

Hal lain yang dapat memicu ketombe pada balita

Kondisi kulit kepala ini dapat pula terjadi saat si kecil jarang keramas menggunakan sampo. Hal ini menyebabkan adanya penumpukan minyak dan sel kulit mati pada kulit kepala sehingga memicu munculnya ketombe. Jika ketombe disertai dengan rambut rontok dan gatal boleh jadi si kecil mengidap kurap, yaitu penyakit pada kulit yang disebabkan oleh jamur.

Cuaca kering, terik matahari, pola makan tidak sehat, dan stres berkepanjang juga dipercaya dapat memicu timbulnya ketombe. Pastikan si kecil mengenakan alat pelindung kepala saat bermain di luar terutama saat matahari sedang terik.

Baca juga: 6 Cara agar balita tetap sehat saat cuaca sedang ‘jahat’

Bagaimana cara mengatasi ketombe pada si kecil?

Lakukan mesisir rambut si kecil sebelum keramas untuk mengurangi ketombe pada kulit kepalanya, kemudian pastikan mereka keramas setiap hari untuk menghilangkan lapisan sel-sel kulit kepala mati. Jika ketombe masih membandel, ayah bunda dapat menggunakan sampo anti ketombe khusus anak. Sampo jenis ini biasanya mengandung asam salisilat dan zinc. Gunakan seminggu dua kali atau menurut petunjuk dokter.

Hindari penggunaan minyak rambut atau produk perawatan rambut lainya terutama yang mengandug minyak karena dapat memperburuk ketombe si kecil.

Baca juga: 16 Jenis nutrisi penting untuk si buah hati

Haruskah si kecil dibawa ke dokter?

Karena ketombe sangat tidak umum terjadi pada balita, jadi sangat disarankan untuk menemui dokter saat ayah bunda mendapati kepala si buah hati berketombe apalagi jika disertai dengan gatal mengganggu, kulit kepala merah, dan rambut rontok. Kondisi-kondisi tersebut dapat disebabkan oleh beragam hal yang masing-masing memerlukan pengobatan yang berbeda.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru